Analisis Profil Pendekatan Saintifik terhadap Bahan Ajar dan Perangkat Pembelajaran Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Ponorogo

Analisis Profil Pendekatan Saintifik Terhadap Bahan Ajar Dan Perangkat Pembelajaran Madrasah Tsanawiyah Di Kabupaten Ponorogo

  • Hanida Amilia Sholehah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Devi Patmawati IAIN PONOROGO
  • Himmatul Muyyasaroh IAIN PONOROGO
  • Aziza Karenina IAIN Ponorogo

Abstract

Bahan ajar adalah seperangkat atau alat pembelajaran yang berisikan materi pembelajaran, metode pembelajaran, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang didesain secara sistematis dan menarik dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan yaitu mencapai kompetensi atau subkompetensi dengan segala kompleksitasnya. Perangkat pembelajaran adalah sekumpulan sumber belajar sebagai alat pendukung yang memungkinkan siswa dan guru melakukan kegiatan pembelajaran, berupa RPP, LKS, buku guru, buku siswa, dan tes kemampuan belajar.  Pentingnya bahan ajar dan perangkat pembelajaran adalah sebagai tolak ukur seorang guru yang profesional dalam mengevaluasi setiap hasil mengajarnya. Penelitian ini merupakan hasil analisis profil pendekatan saintifik yang memiliki aspek: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan pada bahan ajar dan perangkat pembelajaran. bahan ajar meliputi modul yang digunakan disekolah, sedangkan perangkat pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Prosedur penelitian dilakukan dengan cara menganalisis bahan ajar dan perangkat pembelajaran menggunakan aspek pendekatan saintifik. Analisis bahan ajar dan perangkat pembelajaran dilakukan pada materi pelajaran IPA terpadu di kelas VIII MTs Ma’arif Balong. Analisis persentase bahan ajar dan perangkat pembelajaran menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) persentase tertinggi yaitu pada aspek mengamati, mencoba, dan mengkomunikasikan, sedangkan terendah pada aspek menanya dan menalar, baik pada bahan ajar maupun perangkat pembelajaran; 2) implementasi aspek pendekatan saintifik di dalam penyusunan bahan ajar dan perangkat pembelajaran memiliki persentase kurang dari 75%.

References

Aliyah, Faridah. (2014). Pendidikan Madrasah di Indonesia. Jurnal Aspirasi, 5(1), 53-54.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Dirjen Dikdasmen Depdiknas,
Sitorus, E. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMP Negeri 6 Medan. Jurnal Partisipatif, 5(1), 12-36.
Irwansyah, Muhammad. ”Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Pada Sma”. Thesis, Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, 2015.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Offset.
Mulyasa. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Sugiyono. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia
Published
2021-10-25
How to Cite
SHOLEHAH, Hanida Amilia et al. Analisis Profil Pendekatan Saintifik terhadap Bahan Ajar dan Perangkat Pembelajaran Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Ponorogo. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-6, oct. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/290>. Date accessed: 03 july 2024.