Aplikasi Tik-Tok dan Instagram sebagai Salah Satu Alternatif dalam Media Pembelajaran IPA

  • Rifa Mufidah IAIN PONOROGO
  • Alfi Mufidah IAIN Ponorogo

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman dari revolusi industri 4.0 ke era smart society 5.0 maka media pembelajaran di era digital haruslah selaras dengan perkembangan tekonologi. Media pembelajaran haruslah dekat, lekat dan menarik bagi peserta didik. Kebanyakan anak di era digital saat ini sangat menikmati penggunaan aplikasi Tik-tok maupun Instagram. Sehingga aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan secara tepat sebagai alternatif dalam media pembelajaran IPA. Subjek dari penelitian ini adalah aplikasi Tik-Tok dan Instagram dengan objek penelitian adalah pemanfaatan aplikasi Tik-Tok dan Instagram sebagai alternatif dalam media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi Tik-tok dan Instagram sebagai salah satu alternatif dalam media pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode literatur. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Tik-Tok dan Instagram dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran IPA yang menarik serta interaktif. Karena penggunaannya yang mudah dan tersedia berbagai fitur yang beragam, maka aplikasi Tik-Tok dapat diimplementasikan dalam pembelajaran IPA. Aplikasi Tik-Tok dan Intagram akan menjadi media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Dengan adanya pemanfaatan aplikasi Tik-Tok dan Instagram sebagai media pembelajaran IPA ini diharapkan dapat membantu peserta didik selama proses pembelajaran. Sehingga adanya aplikasi tersebut guru dapat dengan mudah menciptakan pembelajaran interaktif dan  dapat menyesuaikan keadaan lingkungan, situasi dan kondisi peserta didik.

References

Anjani, Vionita. 2019. Persepsi Masyarakat Terhadap Aplikasi Tik Tok. Bachelor’s Degree, Universitas Sumatra Utara.
Asdiniah, Euis Nur Amanah dan Triana Lestari. 2021. Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Perkembangan Pretasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (1). Hal 1675-1682. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1156
Hasiholan,Togi Prima dkk. 2020. Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Mencuci Tangan di Indonesia Untuk Pencegahan Corona Covid-19. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi 5 (2). Hal 70-80. http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/cmv/article/view/1278
Madhani, Luluk Makrifatul dkk. 2021. Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Islami Mahasiswa di Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa FIAI-UII at-Thullab 3 (1). Hal 604-624. https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/20315
Nisa', Safinatun (2017) Pengaruh Trend Hijab Instagram di Tahun 2016 Terhadap Gaya Berbusana Mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Prihatiningsih, Witanti. 2017. Motif Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Remaja. Jurnal Communication VII (1). Hal 52-65. https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/comm/article/view/651
Saputra, Andi. 2019. Survei Penggunaan media Sosial di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses and Gratifications. Jurnal Dokumentasi dan informasi 40 (2). Hal 207-216. https://jurnalbaca.pdii.lipi.go.id/index.php/baca/article/view/476
Saputra, Wahyu Fajar. 2021. Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Alternatif IPA Dalam Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Imu Pendidikan) 2 (2). Hal 81-90. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/J-KIP/article/view/5423/4019
Sitorus, Fredrick Gerhad. 2018. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Anak (Studi pada Pengguna Aplikasi Tiktok Pada Remaja di Kota Medan). Bachelor’s Degree, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Taubah, Miftahul 2020. Aplikasi Tik tok Sebagai Media Pembelajaran Maharah Kalam. Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam. Hal 57-66. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/view/2201
Veygid, Ahmad dkk. 2020. Analisis Fitur Dalam Aplikasi Instagram Sebagai Media Pembelajran Online Mata Pelajaran Biologi Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. ALVEOLI : Jurnal Pendidikan Biologi 1 (1). Hal 39-48.
https://alveoli.iain-jember.ac.id/index.php/alv/article/view/5
Wahyuningsih, Sri dan Ardian Adi Putra. 2020. Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dengan Gaya Hidup Hedonis Pada Remaja. PSYCHOPOLYTAN (Jurnal Psikologi) 3 (2). Hal 113-118. http://jurnal.univrab.ac.id/index.php/psi/article/download/894/757
Published
2021-10-25
How to Cite
MUFIDAH, Rifa; MUFIDAH, Alfi. Aplikasi Tik-Tok dan Instagram sebagai Salah Satu Alternatif dalam Media Pembelajaran IPA. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 60-69, oct. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/288>. Date accessed: 19 apr. 2024.