Upaya Mengatasi Rasa Kantuk Siswa SMP dI Ponorogo saat Proses Pembelajaran Biologi di Dalam Kelas

  • Munawaroh Munawaroh IAIN PONOROGO
  • Syela Lailaturrohmah
  • Syaiful Arif

Abstract

Rasa kantuk menjadi suatu hambatan bagi siswa yang mengikuti proses belajar-mengajar di dalam kelas yang berdampak pada hasil belajar yang menjadi tidak maksimal dan tidak dapat berkonsentrasi dalam belajar. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya rasa kantuk saat mengikuti pembelajaran biologi di kelas dan untuk mengetahui upaya mengatasi rasa kantuk pada saat mengikuti pembelajaran biologi di kelas. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan kajian kepustakaan yang berusaha mengungkit penyebab kantuk pada siswa saat pembelajaran biologi di kelas. Pada penelitian studi literatur ini penulis menggunakan berbagai sumber tertulis seperti artikel, jurnal dan dokumen-dokumen yang relevan dengan kajian dalam penelitian ini. Studi ini mefokuskan pada wacana karakteristik penyebab kantuk pada saat pembelajaran biologi dikelas khususnya di jenjang siswa seluruh pulau jawa dilihat konsep pendidikan, kurikulum, peran pendidik dan proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penyebab rasa kantuk siswa disebabkan oleh faktor kurang istirahat pada malam hari menyia-nyiakan waktu istirahat dengan kegiatan yang produktif, bahkan karena terlalu banyak tidur atau terlalu banyak makan, serta model pembelajaran yang tidak menggunggah semangat belajar siswa dalam mempelajari materi biologi. Solusi untuk mengatasi rasa kantuk ketika mengikuti pembelajaran biologi di dalam kelas ialah menyesuaikan kegiatannya sesuai dengan ketentuan kesehatan yang baik dan benar, serta memberikan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan semangat dalam belajar biologi.

References

Hakim, L. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Disertai Media Audio Visual Terhadap Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak. Jurnal Pendidikan Biologi, 3-5.
Joesyiana, K. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Obesrvasi Lapangan (Outdoor Study) Pada Mata Kuliah Manajemen Operasional (Survey pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Semester III Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda). PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR Vol 6 No 2, 93.
Murti, S. M. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Piskomotorik pada Perkuliahan Anatomi Tumbuhan. Jurnal Bioligi Edukasi. Vol 6 (2), 3-5.
Nisa, U. M. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Jurnal Proceeding Biology Education Conference. Vol 14 (1), 65-66.
Puji, A. (2021, 05 07). 7 Cara Menghilangkan Ngantuk Tanpa Kopi yang Bisa Anda Coba. Diambil kembali dari HelloSehat: https://hellosehat.com/pola-tidur/tips-tidur/caramenghilangkan-ngantuk-tanpa-kopi/
Sarwanto, L. A. (2013). Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Accelerated Learning Melalui Concept Mapping dan Mind Mapping Ditinjau Verbal Siswa. Jurnal Inkuiri. Vol. 2 (3), 246-247.
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Education.Vol 2 (2), 50-51.
Truamiyono, H. (2014). Upaya Mengatasi Rasa Kantuk di Kelas dalam Proses Belajar Mahasiswa Taruna Akademi Maritim Djajat. Jurnal Ilmiah WIDYA. Vol. 2 (2), 66.
Warif, M. (2019). Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar.Tarbawi, Jurnal Pendidikan Islam, 39-40.
Wilkinson (2016). Kualitas Tidur yang Baik di Kalangan Siswa Pelajar. Vol 2, 32.
Published
2021-12-22
How to Cite
MUNAWAROH, Munawaroh; LAILATURROHMAH, Syela; ARIF, Syaiful. Upaya Mengatasi Rasa Kantuk Siswa SMP dI Ponorogo saat Proses Pembelajaran Biologi di Dalam Kelas. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 143-148, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/176>. Date accessed: 27 apr. 2024.