Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan Kelas VII SMP/MTs

  • Devi Patmawati
  • Fadilah Nurhayati
  • Lia Amalia
  • Vika Puji Cahyani Tadris IPA IAIN Ponorogo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android pada pembelajaran IPA terpadu untuk Kelas VII SMP/MTs. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang berfokus pada pengembangan media pembelajaran dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu Define, Design, Development, and Disseminate. Pada tahap pendefinisian dilakukan wawancara, studi lapangan, dan studi kepustakaan, kemudian pemilihan media dan memetakan produk untuk dinilaikan kepada teman sejawat, kemudian membuat media sesuai dengan desain yang telah dibuat dengan Smart Apps Creator (SAC). Tahap akhir adalah penyebaran media untuk divalidasi oleh dosen ahli media, bahasa, dan ahli materi untuk melihat kelayakan media. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan model 4D  (Define, Design, Development, and Disseminate) dengan teknik pengumpulan data wawancara, studi lapangan, dan studi kepustakaan terhadap guru mata pelajaran IPA terpadu kelas VII SMP/MTs yang dianalisis secara deskriptif dan dinyatakan bahwa media pembelajaran berbasis android ”sangat layak” untuk diaplikasikan dengan presentase kelayakan 90%.

References

Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan
lingkungan: analisis kebutuhan media pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131-140.
Ridi Arviansyah, Indrawati dan Alex Harijanto. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry disertai LKS Audiovisual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 308-309.
Salbino, Sherief. (2014). Buku Gadget Android untuk Pemula. Jakarta: Kunci Komunikasi.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi aksara.
Witono, Timotius dan Raphael Susanto. (2012). Aplikasi Pemesanan Tiket Bioskop Berbasis Mobile. Jurnal Sistem Informasi, 7(2), 143–151.
Published
2021-12-22
How to Cite
PATMAWATI, Devi et al. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan Kelas VII SMP/MTs. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 238-242, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/160>. Date accessed: 20 apr. 2024.