Kajian Teoritis Integrasi Literasi Numerasi dalam Modul IPA SMP
Abstract
Studi ini difokuskan pada kajian teoritis integrasi literasi numerasi pada modul IPA SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Hasil menunjukkan bahwa literasi numerasi menjadi sebuah pengetahuan dan keterampilan untuk menggunakan angka dan simbol dalam bentuk grafik, bagan, tabel dalam mengambil sebuah keputusan atau memprediksi. Konten literasi numerasi mencakup bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian, dan aljabar. Kemampuan literasi numerasi dapat mempersiapkan peserta didik mengenali informasi dan memecahkan masalah dengan menggunakan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di kehidupan nyata, baik dalam lingkungan sekolah, masyarakat ataupun dunia kerja. Penggunaan Modul IPA yang sudah diintegrasikan dengan literasi numerasi akan semakin melatih peserta didik dalam kegiatan belajar dalam menafsirkan data yang dihubungkan dengan materi pelajaran. Integrasi pengetahuan dan keterampilan literasi numerasi dengan materi IPA SMP di dalam sebuah modul dapat saling menopang satu sama lain dan secara bersama-sama menjadi sebuah bahan ajar yang utuh. Urgensi literasi numerasi pada modul IPA diharapkan menambah khasanah modul IPA yang sudah ada dan dapat menumbuhkan keterampilan-keterampilan peserta didik pada abad 21.
References
Retrieved from https://commons.hostos.cuny.edu/mtrj/wp-content/uploads/sites
/30/2018/12/v2n2- Number-Sense.pdf
Evans, J. (2000). Adults’ mathematical thinking and emotions: A study of numerate
practices. Routledge Falmer.
Fiangga, S., M. Amin, S., Khabibah, S., Ekawati, R., & Rinda Prihartiwi, N. (2019).
Penulisan Soal Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal
Anugerah, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i1.1631
Ginsburg, L., Manly, M., and Schmitt, M.J. . (2006). The Components of Numeracy:
Cambridge. NCSALL Occasional Paper
Indriyanti, N. Y. & Susilowati, E. 2010. Pengembangan Modul. Surakarta: LPPM UNS
Johnston, B. (1994). Critical numeracy. Fine Print
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (Eds.) (2001). Adding it up: Helping children learn mathematics. National Academy Press.
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan
Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1),
69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88
OECD. 2003. The PISA 2003 Assesment Framework-Mathematics, Reading, Science, and Problem Solving Knowledge and Skills. OECD Publishing
Orrill, R. Mathematics, numeracy, and democracy. In L.A. Steen (Ed.). Mathematics and democracy. 2001.Woodrow Wilson National Fellowship Foundation pp xiii–xix
Perdana, R, dan Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal 9 (3), No. 1 https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385
Rahdiyanta, D. (2019). Teknik Penyusunan Modul. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-teknik-penyusunanmodul.pdf