STRATEGI PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ AL-QUR’AN DI MI AL-KAUTSAR DURISAWO

  • Nur Faizah IAIN Ponorogo
  • Umi Kalsum Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Abstract

Taḥfīẓ Al-Qur’an merupakan sebuah program yang sangat penting untuk dikembangkan di setiap lembaga pendidikan Islam. Hal ini dikarenakan taḥfīẓ Al-Qur’an merupakan salah satu upaya untuk menjaga orisinalitas Al-Qur’an juga sebagai wadah untuk menciptakan generasi yang beriman dan bertakwa. Salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan program taḥfīẓ Al-Qur’an dalam kurikulum pendidikannya adalah MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo dengan siswa-siswi di dalamnya adalah anak-anak yang memiliki rentang umur sekitar 6-12 tahun.  Dalam upaya mencapai target pembelajaran taḥfīẓ yang efektif, maka diperlukan pemilihan strategi pembelajaran yang dapat menyesuaikan antara materi dengan perkembangan anak. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan strategi pembelajaran taḥfīẓ yang digunakan di MI Al-Kautsar Durisawo dan menganalisis faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran taḥfīẓ tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran taḥfīẓ Al-Qur’an di MI Al-Kautsar Durisawo merupakan hasil manajemen penuh dari segi kurikulum, metode maupun evaluasinya. Adapun faktor yang mendukung keberhasilan pembelajaran taḥfīẓ Al-Qur’an meliputi kurikulum yang sesuai, perhatian guru, metode yang sesuai dan usia siswa yang tepat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ketika ada perbedaan kualitas bacaan siswa yang belum merata dan ketidak fokusan siswa dalam pembelajaran.

References

Hadi, Abd, Asrori, and Rusman. Penelitian Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study. Grounde Theory, Etnografi, Biografi. Banyumas: CV. Pena Persada, 2021.
Hardini, Isriani, and Dewi Puspitasari. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, & Implementasi). Edited by Qoni. Yogyakarta: Familia (Group Relasi Inti Media), 2015.
Hidayah, Nurul. “Strategi Pembelajaran taḥfīẓ Al-Qur’an Di Lembaga Pendidikan.” Ta’allum 4, no. 1 (2016).
Ilyas, M. “Metode Muraja’ah Dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam V, no. 1 (2020).
Oktapiani, Marliza. “Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an.” Tahdzib Akhlaq V, no. 1 (2020).
Rohman, Abdul. “Dimensi-Dimensi Psikologis taḥfīẓ Al-Qur’an Pada Anak-Anak (Studi Tentang taḥfīẓ Al-Qur’an Anak-Anak Di Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus Jateng).” Inteligensia 4, no. 2 (2016).
Rusyd, Raisya Maula Ibnu. Panduan Praktis & Lengkap Tahsin Tajwid Tahfizh Untuk Pemula. Yogyakarta: Laksana, 2019.
Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung, 1999.
Zahroh, Fatiha, rohmah, fitri lailatul, udin, khair, AND marwantika, asna. " Revitalisasi Pembelajaran Al-Qur'an untuk Mengantisipasi Learning Loss di Desa Bekare Bungkal Ponorogo Pasca Pandemi" PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar [Online], Volume 2 Number 1 (28 December 2022)
Published
2023-09-30
How to Cite
FAIZAH, Nur; KALSUM, Umi. STRATEGI PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ AL-QUR’AN DI MI AL-KAUTSAR DURISAWO. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 67-75, sep. 2023. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/976>. Date accessed: 04 mar. 2024.