KONVERGENSI DAN DIVERGENSI KOMUNIKASI DALAM NEW MEDIA

(Studi Kasus Komunikasi Konvergensi dan Divergensi pada Media Google Classroom)

  • Dony Rano Virdaus IAIN Ponorogo

Abstract

Perkembangan media komunikasi saat ini mempengaruhi inovasi media pembelajaran. Model media pembelajaran yang cenderung menggunakan komunikasi linier saat ini bergeser pada komunikasi yang rasional. Hal ini sesuai dengan tuntutan perkembangan pembelajaran berkualitas dan efektif dengan pendekatan komunikasi konvergen.Model pendekatkan komunikasi konvergen ini memiliki ciri pelaksanaan belajar secara berkesinambungan dan memanfaatkan jejaring (network), serta berpijak pada kaidah kolektivitas untuk memperoleh saling pemahaman (mutual understanding). Internet merupakan media  baru  yang memberikan  ruang  untuk  melakukan  interaksi  dengan  siapa  pun  pengguna  internet lainnya dalam jenis media tertentu.Google Classroom adalah media  baru yang  memberikan  ruang  penggunanya berinteraksi   dengan pengguna   beridentitas   atau   anonim. Hal   ini   menjadi konterversi di Google Classroom berkaitan kasus keaktifan sosial komunikasi dalam pembelajaran. Kasus  tersebut menunjukkan menjauhnya komunikasi dari konvergensi yang positif bahkan menjadi divergensi.Fenomena  terjadinya  konvergensi  dan  divergensi  dalam Google Classroom sesuai dengan teori Determinisme Teknologi dari Marshal McLuhan yang menyebutkan perubahan dengan bermacam  cara  berkomunikasi  akan  membentuk  keberadaan manusia,   teknologi   membentuk   individu cara   berpikir,   berperilaku   dalam masyarakat,  dan  mengarahkan  untuk  bergerak  dari  satu  abad  teknologi  ke  abad teknologi  yang  lain.  Produksi  pesan menggunakan Message  Design  Logicdari Barbara J. O’Keefe mengenai pesan expressive, conventional, dan rhetorical yang membentuk konvergensi dan divergensi dalam penyusunan pesan di google classroom.Penelitian ini  merupakan  studi  pesan  dan  komunikator  yang dilakukan untuk   mengetahui   bagaimana komunikator menunjukkan   identitas   material, mengetahui   jenis   pesan mengarah   pada konvergensi  dan   divergensi,   serta bagaimana komunikator menyusun   pesan. Subjek   penelitian adalah   mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam pengguna Google Classroom aktif dengan postingan mereka  di  bulan  Januari –April  2021.Penelitian  ini menggunakan  pendekatan  kualitatif  dengan  metode  studi kasus deskriptif melalui dua tahapan yaitu melakukan teknik analisis isi kualitatif pada  level  teks. Kemudian  pemilihan  sampel  dilakukan  dengan purposive sampling.Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menemukan tentang bagaimana identitas material komunikator dalam Google Classroom,  tema pesan dalam Google Classroom, produksi pesan yang dibentuk oleh komunikator yang menunjukkan pada konvergensi dan divergensi komunikasi pada mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam pengguna Google Classroom aktif.


 


Kata  kunci: Konvergensi Komunikasi, Divergensi Komunikasi, New Media


 

References

Effendy, Onong Uchjana (2005) Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosda.
Liliweri, Alo (2001) Gatra – Gatra Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Littlejohn, Stephen W. & Karen A. Foss (2008) Theories Of Human Communication 9th Edition. Belmont: Thomson Wadsworth.
Mulyana, Deddy (2010) Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, Rulli (2014) Teori Dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Nurudin (2007) Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Pawito (2007) Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS.
Raco, J.R. (2010) Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.
Sari, Endang S. (1993) Audience Research; Pengantar Studi Penelitian Terhadap Pembaca, Pendengar, Dan Pemirsa. Yogyakarta: Andi Offset.
Silalahi, Ulber (2009) Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.
Sugiyono (2012) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suprapto, Tommy (2009) Pengantar Teori Dan Managemen Komunikasi. Yogyakarta: Medpress.
West, Richard, dan Lynn H. Turner (2008) Pengantar Teori Komunikasi: Analisis Dan Aplikasi, Edisi: 3. Jakarta: Salemba Humanika.
Wiryanto (2004) Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.
Published
2021-09-16
How to Cite
VIRDAUS, Dony Rano. KONVERGENSI DAN DIVERGENSI KOMUNIKASI DALAM NEW MEDIA. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 326-332, sep. 2021. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/96>. Date accessed: 15 june 2024.