Efektivitas Pandanus Tectorius dalam Pembuatan Bioplastik Sebagai Flip Chart dalam Pembelajaran IPA Kelas IX SMP
Abstract
Bioteknologi merupakan pemanfaatan agen hayati (tumbuhan, hewan, mikroorganisme) untuk menghasilkan produk dan jasa, dimana materi ini terdapat dalam materi pembelajaran SMP kelas IX Semester genap. Proses pembelajaran selama ini dominan dengan ceramah dan buku paket, sehingga materi dan informasi masih belum terbarukan. Tujuan penelitian ini membuat flipchart yang berbasi penelitian terkini dan terbarukan. Metode penelitian menggunakan R & D (Research and Development) ADDIE. Hasil validasi media pembelajaran berbasi flip chart dari para validator diperoleh sebesar 91% untuk materi, 84,09% untuk media, 93% dan 96% untuk pengguna guru, dan 86% respon peserta didik sehingga dinyatakan bahwa media flip chart dinyatakan valid dan layak
References
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer Science & Business Media.
Ifrianti, S., Pd, M., Handoko, A., & Pd, M. (t.t.). JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN INTAN LAMPUNG 1440 H/ 2018 M. 135.
Jalmur, N. (2018). Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.
Nurcahyo, H. (2011). Diktat Bioteknologi. Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPA, UNY. Yogyakarta.
Putrianti, B. (2019). EFEKTIVITAS MEDIA FLIPCHART DAN VIDEO TERHADAP PEMBELAJARAN PEMASANGAN KATETER WANITA PADA MAHASISWA SEMESTER I. 1, 11.
Rahayu, E. D. N. dan D. A. (2018). Pengantar Bioteknologi: (Teori dan Aplikasi).
Safitri, A., & Marjo, H. K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Visual dengan Menggunakan Flipchart untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 185–194. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.072.08