Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio-Visual 3-D Materi Sistem Peredaran Darah untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs

  • Alfajar Sidik
  • Aurellia Elfa Agata
  • Elsa Monica
  • Agus Tricahyo
  • Vika Puji Cahyani Tadris IPA IAIN Ponorogo

Abstract

Memasuki era menuju society 5.0, pembelajaran dalam dunia pendidikan beberapa perubahan. Salah satu media pembelajaran diantaranya melalui penggunaan video. Perkembangan dalam video, seperti adanya video animasi yang dapat dimanfaatkan dalam penyampaian materi pelajaran mampu menambah semangat dan pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran dengan bantuan video dalam materi sistem peredaran darah dengan memanfaatkan aplikasi editing yang ada (2) mengetahui respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yang saling memiliki kaitan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan sampai tahap implementation yaitu uji coba terbatas kepada 30 peserta didik dari MTsN 2 Ponorogo. Instrumen pengumpulan data berupa lembar wawancara, angket dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan kriteria penilaian ideal. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa persentase respon siswa terhadap produk yang dikembangan diperoleh sebesar 87% yang berarti Sangat Baik.

References

Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of
Educational Science and Technology, 2 (2), 81-90
Arofah, Rahmat. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. HALAQA: ISLAMIC EDUCATION JOURNAL. Vol.3 No.1
Bahari, Darsana, & Putra. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah
Dasar, 2 (2).
Ni Made Liana Candra Dewi. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha. 8 (1).
Putri, A. W. S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi 2D Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia Kelas III SD. Repository Universitas PGRI Yogyakarta, 28.
Ratih P. (2019). Pengembangan Kemampuan Mahasiswa PGSD Dalam Membuat Media Pembelajaran Melalui Metode Pembelajaran Resitasi Berbantuan Youtube.
Jurnal Pendidikan Dasar.
Wawan, A. P. (2020). Animation. Jakarta. Yayuk, D. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Konfigurasi Elektron Elektronik Otomatis Mata Pelajaran IPA Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 4 (3)
Published
2021-12-22
How to Cite
SIDIK, Alfajar et al. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio-Visual 3-D Materi Sistem Peredaran Darah untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 168-175, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/163>. Date accessed: 26 apr. 2024.