Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Sistem Gerak pada Manusia di Madrasah Tsanawiyah di Ponorogo
Abstract
Keterampilan berpikir kritis sangat penting dikuasai oleh siswa supaya siswa lebih terampil dalam menyusun sebuah argumen, memeriksa kredibilitas sumber, atau membuat keputusan. Penelitian merupakan hasil analisis aspek keterampilan berpikir kritis siswa di MTs Sabilul Huda pada materi sistem gerak pada manusia. Aspek keterampilan berpikir kritis meliputi: elementary clarification, basic support, inference, advanced clarification, strategy and tactics. Prosedur penelitian dimulai dari pembuatan rubrik tes esai berdasarkan aspek keterampilan berpikir kritis yang digunakan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis pada materi sistem gerak pada manusia. Analisis keterampilan berpikir kritis dilakukan pada siswa kelas VIII semester ganjil MTs Sabilul Huda Karangjoho, Badegan, Ponorogo, tahun ajaran 2021/2022. Persentase keterampilan berpikir kritis dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) persentase tertingi pada aspek keterampilan berpikir kritis yaitu aspek inference, basic support, dan advanced clarification, sedangkan persentase terendah pada aspek Elementary Clarification dan Strategy and Tactics; 2) persentase pemenuhan aspek keterampilan berpikir kritis kurang dari 45%; 3) sumber belajar siswa kelas VIII semester ganjil MTs Sabilul Huda hanya dari lembar kerja siswa, tidak ada sumber lain.
References
Penilaian Berata, IGN Made. 1993. Pengawetan Dengan Radiasi Sinar Gamma. Cakrawala Pendidlkan Nomor 2, Tahun XII, Juni 1993.
Fatmawati, Harlinda, dkk. 2014. Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Gradini, Ega. 2019. Menilik Konsep Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Dalam Pembelajaran Matematika. Stain Gajah Putih Takengon.
Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Asam Basa. Universitas Negeri Semarang.
Kuspriyanto. Upaya Konservasi Keanekaragaman Hayati Dikawasan Lindung Di
Indonesia. Unesa Surabaya.
Luzyawati, Lesy. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Materi Alat Indera Melalui Model Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle. Edusains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, Vol.5 No.2; 2017.
Magdalena, Ina, Dkk. 2020. Analisis Bahan Ajar. Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Marsela, Eliza. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di MTS Muhammadiyah Sri Kembang. Universitas Muhammadiyah Palembang.
Marviyanasari, Siska. 2016. Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Geografi Melalui Model Mind Mapping. Universitas Lampung.
Maslakhatunni’mah, Dewi, Dkk. 2019. Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP. STIKIP Modern Ngawi.
Ningrum. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Berbasis Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap MAN 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Muhammadiyah Metro.
Nuryanti, Lilis, dkk. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP.
http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.
Rahmawati, Ika, dkk. 2016. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. Universitas Negeri Malang.
Rizky, Ihwan. 2014. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran (Video) Pada Materi Minyak Bumi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Rosyida, Fatia, ddk. 2016. Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Model Pembelajaran Remap TmPS (Reading Concept Map Timed Pair Share).
Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), Vol 13(1) 2016:
209-214.
Subiantoro, Agung W., Fatkhurohman, Bahrudin. 2009. Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Media Koran. UNY Yogyakarta.
Susilawati, Endang, Dkk. 2020. Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (Jpft).
Widodo, Sigit. Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritik Peserta Didik Dengan
Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
Melalui Isu-Isu Sosial Ekonomi Pasca Penggenangan Waduk Jatigede Dalam
Pembelajaran IPS di SMPN 2 Wado Kabupaten Sumedang Kelas VIII C.
Universitas Pendidikan Indonesia.
Zubaidah, Siti. 2017. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. this publication at: https://www.researchgate.net/publication/318013627