Konservasi Keanekaragaman Hayati Tanaman Obat dalam Pandangan Islam

  • Amanda Putri Dewanti Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Astin Diassari Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Bayu Armanda Putra Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Dita Safarosarita Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Febrianti Novitasari Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Hanien Rasyidatul Mufidah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Mohamad Bayu Laksono Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Ulinnuha Nur Faizah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Abstract

Kebutuhan lahan yang meningkat akibat pertumbuhan populasi manusia yang semakin meningkat menjadi ancaman bagi keanekaragaman hayati. Islam telah mengajarkan kepada kita untuk melakukan konservasi agar alam dan ekosistem dapat terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian konservasi terhadap keanekaragaman hayati tanaman obat dalam pandangan islam. Penelitian merupakan hasil analisis studi pustaka mengenai upaya konservasi melalui tanaman obat yang dilakukan oleh masyarakat secara luas serta kesesuaiannya dengan Islam. Islam telah mengajarkan untuk melakukan perlindungan keanekaragaman hayati yang ditunjukkan melalui al-Qur’an dan hukum Islam. Prosedur penelitian dimulai dari analisis mengenai pemanfaatan keanekaragaman hayati dan pemanfaatannya sebagai tanaman obat, kemudian mengkaji konservasi tanaman obat dalam konteks Islam yaitu pada al-Qur’an dan hukum Islam.

References

Fuadi, Ali, Muhammad. (2016). Ayat-ayat Pertanian dalam al-Qur’an (Studi Analisis
Terhadap Penafsiran Thanthawi Jauhari dalam Kitab al-Jawahir di Tafsir al-Qur’an
al-Karim) (skripsi). Diperoleh dari Walisongo Institutional Reposity.
Fakhrozi, I. (2009). Etnobotani Masyarakat Suku melayu Tradisional di Sekitar Taman Nasional Bukit Tigapuluh (Skripsi). Diperoleh dari IPB University Scientific
Repository.
FMIPA. (2020, Juli). Sebanyak 80 Persen Tanaman Obat Dunia Ada di Indonesia. Retrieved from http://fmipa.ipb.ac.id/sebanyak-80-persen-tanaman-obat-dunia-ada-diindonesia/
Noorhidayah, Sidiyasa, Kade, & Hajar, Ibnu. (2006). Potensi dan Keanekaragaman
Tumbuhan Obat di Hutan Kalimantan dan Upaya Konservasinya. E-Journal: Analisis Kebijakan Kehutanan, 3(2), 10.
Nugroho, W. Ardiyanto. (2017). Review: Konservasi Keanekaragaman Hayati Tanaman Obat dalam Hutan di Indonesia dengan Teknologi Farmasi: Potensi dan Tantangan. Jurnal Sains dan Kesehatan, 1(7), 338.
Putri, M.S, Dyan. (2019). Konservasi Tumbuhan Obat di Kebun Raya Bali. Buletin
Udayana Mengabdi, 18(3), 141.
Rahayu. (2012). A Preliminary Ethnobotany Study on Useful Plants by Local Communities in Bodogol Lowland Forest, Sukabumi, West Java. Journal Trop Biol Consery, 9(1), 115-125.
Salim, Zamroni, & Munadi, Ernawati. (2017). Info Komoditi Tanaman Obat. Jakarta: Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementrian Perdagangan Republik Indonesia.
Wasito, H. (2011). Obat Tradisional Kekayaan Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2021-12-23
How to Cite
DEWANTI, Amanda Putri et al. Konservasi Keanekaragaman Hayati Tanaman Obat dalam Pandangan Islam. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 307-313, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/134>. Date accessed: 25 apr. 2024.