Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) Guna Mewujudkan Siswa SMP Berkarakter Ilmuwan
Abstract
Siswa yang memahami konsep akan mudah mengkorelasikan baik dalam satu ranah maupun dalam pembahasan yang berbeda. Keterampilan Proses Sains (KPS) menjadi salah satu pendekatan yang digunakan dalam memberikan evaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan perangkat evaluasi (LKPD) berbasis Assesmen Keterampilan Proses Sains dalam pembelajaran IPA SMP (2) mengetahui Keterampilan Proses Sains peserta didik di SMPN 5 Ponorogo. Penelitian pengembangan ini dilakukan di SMPN 5 Ponorogo dengan menggunakan metode 4D meliputi define, design, development, dan desseminate. Penelitian ini menunjukkan beberapa hasil, yaitu persentase penilai (guru IPA) terhadap instrumen yang disusun sebsar 82% yang berarti sangat layak, selain itu kemampuan proses sains peserta didik di SMPN 5 Ponorogo tergolong tinggi.
References
Annisa, Nurul Ayu, Nuraini Asriati, dan Agus Sugiarto. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Yang Dihadapi Siswa Pada Pembelajaran Geografi Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di MAN 2 Pontianak).” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 10(2):1–9.
Arif, Moh. 2016. “Pengembangan Instrumen Penilaian Mapel Sains Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains SD/MI.” Ta’allum 4(1):123–48.
Arumsari, Lusia Tiara, Ila Rosilawati, Nina Kadaritma. 2016. “Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilam Proses Sains Pada Materi Teori Tumbukan.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia 5(1):140–51.
Astriani, Siska Ana. 2018. “Prinsip & Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran.” 1–13.
Ilmiah, Ide, Muhammad Anwar, dan Netti Herawati. 2020. “Pengembangan Tes
Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA.”
Chemistry Education Review, Pendidikan Kimis PPs UNM 4(1):64–70.
Juhana, Dede. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Kelas V SD Negeri 156/1 Bulian Baru.” Jurnal Lipnas 3(1):1–29.
Kurniawan, Dian, dan Sinta Verawati Dewi. 2017. “Pengembangan Pernagkat Pembelajaran dengan Media Screencast-o-Matic Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan.” Jurnal Siliwangi 3(1):214–19.
Lestari, Suci, Ila Rosilawati, dan Nina Kadaritna. 2016. “Pengembangan Instrumen Asesmen Ketermapilan Proses Sains Pada Materi Garam Hidrolisis.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia 5(3):87–97.
Miftah, M. 2013. “Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagao Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa.” Jurnal Kwangsan 1(2):95–105.
Muhammad, Indra Nur. 2017. “Model Pembelajaran Aransemen Combo Menggunakan Media Software Sonar Bagi Siswa Di SLB Negeri A Kota Bandung.” 60–81.
Subarkah, Milana Abdillah, dan Agus Salim. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di Tengah Pandemi Covid-19.” Rausyan Fikr 17(1):22–30.
Sungkono. 2008. “Pemilihan Dan Penggunaan Media Dalam Proses Pembelajaran.” Majalah Ilmiah Pembelajaran 4(1):71–80.
Wahyuni, Indah. 2018. “Pemilihan Media Pembelajaran.”
Zunaidah, Farida Nurlaila, dan Mohammad Amin. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri.” Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia 2(1):19–30.