Effectiveness of the POE (predict-observe-explain) Learning Model with the Mind Mapping Method to Reduce Misconceptions
Abstract
Pemahaman konsep peserta didik terbentuk tidak hanya berasal dari lingkungan dan proses belajara yang dialami tetapi juga berasal dari pengalaman dan pengetahuan awal yang diterima peserta didik. Pemahaman konsep peserta didik yang tidak sesuai dengan konsep yang diyakini secara ilmiah oleh para ahli disebut telah terjadi miskonsepsi. Miskonsepsi adalah penyimpangan konsep yang dipercayai peserta didik terhadap konsep ilmuwan atau ahli. Miskonsepsi memiliki konsekuensi yang sangat fatal terhadap keberlangsungan pembelajaran diantaranya dapat menyebabkan prestasi rendah, berdampak terhadap materi lain, menganggu psikologi peserta didik dan dapat menghambat pengelolaan kelas. Berdasarkan dampak tersebut dibutuhkan reduksi miskonsepsi. Model pembelajaran yang efektif dalam mereduksi miskonsepsi menurut beberapa ahli adalah model pembelajarn POE (predict-observe-explain) karena dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses pembelajaran IPA melalui rekonsiliasi dan negosiasi antara pengatahuan awal dan pengetahuan baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran POE dengan metode mind mapping dalam mereduksi miskonsepsi yang dialami peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo dengan sampel 2 kelas yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas ekperimen dan kelas control. Berdasarkan hasil analisis data penelitian membuktikan bahwa kemmapuan reduksi miskonsepsi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran POE dengan metode mind maping jauh lebih efektif digunakan dalam pembelajaran dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
References
Ayu Dewanti, L. (2017). Penerapan Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pdeode Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Perubahan Fisika Dan Perubahan Kimia Kelas Vii Smp. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 6(01).
Dedi, Sahala, S. S., & Hamdani. (2015). Penerapan Conceptual Change Model untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(11), 1–10.
Fitriyah, M. (2020). Pengaruh pendakatan STEM model POE terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Komunikasi peserta didik melalui pembelajaran online. 1–9.
Haris Rosdianto, Eka Murdani, H. (2017). B. Implementasi Model Pembelajaran POE ( Predict Observe Explain ) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newton. 6(1), 55–58.
Hasanah, M., & Kaniawati, I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Poe ( Predict-Observe-Explain ) Untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Suhu dan Kalor. Seminar Nasional Fisika (SINAFI) 2015, November.
Jaapar, M. A. G., Odja, A. H., & Buhungo, T. J. (2020). Validity Analysis of Android-Based Discovery Learning Learning Model To Improve the Understanding of the Physical Concepts. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(2), 168–174. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i2.2344
Juhji, J. (2017). Upaya Mengatasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Sistem Saraf Melalui Penggunaan Peta Konsep. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 33–39. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1200
Laksana, D. N. L. (2016). Miskonsepsi Dalam Materi Ipa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 166. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8588
Lintong, K., Bialangi, N., & Pikoli, M. (2018). Pengaruh Penerapan Strategi Pogil Terhadap Reduksi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Redoks di SMA Negeri 1 Tapa. Jurnal Entropi, 13(2), 215–220.
Medina, P. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Materi Larutan dan Non Elektrolit dan Reduksi Dalam Pembelajaran Kimia di SMA N Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 1–9.
Mufidah, I., & Budiarto, M. T. (2021). Miskonsepsi Siswa SMP Dalam Memahami Konsep Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Gaya Belajar VAK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 45–58. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429
Negoro, R. A., Hidayah, H., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). Upaya Membangun Ketrampilan Berpikir Kritis Menggunakan Peta Konsep Untuk Mereduksi Miskonsepsi Fisika. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 45. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p45-51
Nida, S., Mahanal, S., & Pradana, D. (2017). Keefektifan Model Learning Cycle 5E Dipadu Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. 2(1), 1–10.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9, 34–42.
Rasu, A. P., & Djudin, T. (2019). Remediasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran CLIS Berbantuan Mind Map. 1–9.
Rohmah, R., & Fadly, W. (2021). Pengaruh Model Conceptual Change Melalui Pendekatan Stem Education Terhadap Reduksi Miskonsepsi. April.
Rohmah, R. U., & Fadly, W. (2021). Mereduksi Miskonsepsi Melalui Model Conceptual Change Berbasis STEM Education. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 189–198. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.143
Teguh, I. D., & Tandililing, E. (2006). Penerapan Model Pembelajaran Poe Untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa Smp Negeri 23 Pontianak. 443–444.
Wahyuni, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 377. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19293
Wakhidah, L. R., & Arif, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual) Melalui Keterpaduan Tipe Connected dalam Mereduksi Miskonsepsi. Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 2(April 2011), 44–58.
Yupani, N. P. E., Garminah, N. N., & Mahadewi, L. P. P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Berbantuan Materi Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1), 1–12.