Penerapan Supervisi Pendidikan pada Praktikum IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Sains di Sekolah/Madrasah

  • Arifah Nur ‘Aini IAIN Ponorogo
  • Fery Diantoro Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo

Abstract

IPA sebagai salah satu ilmu yang dapat menciptakan inovasi dan kreativitas berupa teknologi, barang, maupun jasa melalui kerja keras para ahli sains dalam meneliti dan menganalisa sebuah ilmu dan fakta, untuk itu pembelajaran IPA harus didukung dengan kegiatan praktikum yang memadai. Supervisi pendidikan memiliki peran yang sangat penting untuk memastikan kualitas dan mutu kegiatan praktikum dan keterampilan sains supaya output dan outcomenya jelas. Dengan metode library research, dapat dikumpulkan dan ditelaah berbagai hal tentang problematika pengelolaan laboratorium sehingga memerlukan peran supervisor untuk menanganinya. Penerapan supervisi pendidikan dapat meningkatkan profesionalitas guru dan pengelola laboratorium dalam membimbing praktikum yang dilakukan melalui pembinaan, memastikan kegiatan monitoring secara berkala serta kepala sekolah selaku supervisor dapat membuat program-program untuk mengembangkan kebutuhan laboratorium.

References

Amalia, M., Yolida, B., Achmad Pendidikan Biologi, A., Universitas Lampung, F., Soemantri Brojonegoro No, J., & Lampung, B. (n.d.). Analisis Pelaksanaan Praktikum dan Permasalahannya Materi Organisasi Kehidupan di SMP se-Kecamatan Kemiling. Lampung: Universitas Lampung.
Firdaus, T. (2016). Program Supervisi Pendidikan IPA: Implementasi dan Evaluasinya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Gerhana Hidayatullah, R. (n.d.). Supervisi Penddikan. Padang: Universitas Negeri Padang.
Mahiruddin. (2008). Pengaruh Fasilitas Dan Kompetensi Pengelola Terhadap Efektifitas Manajemen Laboratorium IPA SMP Di Kabupaten Konawe.
Maradona. (2013). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Islam Samarinda Pada Pokok Bahasan Hidrolisis Melalui Metode Eksperimen, Jurnal Pendidikan Ilmiah.
Marcella, Z., Susanti, N., & Dani, R. (2018). Analisis Hambatan Pelaksanaan Praktikum IPA Terpadu di SMPN 17 dan SMPN 19 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2). Jambi: Universitas Jambi.
Mestika, Zed. (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayaysan Obor Indonesia.
Mudjiono., Dimyati. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Nuryani Rustaman and Dkk, (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi (Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Pertiwi, Faninda Novika. (2019). Sistem Pengelolaan (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi) Laboratorium IPA SMP Negeri di Ponorogo. Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam, Volume, 13 No. 1. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
RachmawatI, Tuti. (2016). Supervisi Pendidikam Sebgai Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. Coopetition Vol. 7 No. 1. Sumedang: IKOPIN.
Satori, Djam’an. (2007). Supervisi Akademik dan Penjaminan Mutu dalam Pendidikan Persekolahan. Makalah tidak diterbitkan
Satori, Djam’an. (2016). Pengawasan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Senta, P., Neolaka, A., Studi, P., Manajemen, M., & Pascasarjana, P. (n.d.). Pengelolaan Laboratorium IPA Studi di SMP Negeri 80 Jakarta Timur. Jakarta: Universitas Kristen Indonesia.
Simamora, Siti Suharini. (2018). Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi Kelas V11 di SMP Negeri Se-Kecamatan Medan Kota. Rantauprapat: STKIP Labuhan Batu.
Sufiyanto, Mohammad Imam., Hefni, Mohammad. (2021). Analisis Penggunaan Praktikum Sederhana untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains di SDN Durbuk III Pamekasan Tahun Pelajaran 2019/2020. Eduproxima Vol. 3 No. 1. Madura: IAIN Madura.
Sukmawati, H., & Supervisi Pendidikan, F. (n.d.). Fungsi Pendidikan IPA. Sidrap: STAI DDI Sidrap.
Suryani, Cut. (2015). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meniungkatkan Proses Pembelajaran di MIN Sukadamai Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Vol. 16 No. 1. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.
Widodo, Wahono. (2008). Model Supervisi Pendidikan IPA.
Yennita, & Mugisukmawati, Z. (n.d.). Hambatan Pelaksanaan Praktikum IPA Fisika Yang Dihadpai Guru SMP Negeri di Kota Pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Riau.
Published
2021-10-25
How to Cite
‘AINI, Arifah Nur; DIANTORO, Fery. Penerapan Supervisi Pendidikan pada Praktikum IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Sains di Sekolah/Madrasah. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 16-23, oct. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/289>. Date accessed: 03 july 2024.