IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA AYAT MUTASHABIHAT AL ALFAZ

  • Merlyan Milania Fibria Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Umi Kalsum Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Abstract

Abstract: This study explores and analyzes the implementation of discovery learning learning models in learning tahfidz al-Quran at MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo. This study aims to analyze the learning of tahfidz al-Quran which adopts kurikulum merdeka learning model, namely discovery learning, especially on mutashabihat al alfaz material. The resemblance of the verses in the Koran, which amount to more than 2000 verses, certainly has a level of difficulty for memorizers. From several stages of discovery learning it is very suitable to be implemented in verse mutashabihat al alfaz. The stimulation stage is carried out by the teacher asking questions about similar verses to students, the problem statement stage where students are given the opportunity to identify and analyze the problems they face, the fourth stage is data processing (data processing) to process data or information that students have obtained both through observing and looking for tashabuh verses in the Mushaf, The verification stage is that students carry out a careful examination to prove whether the hypothesis set is true or not by checking in the mutashabihat al al-alfaz books then Siwa draws conclusions and generalizations from the theory.


Kata Kunci: Model Pembelajaran; Kurikulum Merdeka, Discovery Learning, Mutasha>biha>t  Al alfaz}


 


Abstrak: Penelitian ini menelusuri dan menganalis tentang implementasi model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran tahfidz al Quran di MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo. Penelitian ini bertujuan menganalisa pembelajaran tahfidzul Quran yang mengadopsi model pembelajaran kurikuum merdeka yaitu discovery learning terutama pada materi mutashabihat al alfaz. Kemiripan ayat dalam al Quran yang berjumlah 2000 lebih ayat tentunya mempunyai tingkat kesulitan bagi para penghafal. Dari beberapa tahapan discovery learning sangat sesuai untuk diimplementasikan pada ayat mutashabihat al alfaz. Tahapan stimulasi dilakukan  dengan guru memberikan pertanyaan terhadap ayat yang mirip kepada siswa, Tahapan problem statement dimana siswa diberikan kesempatan untuk mengidentifikasi dan menganalisa permasalahan yang mereka hadapi, tahap keempat data processing (pengolahan data) mengolah data atau informasi yang telah diperoleh siswa baik melalui mencermati dan mencari tashabuh ayat dalam mushaf, Tahapan verfikasi yaitu siswa melakukan pemeriksaan secara cermat untuk membuktikan apakah hipotesis yang ditetapkan benar atau tidak dengan mengecek di kitab-kitab mutashabihat al alfaz kemudian siwa menarik kesimpulan dan generalisasi dari teori tersebut.

References

abdulwaly, cece. 2019. Kaidah Menghafal Ayat-Ayat Mirip Dalam Al-Qur’an. sukabumi: Farha Pustaka.
Ahadah, Anindita. 2022. “PENAFSIRAN AYAT-AYAT MUTASYÂBIHÂT DALAM AL-QUR’AN (Telaah Komparatif Antara Tafsir Al-Thabari dan Tafsir Anwar Al-Tanzil)” 2.
Arif, Suparman, Rinaldo Adi Pratama, Ali Imron, Jl Sumantri Brodjonegoro No, Gedong Meneng, and Bandar Lampung. 2020. “PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK DI SMAN 1 NATAR, LAMPUNG SELATAN” 6 (1).
Asbari, Masduki, and Dewiana Novitasari. 2020. “Pengaruh Kesiapan untuk Berubah di Masa Pandemi Covid-19: Apa yang Dibutuhkan Pemimpin untuk Menjaga Kinerja.” Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari’ah 9 (2): 1–17. https://doi.org/10.24903/je.v9i2.932.
Andini, NAF, Marwantika, AI.“PRINSIP PERNIKAHAN DALAM AL-QUR’AN DALAM KARYA SENI (Analisis Prinsip Pernikahan dalam Film Belok Kanan Barcelona) | JUSMA: Jurnal Studi Islam dan Masyarakat.” Diakses 30 September 2023. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jusma/article/view/651.
Azizah, Maftukhatul, dan Asna Istya Marwantika. “CITRA WANITA SHOLEHAH DALAM NOVEL AYAT-AYAT LANGIT: ANALISIS WACANA KRITIS SARA MILLS.” Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era 2, no. 1 (31 Oktober 2022): 532–46.
cahyo, cahyo. 2012. Teori-Teori Belajar Mengajar. yogyakarta: diva press.
djamarah sb. 2002. Strategi Belajar Mengajar. jakarta: Rineka Cipta.
Firdausi, Muhammad Anwar. 2015. “Membincang Ayat-ayat Muhkam Dan Mutasyabih.” ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam 16 (1): 80. https://doi.org/10.18860/ua.v16i1.2930.
Hartanti, Anindya Diah, Abdurrahmansyah Abdurrahmansyah, and Muhammad Adil. 2021. “Tahfiz Qur’an dengan Metode Tasmi’ dan Sambung Ayat (Strategi Pengorganisasian, Penyajian, dan Pengelolaanya di Pondok Pesantren Al-Lathifiyyah Palembang).” Al-Fikru: Jurnal Ilmiah 15 (2): 97–112. https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i2.42.
Hidayah, Nurul. n.d. “STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI LEMBAGA PENDIDIKAN.”
kemendikbud, kurikulum. n.d. “Kurikulum Merdeka.” Kurikulum Merdeka. Accessed July 30, 2023. http://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/.
Oktapiani, Marliza. 2020. “TINGKAT KECERDASAN SPIRITUAL DAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 3 (1): 95–108. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.861.
Rani Febriyanni, Zainal Arifin, Sri Dahani. 2021. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas VII MTS Swasta Al Ma’arif Kecamatan Gebang.” Invention: Journal Research and Education Studies, July, 34–47. https://doi.org/10.51178/invention.v2i2.570.
Supriyadi, Supriyadi, Roudloh Muna Lia, Ani Rusilowati, Wiwi Isnaeni, Endang Susilaningsih, and Suraji Suraji. 2022. “Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka.” Journal of Community Empowerment 2 (2): 67–73. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.61886.
Yanti, Nova. n.d. “MEMAHAMI MAKNA MUHKAMAT DAN MUTASYABIHAT DALAM AL-QURAN.”
Zahroh, Fatiha, rohmah, fitri lailatul, udin, khair, AND marwantika, asna. " Revitalisasi Pembelajaran Al-Qur'an untuk Mengantisipasi Learning Loss di Desa Bekare Bungkal Ponorogo Pasca Pandemi" PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar [Online], Volume 2 Number 1 (28 December 2022)
Published
2023-09-30
How to Cite
FIBRIA, Merlyan Milania; KALSUM, Umi. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA AYAT MUTASHABIHAT AL ALFAZ. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 76-84, sep. 2023. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/979>. Date accessed: 06 may 2024.