Mengoptimalkan Media Sosial dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter pada Materi Pencemaran Lingkungan dengan Pendekatan STS (Sains Technology Society)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan bahan ajar dengan media sosial sebagai upaya perwujudan pendidikan karakter pada materi pencemaran lingkungan dengan pendekatan STS (2) mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dibuat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D dengan 4 tahapan utama yakni Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Validasi dilakukan oleh ahli baasa materi dan media. Teknik analisis data dengan kriteria penilaian ideal. Instrumen pengumpulan data berupa lembar wawancara, angket, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon peserta didik Sangat Baik dengan persentase 87%. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik tertarik dengan bahan ajar yang dibuat.
References
Honeycutt, L. (2011, Maret). Communication and design course. Retrieved from
http://dcr.rpi.edu/commdesign/class1.html.
Pertiwi, W. K. (2018). Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia. Diakses 20 oktober 2021. https://tekno.kompas.com/read/2018/03/01/10340027/riset-ungkap-polapemakaian-medsosorang-indonesia
Sobaih, A. E. E., Moustafa, M. A., Ghandforoush, P., & Khan, M. (2016). To use or not to use? Social media in higher education in developing countries. Computers in Human Behavior, 58, 296–305. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.01.002
Wijaya hengki Dkk Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Media Sosial ,Sekolah Tinggi Filsafat Jaffray Makassar, Universitas Kristen Indonesia Toraja