UPAYA PEMBENTUKAN PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN MELALUI PENERAPAN ENVIRONMENTAL EDUCATION
Abstract
Pondok pesantren adalah model institusi pendidikan yang memiliki keunggulan dalam tradisi keilmuannya, transmisi, internalisasi moralitas, empowerment dan transformasi civil society secara efektif. Pendidikan lingkungan hidup ditawarkan menjadi solusi untuk membentuk perilaku ramah terhadap lingkungan. Pondok Modern Ar-Risalah Desa Gundik, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo menerapkan pendidikan lingkungan hidup sebagai upaya membentuk perilaku santri yang ramah terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan lingkungan hidup dan untuk mengetahui dampaknya dalam membentuk perilaku ramah lingkungan bagi santri di Pondok Modern Ar-Risalah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian field research. Proses pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi non partisipatif dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup di Pondok Modern Ar-Risalah sesuai dengan teori tentang pendidikan lingkungan hidup dan strategi pendidikan lingkungan hidup sebagai berikut: Pengelolaan sampah organik dan anorganik, pemeliharaan tanaman, pemeliharaan lahan, optimalisasi jadwal piket, dan pembinaan dan perlombaan santri. Adapun dampak implementasi tersebut sesuai dengan definisi dan tujuan lingkungan hidup. Dengan adanya pendidikan lingkungan hidup tersebut berimplikasi positif yaitu: lingkungan pondok menjadi lebih nyaman untuk proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kreativitas santri dalam hal pemanfaatan barang bekas. Pendidikan lingkungan hidup ini menciptakan satu kesatuan pola tingkah laku baru bagi kehidupan pribadi dan sosial.
References
Choiroh, H, dan A I Marwantika. “TEACHER’S CORPORAL PUNISHMENT TO STUDENTS AS LEARNING COMMUNICATION AT MAMBAUL HISAN CHILDREN’S ISLAMIC BOARDING SCHOOL ….” QAULAN: Journal of Islamic …, 2021. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/qaulan/article/view/2840.
Lexy J Moleong. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lexy J Moleong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya.
Lingkungan Hidup, Pendidikan. n.d. .“.2.”
Mardiyah. 2015. Kepemimpinan Kiai Dalam Memelihara Budaya Organisasi. Malang: Aditya Media Publishing.
Marwantika, Asna Istya. “PEMBUATAN PUPUK ORGANIK SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN KETERGANTUNGAN PETANI TERHADAP PUPUK KIMIA DI DUSUN SIDOWAYAH, DESA CANDIMULYO, KECAMATAN DOLOPO, KABUPATEN MADIUN.” InEJ: Indonesian Engagement Journal 1, no. 1 (19 Juni 2020). https://doi.org/10.21154/inej.v1i1.2044.
Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia.
Ririn Nuraini. 2018. “Pengembangan Self-Esteem Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Pendidik Di TKIT 2 Qurrota A’yun Ponorogo.” Jurnal Muslim Heritage 3 (No. 2).
Strauss, Anselm, and Juliet Corbin. 2003. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyono, Edy Hendras dkk. 2020. Modul Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pesantren. Jakarta: PPI-UI.