Media Pembelajaran Interaktif (Powtoon) sebagai Sarana Berpikir Konkret Peserta Didik SMP/MTs Kelas VII pada Materi Sistem Pernapasan

  • Andre Nurul Maghribi
  • Dian Arifatul Mu’min
  • Siti Riza Nur Muafifah
  • Ahmad Mujib
  • Vika Puji Cahyani Tadris IPA IAIN Ponorogo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif (powtoon) sebagai sarana berpikir konkret peserta didik SMP/MTs kelas VII pada materi sistem pernapasan (2) mengetahui respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), disseminate (penyebarluasan). Produk yang dihasilkan di validasi oleh ahli bahasa, media dan materi kemudian dinilai oleh 3 guru IPA dan direspon 30 peserta didik kelas VII. Instrumen pengumpulan data berupa lembar wawancara, observiasi, dan angket. Teknik analisis data menggunanakan kriteria penilaian ideal. Penilaian oleh ahli media diperoleh presentase 80% (layak), penilaian oleh ahli materi diperoleh presentase 75% (cukup layak) dan penilaian oleh ahli bahasa diperoleh presentase 77% (cukuplayak). Hasil uji coba terbatas memperoleh presentase 92,5% termasuk dalam kategori sangat baik. Media pembelajaran powtoon ini memenuhi kriteria dan layak digunakan dalam proses pembelajaran di rumah dan dapat memberikan dampak positif dalam kegiatan pembelajaran online yakni untuk menjadikan menarik minat peserta didik dalam belajar dan membantu peserta didik memahami materi secara konkret.


Media pembelajaran

References

Jatiningtias, N. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Penyimpangan Sosial
Di SMP Negeri 15 Semarang. Skripsi UIN Raden Intan Lampung, 76.
Ernalida, D. (2018). Powtoon: Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi sebagai Upaya dalam Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif. Jurnal Logat, 5(2).
Published
2021-12-22
How to Cite
MAGHRIBI, Andre Nurul et al. Media Pembelajaran Interaktif (Powtoon) sebagai Sarana Berpikir Konkret Peserta Didik SMP/MTs Kelas VII pada Materi Sistem Pernapasan. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 176-182, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/138>. Date accessed: 03 july 2024.