Integrated Science in Teaching Aids-based Learning Media with Water Pollution Models in Virtual City Construction

  • Fadila Nur Azyza IAIN PONOROGO
  • Kharisma Ika Nur'aini IAIN PONOROGO
  • Maheta Purwaning Astuti IAIN PONOROGO
  • Rahmi Faradisya Ekapti IAIN PONOROGO

Abstract

Pencemaran udara pada pokok bahasannya pencemaran sudah sangat banyak melekat dalam kehidupan sehari-hari, namun belum mengetahui secara detail dan mendalami proses terjadinya pencemaran tersebut serta hanya mengetahui teori-teori dasar pencemaran tersebut. Latar belakang permasalahan tersebut memerlukan strategi agar siswa dapat mempelajari materi lebih mendalam yaitu dengan mengembangkan alat pengaman dengan model pencemaran udara. Penelitian ini merupakan penelitian dengan mengintegrasikan antara biologi dan fisika, melalui tahapan ide, desain, pengujian dan pengembangan produk. Pada tahap ide inovasi diperoleh dari latar belakang masalah dan solusinya. Pada tahap perancangan, produk yang dihasilkan berupa saluran pembuangan dengan model pencemaran udara di perkotaan, dimana pencemaran udara tersebut disebabkan oleh aktivitas manusia. Komponen pencemaran udara dihasilkan dari limbah pabrik, bangunan, tumpahan minyak. Sedangkan tahap pengujian dan pengembangan dilakukan melalui integrasi fisika yang menerapkan konsep filtrasi, yaitu udara yang terkontaminasi menjadi udara jernih kembali karena adanya alat filtrasi sederhana, perkembangan alat ini dianalisis setelah dilakukan identifikasi. keberhasilan proses pengujian.

References

Delita, F., Berutu, N., & Nofrion. 2022. Online learning: the impact of using e-modules on self-efficiency, motivation and learning outcomes. Turkish online distance journal
Drake, S. M., & Burns, R. C. (2004). Meeting standards through integrated curriculum. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).
Fogarty, R. (1991). Ten ways to integrated curriculum. Educational Leadership, October 1991, 61-65.
Jarvinen, E. M., Karsikas, A., Hintikka, J. 2007. “Children as Innovators in Action: A Study of Microcontrollers in Finnish Comprehensive School”.Journal of Technology Education Vol.18 No. 2 Spring 2007
Juwairiiah, S.T.STKIP Builds the Nation of Meulaboh.Vol.IV.No.1
Kuit, VK & Osman, K. 2021. The effectiveness of the Chembond3d e-module in enhancing students' knowledge of chemical bond concepts and visual-spatial skills. Journal of European Science and Mathematics Education, 9(4):252-264. https://doi.org/10.30935
Loban Marianti Jeni, Aubahri Tea & Buy Joys.2021. The use of tools in the learning of mathematics class Xi Sma State of Kolana, East Alor.Journal of Commitment to Society (JPKM) – Aphelion. Vol. 2 No. 1
Muda Trisdionovidyaiswara Harli.(2013) Integrated learning in primary school.D.I.Yogyakarta. Accessed at https://bpmpjogja.kemdikbud.go.id/integrated learning-on-schools/
Sunyono., Wirya, IW, Suyanto, E., & Suyad, G. 2009. Identification of difficulties in learning chemistry in X class in Lampung Province. MIPA Educational Journal (JPMIPA), 10(2):9–18. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11071
Ety Setiawati, Hanum Mukti Rahayu, and Anandita Eka Setiadi, Media Development Learning Module on Animal Materials Class X SMAN 1 Pontianak, Bioeducation Journal, 4.1 (2017), 47–57
Published
2023-12-13
How to Cite
AZYZA, Fadila Nur et al. Integrated Science in Teaching Aids-based Learning Media with Water Pollution Models in Virtual City Construction. PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 58-64, dec. 2023. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/1106>. Date accessed: 15 dec. 2024.
Section
Articles