Profil Sinkronisasi Silabus Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pada Mata Pelajaran IPA Madrasah Tsanawiyah di Ponorogo

  • Diyah Yulida Arumawati IAIN Ponorogo
  • Eki Listiana Pratiwi
  • Aziza Karenina

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan alat perlengkapan yang harus persiapkan seorang guru sebelum melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian merupakan hasil analisis perangkat pembelajaran yang meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik melalui proses mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Prosedur penelitian dimulai dari menganalisis silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menggunakan aspek pendekatan saintifik. Analisis perangkat pembelajaran dilakukan di kelas IX MTs Darul Huda Mayak Ponorogo. Persentase hasil analisis perangkat pembelajaran dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) semua materi pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) memuat aspek pendekatan saintifik dengan persentase 100%, baik aspek mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, maupun mengkomunikasikan; 2) persentase tertinggi perangkat pembelajaran pada aspek mengamati dan mengumpulkan informasi, sedangkan terendah pada aspek menanya, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan; 3) persentase silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tidak memiliki pola yang sama, sehingga tidak ada sinkronisasi antara silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan aspek pendekatan saintifik.

References

Anti, Tika Nopri, Ria Ariesta, dan Padi Utomo. Pelaksanaan Pendekatan Saintifik Dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah
KORPUS 2 (3), 343. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6790
Depdikbud. (2008). Panduan Umum Pengembangan Silabus. Jakarta: Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan.
Fatimah, dkk. (2020). Analisis PPK, Literasi, 4C, dan HOTS pada Silabus dan RPP Mata
Pelajaran Fikih. Quality. 8 (1).
Lutfiyah, Siti, dkk. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajraan Teks
Diskusi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Singaraja. e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia. 3 (1).
Masitah. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Memfasilitasi Guru
Menumbuhkan Rasa Tangung Jawab Siswa SD terhadap Masalah Banjir. Biology
Education Conference (pp.43). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Setiana, Dafid Slamet. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menyusun RPP dengan
Pendekatan Daintifik Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sajanawiyata
Tamansiswa Yogyakarta. SNMIPA Seminar Nasional MIPA 2018 (pp. 121). Magelang: Universitas Tidar.
Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan
Profesional. 5 (3). Sukmadinata, Nana. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2021-12-23
How to Cite
ARUMAWATI, Diyah Yulida; PRATIWI, Eki Listiana; KARENINA, Aziza. Profil Sinkronisasi Silabus Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pada Mata Pelajaran IPA Madrasah Tsanawiyah di Ponorogo. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 320-324, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/267>. Date accessed: 22 dec. 2024.