ISLAM, SAINS DAN TEKNOLOGI: Studi Teknologi Jual Beli Online Pasca Pandemi Covid-19 dan Dampaknya pada Perilaku Konsumen

  • Irma Rumtianing Uswatul Hanifah Jurusan IAT IAIN Ponorogo

Abstract

Masa pandemi covid-19 yang mengguncang dunia sejak tahun 2020 telah banyak mengubah budaya dan perilaku masyarakat dalam berbagai hal, termasuk dalam tatanan jual beli, Masyarakat banyak yang beralih memggunakan jual beli online untuk berbelanja. Ini tentu merupakan salah satu kecanggihan teknologi yang diciptakan manusia, dimana masyarakat tidak perlu ke pasar atau maal untuk berbelanja. Cukup dari rumah dengan menggunakan aplikasi di handphone, masyarakat bisa mendapatkan barang kebutuhan yang diperlukan. Hal ini tentu berpengaruh pada perilaku konsumsi masyarakat, sebagai konsumen. Banyak masyarakat yang mulanya tidak tertarik untuk membeli, kemudian membeli barang yang ditawarkan di toko online tersebut disebabkan banyak diskon yang diberikan atau dijual dengan harga murah di banding di toko atau pasar. Meski kadang-kadang masyarakat berbuat israf, sehingga barang yang dibeli tersebut kurang mempunyai manfaat bagi konsumennya. Tulisan ini mencoba menghubungkan antara Islam, sains dan tekonologi. Dengan fenomena maraknya bisnis jual beli online telah merubah perilaku masyarakat dalam segala lini kehidupan mulai bidang keagamaan, pendidikan, kesehatan, hingga sampai masalah perekonomian yang banyak disebut paling terdampak akibat pandemi. Penulis akan mencoba menganalisis perkembangan sains dan teknologi serta dampaknya terhadap kemajuan peradaban manusia, khususnya peranan teknologi dalam perkembangan bisnis jual beli online. Selain itu tulisan berikut menjelaskan tentang perilaku konsumsi masyarakat dalam jual beli online. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode induktif, yaitu mengemukakan hal-hal yang khusus yaitu tentang fenomena jual beli online dan dampaknya terhadap perilaku konsumsi masyarakat, untuk kemudian ditarik kepada hal-hal yang umum sesuai dengan konsep Islam dalam Al-Qur’an dan Hadits.

References

Ahmad Y. Al-Hasan dan Donald R. Hill, Teknologi dalam Sejarah Islam, Bandung: Mizan, 1993.
Andi Rosadisastra, Metode Tafsir Ayat-Ayat Sains dan Sosial, Jakarta : Amzah, 2007.
Anna Poedjiadi, Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
As Syafi’I AS, Sains dan Teknologi dalam Al-Qur’an (Kajian Filsafat Pendidikan Islam), (Jurnal Sumbula volume 5 Nomor 1 Tahun 2020), 53
Choudhury, Mashudul , Alarn, Contributions to Islamic Economic Theory. (London: Mac Millan 1986.
Engel, J.F, R.D. Blackwell, & P.W. Miniard. Perilaku Konsumen (Jilid 1 dan 2 Edisi Keenam). Tangerang: Binarupa Aksara, 1995.
Engel, J.F, R.D. Blackwell, & P.W. Miniard.. Perilaku Konsumen (Jilid 1 dan 2 Edisi Keenam). Tangerang: Binarupa Aksara, 1995.
Gazali Ismail, Al-Qur‟an Perspektifnya Terhadap Sains dan Teknologi Ethos Kerja Generasi Muda dan Profil Ulama Zaman Modern, Padang: Angkasa Raya, 1990.
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi diakses tanggal 09 Oktober 2021
https://onlinelearning.binus.ac.id/2020/12/17/aktivitas-jual-beli-di-masa-pandemi-covid-19/ diakses tanggal 09 Oktober 2021.
Idris HM Noor , Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 17, Nomor 3, Mei 2011.
Ika Rochdjatun Sastrahidayat, Ilmu Pengetahuan Modern dan Agama Islam, Surabaya: Avicenna, t.th..
Isnaini Harahap, dkk., Hadits-Hadits Ekonomi , Jakarta: Kencana, 2015.
Jalinus Syah, dkk, Kamus Besar Pelajar Kata Serapan Bahasa Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 1993.
Kotler, P. & G. Armstrong.. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1 dan 2, 2008.
M.Thoyyibi (editor), Filsafat Ilmu Dan Perkembanganya, Surakarta: Muhammadiyah University Press, 1994.
Machasin. Islam Teologi Aplikatif, Cet. Ke-1. Yogyakarta: Pustaka Alief, 2003
Mahmud, Ahmad Shaikh. Economics of Islam. Lahore: Ashraf Publication, 1968.
Mannan, MA. Teori dan Praktek Ekonomi Islam. Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf, 1998.
Marwantika, Asna Istya. “Potret dan Segmentasi Mad’u Dalam Perkembangan Media di Indonesia.” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan 14, no. 01 (2019): 1–14. https://doi.org/10.37680/adabiya.v14i01.100.
———. “TREN KAJIAN DAKWAH DIGITAL DI INDONESIA : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW.” Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era 1, no. 1 (2021): 249–65.
Marwantika, Asna, Galih Prabowo, and Ahmanda Fauzi. 2023. “Social Media Literacy Assistance to Ponorogo Instagram Admins As Citizen Journalism Activities”. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement 4 (2), 555 -69. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i2.2287.
Marwantika, Asna Istya. “Analisis Bibliometrik Tren Kajian Dakwah Pada Masa Pandemi COVID-19 di Indonesia.” Journal of Da’wah, 2022. http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/dakwah/article/view/1274.
———. “Persuasive and Humanist Da’wa Message on the Gus Mus’ @s.kakung Instagram Account during the COVID-19 Pandemic.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 15, no. 1 (30 Mei 2021): 71–82. https://doi.org/10.24090/komunika.v15i1.4522.
Marwantika, Asna Istya, dan Dawam Multazamy Rohmatullah. “Buya Yahya’s da’wah message and crisis communication strategy in responding to the Covid-19 pandemic.” Jurnal Ilmu Dakwah 42, no. 2 (2022): 308–26.
Nasril Hadjar, Pengenalan Astronotika dan Teknologi Antariksa, (Jakarta: Orsat Pemuda, t.th.
Quraish Shihab, Membumikan Al-Qur‟an Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Cet. XXXI, Bandung : Mizan, 2007.
Rohadi Abdul Fatah, dan Sudarso, Ilmu dan Teknologi dalam Islam, Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Setiadi, N.J.. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana, 2008
Soedjiran Resosoedarmo, dkk, Pengantar Ekologi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1990.
Van Melsen, Ilmu Pengetahuan dan Tanggung Jawab Kita, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1992.
Wildan Yatim, Biologi Modern Pengantar Biologi,Bandung: Tarsito, t.th.
Yusanto. Ismail. Islam Ideologi. Bangil: Al –Izzah, 1999.
Zaghlul An Najjar, Pembuktian Sains Dalam Sunnah, Terjemah, Azni Ilham Faylasufa, Jakarta : Amzah, 2007.
Published
2023-09-30
How to Cite
USWATUL HANIFAH, Irma Rumtianing. ISLAM, SAINS DAN TEKNOLOGI: Studi Teknologi Jual Beli Online Pasca Pandemi Covid-19 dan Dampaknya pada Perilaku Konsumen. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 145-160, sep. 2023. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/993>. Date accessed: 05 may 2024.