KONVERGENSI DAN DIVERGENSI KOMUNIKASI DALAM NEW MEDIA
(Studi Kasus Komunikasi Konvergensi dan Divergensi pada Media Google Classroom)
Abstract
Perkembangan media komunikasi saat ini mempengaruhi inovasi media pembelajaran. Model media pembelajaran yang cenderung menggunakan komunikasi linier saat ini bergeser pada komunikasi yang rasional. Hal ini sesuai dengan tuntutan perkembangan pembelajaran berkualitas dan efektif dengan pendekatan komunikasi konvergen.Model pendekatkan komunikasi konvergen ini memiliki ciri pelaksanaan belajar secara berkesinambungan dan memanfaatkan jejaring (network), serta berpijak pada kaidah kolektivitas untuk memperoleh saling pemahaman (mutual understanding). Internet merupakan media baru yang memberikan ruang untuk melakukan interaksi dengan siapa pun pengguna internet lainnya dalam jenis media tertentu.Google Classroom adalah media baru yang memberikan ruang penggunanya berinteraksi dengan pengguna beridentitas atau anonim. Hal ini menjadi konterversi di Google Classroom berkaitan kasus keaktifan sosial komunikasi dalam pembelajaran. Kasus tersebut menunjukkan menjauhnya komunikasi dari konvergensi yang positif bahkan menjadi divergensi.Fenomena terjadinya konvergensi dan divergensi dalam Google Classroom sesuai dengan teori Determinisme Teknologi dari Marshal McLuhan yang menyebutkan perubahan dengan bermacam cara berkomunikasi akan membentuk keberadaan manusia, teknologi membentuk individu cara berpikir, berperilaku dalam masyarakat, dan mengarahkan untuk bergerak dari satu abad teknologi ke abad teknologi yang lain. Produksi pesan menggunakan Message Design Logicdari Barbara J. O’Keefe mengenai pesan expressive, conventional, dan rhetorical yang membentuk konvergensi dan divergensi dalam penyusunan pesan di google classroom.Penelitian ini merupakan studi pesan dan komunikator yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana komunikator menunjukkan identitas material, mengetahui jenis pesan mengarah pada konvergensi dan divergensi, serta bagaimana komunikator menyusun pesan. Subjek penelitian adalah mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam pengguna Google Classroom aktif dengan postingan mereka di bulan Januari –April 2021.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif melalui dua tahapan yaitu melakukan teknik analisis isi kualitatif pada level teks. Kemudian pemilihan sampel dilakukan dengan purposive sampling.Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menemukan tentang bagaimana identitas material komunikator dalam Google Classroom, tema pesan dalam Google Classroom, produksi pesan yang dibentuk oleh komunikator yang menunjukkan pada konvergensi dan divergensi komunikasi pada mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam pengguna Google Classroom aktif.
Kata kunci: Konvergensi Komunikasi, Divergensi Komunikasi, New Media
References
Liliweri, Alo (2001) Gatra – Gatra Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Littlejohn, Stephen W. & Karen A. Foss (2008) Theories Of Human Communication 9th Edition. Belmont: Thomson Wadsworth.
Mulyana, Deddy (2010) Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, Rulli (2014) Teori Dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Nurudin (2007) Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Pawito (2007) Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS.
Raco, J.R. (2010) Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.
Sari, Endang S. (1993) Audience Research; Pengantar Studi Penelitian Terhadap Pembaca, Pendengar, Dan Pemirsa. Yogyakarta: Andi Offset.
Silalahi, Ulber (2009) Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.
Sugiyono (2012) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suprapto, Tommy (2009) Pengantar Teori Dan Managemen Komunikasi. Yogyakarta: Medpress.
West, Richard, dan Lynn H. Turner (2008) Pengantar Teori Komunikasi: Analisis Dan Aplikasi, Edisi: 3. Jakarta: Salemba Humanika.
Wiryanto (2004) Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.