Pemanfaatan Canva sebagai Media Pembelajaran IPA pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran IPA berupa Ebook interaktif pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs dengan memanfaatkan Canva. Canva adalah salah satu aplikasi desain grafis berbasis online yang bisa diakses secara mobile serta dekstop. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri atas define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilakukan sampai tahap development (pengembangan). Validasi produk dilakukan berdasarkan kesepakatan ahli bahasa, materi dan media (expert judgment). Instrumen penelitian berupa lembar wawancara, observasi dan angket. Media pembelajaran menggunakan e-book yang dikembangkan menggunakan aplikasi Canva memiliki hasil presentase sebanyak 90%. Hasil penilaian ahli bahasa, materi dan media berturut-turur mendapat nilai rata-rata 4.02 (layak), 4.30 (sangat layak) dan 4.25 (sangat layak). Melalui hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan e-book yang dibuat menggunakan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran sangat layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.
References
interaktif pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 singaraja. Jurnal Edutech
Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 3.
Fajri, K. (2017). Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Model 4D dalam Peningkatan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 2.
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, &
Simarta, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A.,
Masdiana, & P, M. I. (2021). Media Pembelajaran. Penerbit Tahta Media Group.
Irnando, A., Wanda, R., Muhamad, A. E., & Prita, D. (2019). Pengembangan Media
Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3800.
Kurniawan, D., Dewi, S. V., & Kerja, L. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D. Jurnal Siliwangi, 3(1).
Miftah, M. (2015). Media Pembelajaran: Dari Konsepsi Ke Utilisasi Dan Permasalahannya.
Jurnal Kwangsan, 3(2), 135. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v3i2.30
Mila, N., Alisyahbana, A., & ... (2021). Efektivitas Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring. Prosiding Penelitian …, 181–188.http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/132
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M.Z., Purba, L. I. B., Chamidah, D., Jamaludin, F. J. K., & Iskandar, A. (2020).
Pengembangan Media Pembelajaran (A. Karim & S. Purba (eds.)). Yayasan Kita
Menulis. Prastyawati, L., & Hanum, F. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Multikultural Berbasis Proyek Di Sma. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 21–29. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i1.4600
Rahma Elvira Tanjung, D. F. (2019). CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA Rahma Elvira
Tanjung 1) , Delsina Faiza 2) 1. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85.
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual
Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Setyaningsih, W., Benardi, A. I., Aji, A., & Kahfi, A. (2019). Indonesian Journal of
Conservation. Indonesian Journal of Conservation, 3(1), 99–110.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc/article/view/3085
Soramiranda, N., Ningsih, K., & Panjaitan, R. G. P. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Powerpoint Disertai Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Lentera Sains (Lensa), 6(2), 77–83.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.)).
Penerbit Alfabeta.