PENGGUNAAN VISUAL RETORIKA OLEH FOTOGRAFER DALAM PROSES PENYAMPAIAN PESAN MELALUI FOTOGRAFI JALANAN

Studi pada Foto Jalanan Komunitas Beku Institute

  • Ardani Kresna Ari Atmaja IAIN Ponorogo

Abstract

ABSTRAK


            Fotografi jalanan tidak hanya menceritakan tentang kondisi jalanan yang padat lalu lintas, tetapi juga sebagai pesan persuasif tentang kondisi interaksi sosial manusia. Seorang fotografer bisa menggunakan fenomena kehidupan jalanan untuk beretorika menggunakan pendekatan fotografi.


            Penelitian ini berfokus pada proses pembuatan pesan oleh fotografer sebagai komunikator dan peminat fotografi sebagai audience. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. menjelaskan bagaimana fotografer menggunakan retorika visual untuk membuat pesan pada fotografi jalanan.


            Objek penelitian yang digunakan adalah foto jalanan komunitas beku institute. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa foto jalanan merupakan media bagi fotografer untuk menyampaikan pesan kepada khalayak umum. Pemahaman pesan setiap audiens dipengaruhi oleh perspektif latar belakang audiens itu sendiri. Proses pembuatan pesan fotografer dimulai dari menkonstruksi ide, melihat realita sosial dan di interpretasikan menjadi sebuah foto. Foto karya komunitas beku institute bercerita tentang interaksi sosial manusia saat ini.


Kata kunci : Fotografi Jalanan(street fotografi), Retorika Visual

References

Adams, Ansel . (2003). The Camera, The Ansel Adams Photography Series. New York : Little, Brown and Company University.
Barthes, Roland. (1981). Camera Lucida. New York: Hill and Wang.
Dameria, Anne. 2007. Color Basic Paduan Dasar Warna untuk Desainer & Industri Grafika. Jakarta: Link & Match Graphic.
Darmaprawira, W.A , Sulasmi. (2002). Warna, Teori dan Kreativitas Penggunanya, Bandung: ITB
Feininger, Andreas. (1969). The Complete Photographer. New Jersey: Prentice-Hall.
Foss,Sonja K. (2005). Defining Visual rhetoric . London : Lawrence Erlbaum Associates. Galer, Mark. (2002). Location Photography. London: Focal PressGroup
Hesford, Wendy, and Brueggemann, Brenda. (2006). Rhetorical Visions: Reading and Writing in a Visual.
Krause Jim. 2004.Design Basic Index.Ohio : HOW Design Books
Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Kuswarno Engkus. 2009. Metodologi Penelitian Komunikasi : Widya Padjajaran
Langford, Michael. (2000). Basic Photography. London: Focal Press.
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya Pujiriyanto. 2005. Desain Grafis Komputer (Teori Desain Grafis Komputer).
R.M. Soelarko. (1985). Penuntun Fotografi. Bandung: Karya Nusantara.
Rakhmat , Jalaluddin. (2000). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suh, Taewon . (1999). Visual Communication Research Trend. Saint Louis : Saint Louis
Published
2021-09-16
How to Cite
ARI ATMAJA, Ardani Kresna. PENGGUNAAN VISUAL RETORIKA OLEH FOTOGRAFER DALAM PROSES PENYAMPAIAN PESAN MELALUI FOTOGRAFI JALANAN. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 285-294, sep. 2021. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/97>. Date accessed: 26 apr. 2024.