Pemanfaatan Limbah Ampas Tahu Sebagai Nutrisi Tambahan Makanan Sapi di Desa Nambak Kecamatan Bungkal

  • Heti Yuliantika IAIN Ponorogo
  • Mukhlison Effendi IAIN Ponorogo

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan sebagai kegiatan pendampingan di Desa Nambak Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo. Di Desa Nambak terdapat pabrik tahu yang setiap hari menghasilkan limbah ampas tahu, namun ampas tahu tersebut tidak dimanfaatkan terlebih bagi peternak sapi, dengan alasan tidak memiliki kesadaran akan adanya ampas tahu yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan konsentrat. Peternak sapi masih mengonsumsi konsentrat dari pabrik dengan harga yang cukup mahal, sehingga peneliti berupaya memberikan pendampingan berupa pemanfaatan ampas tahu sebagai pembuatan konsentrat agar dapat meminimalisir biaya yang dikeluarkan oleh peternak sapi. Kegiatan pendampingan ini menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD), yang mana ABCD tersebut merupakan suatu pendekatan yang dapat digunakan untuk mendorong atau memberdayakan masyarakat agar melaksanakan suatu kegiatan dengan memanfaatkan asset yang ada. Kegiatan yang dilakukan berjalan dengan lancar dibuktikan dengan adanya kemampuan peternak sapi yang dengan mudah membuat konsentrat sesuai arahan dari peneliti, dan tidak adanya reaksi negatif yang muncul akibat pemberian konsentrat racikan kepada sapi. Konsentrat diberikan 2x sehari dengan tujuan agar tidak over konsumsi, karena konsentrat hanya sebagai makanan pelengkap yang mana makanan utama sapi tetap hijauan, maka dari itu diberikan jadwal jenis makanan di setiap harinya.

References

Astawan, & Febrinda, E. (2010). Potensi Dedak dan Bekatul Beras Sebagai Ingredient. Journal Pangan, 19(1), 14–21.
Devri, A. N., Santoso, H., & Muhfahroyin. (2020). Manfaat batang pisang dan ampas tahu sebagai pakan konsentrat ternak sapi. Journal of Science and Biology Education, 1(1), 33–38.
Gowa., A.-F. (2014). Pengaruh Metode Asosiasi Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT). HAMANSAH, 2(1), 35–42.
Laryska, N., & Nurhajati, T. (2013). PENINGKATAN KADAR LEMAK SUSU SAPI PERAH DENGAN PEMBERIAN PAKAN KONSENTRAT KOMERSIAL DIBANDINGKAN DENGAN AMPAS TAHU. AGROVETERINER, 1(2), 71003.
Ponorogo, I. A. I. N. (2021). Pedoman Kuliah Pengabdian Masyarakat Daring Dari Rumah. LPPM IAIN Ponorogo.
RAHMAWATI, J. M. (2017). PEMANFAATAN AMPAS TAHU DAN DAUN KELOR SEBAGAI MEDIA TAMBAHAN UNTUK PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus). Journal of Chemical Information and Modeling, 21(2), 1689–1699. https://www.oecd.org/dac/accountable-effective-institutions/Governance Notebook 2.6 Smoke.pdf
Supratman, H., Setiyatwan, H., Budinuryanto, D. C., & Fitriani, A. (2016). Pengaruh Imbangan Hijauan Dan Konsentrat Pakan Komplit Terhadap Konsumsi , Pertambahan Bobot Badan dan Konversi Pakan Domba ( Effect of Balance Complete Forage and Feed Concentrate on Consumption , Increse of Body Weight and Sheep Feed Conversion ). Jurnal Ilmu Ternak, 16(1), 31–35.
Supriadi, Winarti, E., & Sancaya, A. (2017). ENGARUH PEMBERIAN RANSUM BERBAGAI KUALITAS PADA PRODUKSI AIR SUSU PERANAKAN SAPI PERAH FRIESIAN HOLSTEIN DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Jurnal Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 20(1), 47–58.
Supriyantono, A., Iyai, D. A., & Ollong, A. R. (2020). PENINGKATAN PRODUKTIVITAS SAPI POTONG MELALUI MASYARAKAT ASLI PAPUA Increased Productivity of Beef Cattle through Introduction Feed Concentrates with The Local Papuan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 21–29.
Wizna, & Muis, H. (2012). Pemberian Dedak Padi yang Difermentasi dengan Bacillus amyloliquefaciens sebagai Pengganti Ransum Komersil Ayam Ras Petelur. Jurnal Peternakan Indonesia, 14(2), 5–24.
Published
2021-10-25
How to Cite
YULIANTIKA, Heti; EFFENDI, Mukhlison. Pemanfaatan Limbah Ampas Tahu Sebagai Nutrisi Tambahan Makanan Sapi di Desa Nambak Kecamatan Bungkal. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 78-87, oct. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/277>. Date accessed: 26 apr. 2024.