Media Pembelajaran Berbasis Situs Web sebagai Sumber Belajar Mandiri Peserta Didik SMP/MTs Kelas IX pada Materi Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan
Abstract
Perubahan pada dunia pendidikan dari luring menjadi daring karena pandemi Covid-19 baik dari segi sumber belajar, media pembelajaran, strategi pembelajaran, teknik pembelajaran yang berpengaruh pada keberlangsungan kegiatan belajar mengajar. Pada penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran google sites pada materi sistem perkembangbiakan tumbuhan dan hewan untuk peserta didik SMP/MTs Kelas XI. Metode pengembangan ini mengunakan model ADDIE dengan tahapan Analysis (analisis kebutuhan), Design (desain produk), Development or Production (produksi produk), Implementation (implementasi), Evaluations (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, validasi produk, serta penyebaran kuesioner. Analisis data dilakukan dengan kriteria penilaian ideal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahawa media pembelajaran E-Modul interaktif yang dikembangkan menurut pendidik memperoleh kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 90%. Hasil respon dari 30 peserta didik diperoleh skor rata-rata ideal dengan persentase keidealan 87%.
References
Pendidikan, 6(2), 1–7. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891
Inah, E. N., Ghazali, M., & Santoso, E. (2017). Hubungan Belajar Mandiri Dengan
Prestasi Belajar. Jurnal Al-Ta’dib, 10(2), 19–36. https://media.neliti.com/media/publications/235747-hubungan-belajar-mandiri-dengan-prestasi-7184a005.pdf
Mukti, W. M., N, Y. B. P., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media Pembelajaran Fisika
Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Materi Listrik Statis. FKIP EPROCEEDING, 5(1), 51–59.
Nasution, H. N., Ermawita, & Tanjung, R. (2021). Perancangan Media Pembelajaran
Berbasis E – Learning Menggunakan Google Site Pada Mata Pelajaran Jaringan
Lanjut Di Smk Lmc Model Industri. Jurnal Vinertek, 1(2), 16–20.
Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk
Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu
Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19 - 32
Sili, K. K., Napfiah, S., & Kurniawati, A. (2018). Pengembangan Modul Materi Barisan dan Deret Kelas X SMK dengan Pendekatan REACT. PRISMATIKA: Jurnal
Pendidikan Dan Riset Matematika, 1(1), 10–22.
https://doi.org/10.33503/prismatika.v1i1.298
Suryani, E., & Khoiriyah, I. S. A. (2018). Pemanfaatan E-book sebagai Sumber Belajar Mandiri bagi Siswa SMA/SMK/MA. International Journal of Community
Service Learning, 2(3), 177–184. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i3.15422
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Zunaidah, Farida N. & Amin, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah
Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan Dan Karakter Mahasiswa Universitas
Nusantara Pgri Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 19–30.