Mengintegrasikan Pendekatan STEM (Science, Technology Engineering and Mathematics) dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Daya Pikir Kritis Siswa

  • Siti Nurjanah IAIN PONOROGO
  • Dwi Fitri Khotimah IAIN Ponorogo
  • Diah Susanti IAIN Ponorogo

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu ketrampilan yang harus dimiliki oleh siswa dalam menghadapi era 5.0. Science, Technology, Engineering and Mathematic (STEM) merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan lintas ilmu dengan menitikberatkan kegiatan praktik dalam setiap pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui presepsi para guru IPA di Sekolah Menengah Pertama (SMP) terkait pendekatan STEM yang diintegrasikan dengan pembelajaran IPA. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan interview dengan sejumlah 30 guru IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan data berupa pendapat, saran, dan kritik dari partisipan dan didukung dengan studi literatur terhadap penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 95% guru IPA memberikan presepsi positif terhadap pendekatan STEM dalam meningkatkan daya pikir kritis siswa. Mayoritas guru IPA juga menunjukkan respon positif terhadap pengaplikasian pendekatan STEM dalam pembelajaran IPA di kelas sebagai bekal masa depan mereka.

References

Amir, R. H. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) Dalam Pembelajaran IPA Konsep Sumber Energi Pada Siswa Kelas IV Sd Pertiwi Makassar. Skripsi.
Awalin, N. A. (2021). Integrative Science Education and Teaching Activity Journal The Implementation of Problem Based Learning Model With STEM ( Science , Technology , Engineering , Mathematics ) Approach to Train St udents ’ Science Process Skills of XI Graders o n Chemical Equilibrium Topic. 2(1), 1–14.
Diana, F. M. (2010). Fungsi dan Metabolisme Protein dalam Tubuh. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(1), 47–52.
Haqien, D., Rahman, A. A., & Sejarah, P. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 51–56.
Hermansyah. (2020). Pembelajaran IPA Berbasis STEM Berbantuan ICT Dalam. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 129–132.
Irma, E., Davidi, N., Sennen, E., & Supardi, K. (2016). Integrasi Pendekatan STEM ( Science , Technology , Enggeenering and Mathematic ) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22.
Nurya, S., Arif, S., Sayekti, T., & Ekapti, R. F. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbasis STEM Education terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Sinta. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 138–147.
Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., Hasanah, A., Matematika, D. P., & Indonesia, U. P. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project-Based Learning. Journal on Mathematics Education Research, 1(1), 10–14.
Santoso, A. M., & Arif, Sy. (2021). Efektivitas Model Inquiry dengan Pendekatan STEM Education terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 73–86.
Susanti, F. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dengan Metode Brainstroming terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika. UIN RADEN INTAN.
Published
2021-10-25
How to Cite
NURJANAH, Siti; KHOTIMAH, Dwi Fitri; SUSANTI, Diah. Mengintegrasikan Pendekatan STEM (Science, Technology Engineering and Mathematics) dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Daya Pikir Kritis Siswa. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 24-32, oct. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/301>. Date accessed: 26 apr. 2024.