Penggunaan Media Wordwall sebagai Media Pembelajaran Sistem Pernafasan Manusia

  • Ardis Nur Irsyad Surahmawan
  • Diyah Yulida Arumawati
  • Lita Ratna Palupi
  • Retno Widyaningrum
  • Vika Puji Cahyani Tadris IPA IAIN Ponorogo

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan media pembelajaran dalam materi sistem pernapasan manusia guna mengukur tingkat pemahaman siswa. Penggunaan media pembelajaran interaktif pada era 5.0 sangatlah di perlukan guna menunjang kegiatan pembelajaran berbasis teknologi. Salah satu media pembelajaran interaktif yang dapat di gunakan dalam kegiatan pembelajaran dalam rangka mengetahui pencapaian hasil belajar siswa yakni menggunakan media Wordwall. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan 4D yaitu: define (definisi), design (perancangan), development (pengembangan), diseminate (Penyebarluasan). Hasil dari uji ahli isi mata pelajaran IPA berada pada kualifikasi sangat baik yaitu 85%; uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi baik yaitu 80% uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi baik yaitu 83% uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik yaitu 84% uji coba kelompok kecil berada pada kualitas sangat baik yaitu 85% dan uji coba lapangan berada pada kualifikasi berada sangat baik yaitu 81%. Sedangkan, hasil penelitian menunjukan bahwa rata - rata penggunaan media pembelajaran Wordwall layak digunakan dalam pembelajaran dimana persentase tingkat pemahaman siswa sebesar 85%. Sehingga media pembelajaran tersebut efektif untuk melatih kemampuan berfikir kreatif siswa dalam memahami materi sistem pernapasan manusia.

References

A, Safryadi (2016). Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Sistem Pernapasan pada Manusia Melalui Media Gambar di MTsN Jongar Kabupaten Aceh Tenggara. Jurnal Biotik, 4 (2). 144.http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v4i2.1082
Anugrahana, Andri (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10 (3), 282 https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Arkadiantika, Irnando dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality pada Materi Pengenalan Termination dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 32. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index
Chalik, Raimundus. (2016). Anatomi dan Fisiologi Manusia. Jakarta: Kementrian kesehatan Indonesia.
Hadiprasetyo, Krisdianto dkk (2020). Analisis Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Matematika dengan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Selama Masa Darurat Covid-19 pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngadirojo Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial dan Agama, VI (2), 8. https://doi.org/10.53565/pssa.v6i2.182
Hartati, Suci, Laila Fatmawati, & Tri Krismilah. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Hasil Belajar Siswa dengan Game Edukatif Pada Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas V SD Masjid Syuhada. http://eprints.uad.ac.id/21207/Handayani, Novia Amarta, & Jumadi (2020). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9 (2), 218. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033
Khairunisa, Yuyun. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase-Wordwall sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika dan Probabilitas.. MEDIASI: Jurnal 2 (1), 43&46. https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.254
Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah 3 (1), 181-183. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Sari, Prima Mutia & Husnin Nahry Yarza (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz dan Wordwall pada Pembelajaran IPA Bagi Guru-Guru SDIT Al-Kahfi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4 (2), 196. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112
Tafonao, Talizaro (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2 (2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wafiqni, Nafia dan Fanny Mestyana Putri. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan.. Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar 1 (1), 82. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/elementar/article/view/20375
Zaki, Ahmad & Diyan Yusri (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN di SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7 (2), 811. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618
Published
2021-12-22
How to Cite
SURAHMAWAN, Ardis Nur Irsyad et al. Penggunaan Media Wordwall sebagai Media Pembelajaran Sistem Pernafasan Manusia. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 95-105, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/161>. Date accessed: 25 apr. 2024.