Pengembangan Media Power Point Interaktif Materu Tata Surya untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs

  • Laudry Bayu Andryansah
  • Damar Kunayah
  • Alfina Amara Fitri
  • Ahmad Zubaidi
  • Vika Puji Cahyani Tadris IPA IAIN Ponorogo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangan media pembelajaran power point interaktif pada materi tatacsurya (2) mengetahui respon peserta didik terhadap power point interaktif yang telah dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE Model melalui 5 tahapan; Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan sampai tahap implementasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, angket dan kuesioner. Validasi dilakukan oleh ahli bahasa, media dan materi. Teknik analisis data menggunakan penilaian kriteria ideal. Hasil penelitian menunjukkan persentase respon peserta didik yakni sebesar 85% yang bermakna Sangat Baik.

References

Azhar, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point pada sistem Koordinat Kartesius. Aceh: Akademi Komunitas Negeri Pidie
Jaya.
Angko, Nancy dan Mustaji. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model ADDIE
untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Jurnal
KWANGSAN. 1(1). 1-15. https://jurnalkwangsan.kemendikbud.go.id
Irnin Agustina Dwi, Astuti dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile
leraning Berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. Vol. 3 No. 1.
Purwanti, Lusi dkk. (2020). Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VII. Jurnal of Biology Education Vol 3 No 2. Kudus: IAIN Kudus.
Rahmawati, B. Fitri, dkk. (2020). Penggunaan Media Intearktif Power Point dalam
Pembelajaran Daring. Jurnal Fajar Historia Volume 4 Nomor 2. Lombok: Universitas Hamzanwadi.
Rodhatul, Jennah. 2009. Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.
Rohani, 2019. Diktat Media Pembelajaran. Medan: UINSU Medan.
Sugihartini, Nyoman dan Yudiana Kadek. (2018). ADDIE Sebagai Model Pengembangan
Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 15(2). 277. https://ejournal.undiksha.ac.id/index/php/JTP/issue/view/851
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. bandung: Alfabeta.
Tafonao, Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan Vol. 2 No. 2. Yogyakarta: Program
Studi Pendidikan Agama Kristen STT KADESI.
Tarigan, Darmawanty dan Sahat Siagian. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran
Interaktif pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan Vol. 2 No. 2. Medan: Universitas Negeri Medan.
Trisiana dan Wartoyo. (2016). Desain Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan Melalui ADDIE Model untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal.
Published
2021-12-23
How to Cite
ANDRYANSAH, Laudry Bayu et al. Pengembangan Media Power Point Interaktif Materu Tata Surya untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 325-332, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/158>. Date accessed: 22 dec. 2024.