Inovasi Pembelajaran Biokimia dalam Menyongsong Era Super Smart Society 5.0

  • Ratna Kumala Dewi UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

Abstract

Dunia pendidikan tinggi saat ini mengembangkan digitalisasi yang menunjang ilmu dan teknologi. Perkembangan teknologi sekarang berada pada era super smart society 5.0 yang merupakan solusi lanjutan dari revolusi industri 4.0. Era super smart society 5.0 merupakan inovasi pembelajaran yang berubah dari literasi dasar menjadi literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi pembelajaran Biokimia di jurusan Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dalam menyongsong era super smart society 5.0. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dilakukan dengan tinjauan literatur. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penyebaran angket, dokumentasi, wawancara dosen, serta wawancara mahasiswa. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi, angket, dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masa era super smart society 5.0 dosen dan mahasiswa dituntut untuk cepat dalam mengambil keputusan dan solusi ketika pembelajaran Biokimia. Dosen harus menggali informasi serta mencari inovasi baru agar mahasiswa dapat berfikir maju dan mengikuti perkembangan jaman sesuai era super smart society 5.0. Dosen berperan sebagai tutor atau pengajar, fasilitator, dan penginspirasi mahasiswa hingga tercapainya tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dosen harus memiliki kemampuan dalam literasi digital serta melatih mahasiswa untuk mampu berfikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran Biokimia pada era super smart society 5.0.

References

Aparicio, M., Bacao, F., & Oliveira, T. (2016). Cultural Impacts on E-learning Systems’ Success. Internet and Higher Education, 31(1), 58–70. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2016.06.003
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
B Boholano, H. (2017). Smart Social Networking: 21st Century Teaching and Learning Skills. Research in Pedagogy, 7(1), 21–29. https://doi.org/10.17810/2015.45
Bingimlas, K. A. (2009). Barriers to the successful integration of ICT in teaching and learning environments: A review of the literature. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 5(3), 235–245. https://doi.org/10.12973/ejmste/75275
Dede, C. (2010). Comparing frameworks for 21st century skills. 21st Century Skills: Rethinking How Students Learn, 51–76.
Dewi, R. K., Wardani, S., Wijayati, N., & Sumarni, W. (2019). Demand of ICT-Based Chemistry Learning Media in the Disruptive Era. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(2), 265–270. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.17107
Faika, S., & Side, S. (2011). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Perkuliahan dan Praktikum Kimia Dasar di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar. Jurnal Chemica, 12(2), 18–26.
Hadinugrahaningsih, T., Rahmawati, Y., & Ridwan, A. (2017). Developing 21st century skills in chemistry classrooms: Opportunities and challenges of STEAM integration. AIP Conference Proceedings, 1868. https://doi.org/10.1063/1.4995107
Harahap, L. W., & Surya, E. (2017). Development of Learning Media in Mathematics for Students ’ with Special Needs. International Journal of Sciences : Basic and Applied Research, 33(3), 1–12.
Holroyd, C. (2020). Technological innovation and building a ‘super smart’ society: Japan’s vision of society 5.0. Journal of Asian Public Policy, 00(00), 1–14. https://doi.org/10.1080/17516234.2020.1749340
Khasanah, A. N., Sajidan, S., & Widoretno, S. (2017). Effectiveness of critical thinking indicator-based module in empowering student’s learning outcome in respiratory system study material. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 187–195. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.8490
Kwan, Y. W., & Wong, A. F. L. (2015). Effects of the constructivist learning environment on students’ critical thinking ability: Cognitive and motivational variables as mediators. International Journal of Educational Research, 70. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2015.02.006
Lin, M.-H. (2017). A Study of the Effects of Digital Learning on Learning Motivation and Learning Outcome. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a
Littlejohn, A., Falconer, I., & Mcgill, L. (2008). Characterising effective eLearning resources. Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2006.08.004
Murray RK, Granner DK, R. V. (2009). Biokimia harper. 27th ed. Jakarta: EGC.
Pratiwia, K. F., Wijayati, N., Mahatmantia, F. W., & Marsudi. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Penilaian Autentik terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 21(3), 299–316. Retrieved from http://idealmathedu.p4tkmatematika.org
Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan abad 21: Kompetensi pendidikan masa depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151.
Putri, R. J., Rahman, T., & Qonita, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Multiple Intelligences untuk Menyiapkan Siswa di Era Super Smart Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 871–879. Retrieved from https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.415
Rahmatan, H., Liliasari, & Redjeki, S. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Biokimia Berbasis Komputer untuk Membekali Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 178–182.
Rias, R. M., & Zaman, H. B. (2013). Understanding the role of prior knowledge in a multimedia learning application. Australasian Journal of Educational Technology, 29(4), 537–548.
Roblek, V., Meško, M., & Krapež, A. (2016). A Complex View of Industry 4.0. SAGE Open, 6(2). https://doi.org/10.1177/2158244016653987
Sudibjo, N., Idawati, L., & Retno Harsanti, H. (2019). Characteristics of Learning in the Era of Industry 4.0 and Society 5.0. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 372(ICoET), 276–278. Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/upload/130682770/penelitian/ba-32kur-masa-depansemnas-untirta16-2-
Tabor, S. W. (2013). Student Adoption & Development of Digital Learning Media: Action Research and Recommended Practices. Journal of Information Technology Education: Research, 12, 203–223.
Vong, S. A., & Kaewurai, W. (2017). Instructional model development to enhance critical thinking and critical thinking teaching ability of trainee students at regional teaching training center in Takeo province, Cambodia. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(1). https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.05.002
Wahyuni, T. S. (2019). Pengembangan Buku Ajar Matakuliah Biokimia Berintegrasi dengan Nilai-Nilai Sains dalam Alquran. Jurnal Zarah, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.31629/zarah.v7i1.1259
Widyaningrum, D. A., & Wijayanti, T. (2019). Implementasi Buku Petunjuk Praktikum Biokimia Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja lmiah. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 4(2), 58–67. https://doi.org/10.33503/ebio.v4i02.437
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1(1), 263–278.
Wilson, K. (2016). Critical reading, critical thinking: Delicate scaffolding in English for Academic Purposes (EAP). Thinking Skills and Creativity, 22. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.10.002.
Published
2021-10-25
How to Cite
DEWI, Ratna Kumala. Inovasi Pembelajaran Biokimia dalam Menyongsong Era Super Smart Society 5.0. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 33-41, oct. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/279>. Date accessed: 22 dec. 2024.