Pengembangan E-book interaktif Materi Tata Surya untuk Peserta Didik SMP/Mts Kelas VII

  • Ahmad Niamul Hadi
  • Astrida Bela Priandini
  • Wikhdatul Ummi Khairatul W
  • Ju’subaidi Ju’subaidi
  • Vika Puji Cahyani Tadris IPA IAIN Ponorogo

Abstract

Electronic book atau ebook merupakan buku digital yang menyajikan informasi berupa teks, gambar, video, audio, maupun bentuk multimedia lain yang bisa diakses melalui laptop, komputer, dan smartphone yang sesuai dengan selera generasi milenial saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran e-book menggunakan Book Creator pada materi Tata Surya untuk peserta didik SMP/MTs kelas VII (2) Mengetahui kualitas ebook dan respon dari peserta didik SMP/Mts Kelas VII. Jenis penelitian ini mengadobsi model pengembangan 4D dan dilaksanakan sampai tahap keempat yakni define (pendefinisian dalam pengembangan produk), design (pemilihan media), development (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik dari MTs N 3 Ponorogo, MTs M 3 Yanggong, dan MTs N 6 Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa wawancara, observasi, penyebaran angket kuesioner, dan tes hasil belajar. Media pembelajaran e-book yang telah dikembangkan, menurut pendidik memperoleh kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 82%. Hasil respon dari 60 peserta didik diperoleh skor rata-rata ideal dengan persentase keidealan 87.5% yang bermakna kualitas sangat baik. Hasil tersebut membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan book creator sangat layak digunakan untuk siswa dengan syarat kualitas jaringan internet yang mendukung.

References

Astuti, I. A., Harwanto, A., & Hidayat, T. (2019). Pengembangan Media Interaktif
Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Framework MDLC. Eksplora Informatika, 8(2), 158–166. https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i2.220
Darlen, R. F., & Lukman, A. (2015). Pengembangan E-Book Interaktif Untuk Pembelajaran Fisika SMP. 5(1), 11.
Hasanah, Isatul & Siti Rodi’ah. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani
Berbantu Media Book Creator Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Science and Research. 2(2), 23-25. http://pusdikra-publishing.com/index.php/josr/article/view/225
Hastuti, I. D. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Materi Tata Surya. 69.
Huda, T. A., Fadiawati, N., & Tania, L. (n.d.). Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Termokimia Berbasis Representasi Kimia. 13.
Iswanto, E., Sumiharsono, R., & Hidayat, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media
Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Ilmu
Pengetahuan Alam (Ipa) Materi Tata Surya Siswa Kelas Vi Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2018-2019 di MI Negeri 2 Jember. Journal of Education Technology and
Inovation, 1(2), 7–20. https://doi.org/10.31537/jeti.v1i2.172
Restiyowati, Illa & I Gusti Made Sanjaya. (2012). Pengembangan E-book Interaktif pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA. Unesa Journal of Chemical Education. 1(1), 130-135. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/167
Siti Rodi’ah, I. H. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbantu Media Book Creator Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 23–35. https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.225
Wijayanti, S., Fadiawati, N., & Tania, L. (n.d.). Pengembangan E-Book Interaktif
Kesetimbangan Kimia Berbasis Representasi Kimia. 12.
Published
2021-12-22
How to Cite
HADI, Ahmad Niamul et al. Pengembangan E-book interaktif Materi Tata Surya untuk Peserta Didik SMP/Mts Kelas VII. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 160-167, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/135>. Date accessed: 22 dec. 2024.