Media Pembelajaran Daring Book Creator dan Evaluasi Educandy pada Materi Suhu dan Kalor IPA SMP/MTs

  • Anugrah Risky Widyasmi
  • Aulia Hilda Nurrahmah
  • Eki Listiana Pratiwi
  • Kurnia Hidayati
  • Vika Puji Cahyani Tadris IPA IAIN Ponorogo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan pembelajaran Book Creator dan Evaluasi Educandy pada Materi Suhu dan Kalor (2) mengetahui respon peserta didik pada uji coba terbatas penggunaan Book Creator dan Evaluasi Educandy pada Materi Suhu dan Kalor. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan; Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan sampai tahap implementasi. Validasi dilakukan oleh ahli bahasa, materi dan media. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar wawancara, angket dan kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan penilaian kriteria ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon yang diberikan oleh peserta didik Sangat Baik dengan persentase 92%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran daring book creator dan evaluasi educandy pada materi suhu dan kalor layak untuk diterapkan dalam pembelajaran.

References

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 5561.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model Addie Untuk
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3d Pageflip. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 1(1), 516–525.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Noviyanti, N., & Gamaputra, G. (2020). Model Pengembangan ADDIE Dalam Penyusunan Buku Ajar Administrasi Keuangan Negara (Studi Kualitatif di Prodi D-III Administrasi Negara FISH Unesa). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan
Kebijakan Sosial, 4(2), 100–120. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v4i2.2458
Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator Untuk Pembelajaran Bipa Di Kelas Yang Memiliki Kemampuan Beragam. Education And
Development, 8(4), 310–310.
Tafonao. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113/101
Ulya, Lingua Rima. (2021). Penggunaan Educandy Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. from http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4089
Rigianti, H. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara.
Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media
Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal
Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jptk undiksha.v15i2.14892
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1),
3134. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Published
2021-12-22
How to Cite
WIDYASMI, Anugrah Risky et al. Media Pembelajaran Daring Book Creator dan Evaluasi Educandy pada Materi Suhu dan Kalor IPA SMP/MTs. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 192-198, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/159>. Date accessed: 03 july 2024.