Video Animasi 3-D sebagai Sarana Berpikir Konkret Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs pada Materi Pesawat Sederhana
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan video animasi 3-D dengan bantuan software renderforest sebagai sarana berpikir konkret peserta didik kelas VIII SMP/MTs pada materi pesawat sederhana (2) Mengetahui respon peserta didik terhadap produk yang dibuat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian 4D (Four D model) meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Data diperoleh dari wawancara, observasi, validasi dan penilaian produk, dan repon peserta didik. Analisis data menggunakan kriteria penilaian ideal. Hasil presentase kelayakan produk berdasarkan penilaian pendidik sebesar 85% (sangat layak) dan repon peserta didik diperoleh persentase 89% (sangat layak). Berdasarkan hasil persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa video animasi 3D pada materi pesawat sederhana layak digunakan sebagai sarana berpikir kritis untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs.
References
Hidayat, Anwar. 2017. Kesenjangan Sosial terhadap Pendidikan sebagai Pengaruh Era Globalisasi. Jurnal Justisi Hukum. Vol 2, No.1.
Kharisma, N. N. (2020). Gambaran kebutuhan pembelajaran daring PKBM Budi Utama Surabaya. Jurnal Pendidikan Non Formal, 15(1), 38-44.
Saptono. 2003. Pembelajaran Biologi. Retrieved from http://id.wikipedia.org/wiki/Biologi_perkembangan.html
Sari, Sultia Linika.dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dalam Smartphone pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Manusia untuk Siswa Kelas XI di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional Biotik. Banda Aceh:FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Setyowahyudi, R., & Ferdiyanti, T. (2020). Keterampilan guru PAUD Kabupaten Ponorogo dalam memberikan penguatan selama masa pandemi COVID-19. Jurnal Golden Age, 4(1), 100-112.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algansindo.
Sugiyono. 2016.METODE PENELITIAN : Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung:
Alfabeta.
Thiagarajan, Sivasailan., Semmel, Dorothy S., & Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington: National Center for Improvement of Educational.
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 2017. Pasal 31(1) tentang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Uno, H. B. (2010). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.