Pengembangan Media Pembelajaran Focusky Pada Materi Kemagnetan untuk Peserta Didik Kelas IX SMP/MTs

  • Annisa Seviyatul Muntanadiroh
  • Hanida Amilia Sholehah
  • Moh. Munir
  • Vika Puji Cahyani Tadris IPA IAIN Ponorogo

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu sarana yang digunakan oleh pendidik untuk menunjang kegiatan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Tujuan pembelajran dapat dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami siswa, salah satunya yaitu Focusky. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Focusky terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IX SMP/MTs. Pengembangan penelitian ini menggunkan model 4D yaitu define (definisi), design (perancangan), development (pengembangan), disseminate (penyebarluasan). Produk yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli materi ahli Bahasa dan ahli media. Hasil penilaian validasi dari ahli materi yaitu 85% dengan kategori valid, hasil penilaian validasi ahli Bahasa yaitu 83% dengan kategori valid dan hasil penilaian validasi oleh ahli media yaitu 83% dengan kategori valid. Rata-rata hasil penilaian pada penelitian ini yaitu 84%. Berdasarkan hasil uji lapangan kepada siswa kelas IX SMP/MTs dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran menggunakan aplikasi Focusky efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi kemagnetan dengan tingkat pemahaman sebesar 84%.

References

Amos, Neolaka dan Grace, Amialia Neolaka. 2017. Landasan Pendidikan: Dasar Pengenalan Diri Sendiri menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.
Dharmawati. (2017). Penggunaan Media e-Learning Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran English for Business. QUERY: Jurnal Sistem Informasi, 1(1).
Jalinus, Nizwardi dan Ambiyar. 2016. Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Novitasari, D. (2020). Efektivitas Model Ttw Berbantuan Software Focusky Terhadap Hasil
Belajar Ekonomi Siswa Sma Mujahidin Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(1), 1–10.
Sudiarta, I. G. W. (2017). Pemanfaatan program aplikasi focusky untuk menghidupkan pembelajaran matematika. Dalam Aartini, P. L., dkk (Penyunting) Konferensi nasional guru dan inovasi pendidikan (KONASGI) konferensi, 11 Juni 2017 ( pp. 888 903).
Nuraeni, dkk. 2020. Implementasi Focusky dan Kahoot dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Matematika. Jurnal Derivat. 7(2).
Sumiharsono, Rudy dan Hisbiyatul Hasanah. 2017. Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jawa Timur: CV Pustaka Abadi.
Zunaidah, F. Amin, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 20.
Published
2021-12-21
How to Cite
MUNTANADIROH, Annisa Seviyatul et al. Pengembangan Media Pembelajaran Focusky Pada Materi Kemagnetan untuk Peserta Didik Kelas IX SMP/MTs. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 88-94, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/165>. Date accessed: 26 apr. 2024.