Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs

  • Ayu Rifqi Faradisa
  • Sany Isan Fianti
  • Vinda Cristyanty
  • S Maryam Yusuf
  • Vika Puji Cahyani Tadris IPA IAIN Ponorogo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Nearpod pada materi pencemaran lingkungan kelas VII di SMP/MTs. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), disseminte (penyebarluasan). Penelitian ini dilakukan sampai tahap development (pengembangan). Produk yang dikembangkan di validasi oleh ahli bahasa, materi dan media. Data diperoleh dari wawancara (analisis kebutuhan), dan angket untuk validasi ahli. Teknik analisis data menggunakan kriteria penilaian ideal. Hasil penelitian dari penggunaan aplikasi Nearpod pada materi pencemaran lingkungan kelas VII di SMP/MTs berdasarkan penilaian ahli bahasa diperoleh persentase sebesar 90% termasuk kategori sangat baik, ahli materi sebesar 87% termasuk kategori baik, dan ahli media diperoleh persentase sebesar 85% termasuk kategori baik.

References

Arifin, Zaenal. (2009). Evaluasi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/download/2533/2091.
Fuadi, Husnul, dkk. (2021). Inovasi LKPD dengan Desain Digital sebagai Media Pembelajaran IPA di SMPN 7 Mataram Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikam, 6 (2), 167-174.
http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/184
Aslami, Raudhatul. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Bhasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (2), 135-148.
https://bahteraindonesia.unwir.ac.id/index.php/BI/article/view/105
Mu’minah, Iim Halimatul. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajara Berbasis Video Sebagai Alternatif dalam Pembelajaran Daring IPA Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian. ISBN:978-623-6535-49-3. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/172
Minalti, M. P. & Erita, Yeni. (2021). Penggunaan Aplikasi Nearpod untuk Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kleas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4 (1), 2231-2246.
https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3724
Salsabila, Unik Hanifah, dkk. (2020). Optimalisasi Aplikasi Quiziz sebagai Media Pembelajaran di Tengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4 (2), 163-172. https://online- journal.unja.ac.id/JIITUJ/article/view/11605
Shofan, R. R. & Arico A. S. (2019). Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Visual Basic 2010 Di Toko Fitri Kecamatan BanyuPutih Tahun 2017/2018. Jurnal Ikatan Alumni PGSD UNARS, 7 (1), 31-45.
https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/407
Published
2021-12-22
How to Cite
FARADISA, Ayu Rifqi et al. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 106-116, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/136>. Date accessed: 22 dec. 2024.