PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MODERASI BERGAMA DI INDONESIA
Abstract
Dalam perjalanan bangsa Indonesia, Pancasila telah menjadi kesepakatan dalam menata kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini tidak terlepas dari sistem etika Pancasila itu sendiri yang mampu mengikat kebhinekaan di Indonesia. Jaminan keutuhan bangsa ini harus dilandasi dengan semangat perjuangan. Sama seperti keberagaman agama di negeri ini harus mendapatkan kehidupan yang harmonis. Melalui ketegasan konsep moderasi beragama yang saat ini menjadi konsep berpikir dan bertindak. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan content analysis. Sumber data penelitian ini adalah buku dan artikel terkait. Kajiannya menggunakan metode deskriptif analisis yang didukung oleh data yang diperoleh melalui studi pustaka Penelitian ini menganalisis secara mendalam sinergi Pancasila dengan agama, serta Pancasila sebagai sistem etika dalam menerapkan moderasi beragama di Indonesia. Dengan tujuan menjadi cerminan masyarakat dalam menempatkan pribadinya di tengah-tengah keberagaman yang ada.
References
Aini, Nurassyifa Qurotul, and Dinie Anggraeni Dewi. “Sistem Etika Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no.2 (2022): 11120–25. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4200.
Anggraini, Devi, Fauzal Fathari, Jordi Wahyu Anggara, and Muhammad Devon Ardi Al Amin. “Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial.” Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik 2,no. 1 (2020): 11. https://doi.org/10.33474/jisop.v2i1.4945.
Arif Setiawan, Sifa. “Pancasila Dan Ajaran Islam: Menegaskan Kembali Argumen Penerimaan Pancasila Sebagai Dasar Negara.” Muasarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer17,no.1(2019):1.https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/msr.v1i1.3266.
Arif, Syaiful. “Religious Moderation in the Islamic State Discourse: KH. Abdurrahman Wahid’s Thought.” Jurnal Bimas Islam 13, no.1 (2020): 74–104. https://doi.org/https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.189.
Azis, Donny Khoirul, Made Saihu, Akmal Rizki Gunawan Hsb, and Athoillah Islamy. “Pancasila Educational Values in Indicators Religious Moderation in Indonesia.” FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 7, no.2 (2021): 229–44. https://doi.org/10.24952/fitrah.v7i2.4475.
Fahri, Mohamad, and Ahmad Zainuri. “Religious Moderation in Indonesian Muslims.” Intizar 25, no.2 (2019). https://doi.org/doi.org/10.19109/intizar.v25i2.5640.
Handayani, Puji Ayu, and Dinie Anggraenie Dewi. “Implementasi Pancasila Sebagai Dasar Negara.” Jurnal Kewarganegaraan 5, no.1 (2021): 6–12. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1439.
Hermawan, M.A. n.d. “Nilai Moderasi Islam Dan Internalisasinya Di Sekolah.” Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 25, no.1 (2020): 31–43. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3365.
Indari, Sri, and Muhammad Ilham Aziz. “Filsafat Dalam Sistem Nilai Pancasila.” Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2, no.1 (2021): 9–15. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v2i1.64.
Irama, Yoga, and Mukhmammad Zamzami. 2021. “Telaah Atas Formula Pengarusutamaan Moderasi Beragama Kementerian Agama Tahun 2019-2020.” Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin 11, no.1 (2019-2020). https://doi.org/https://doi.org/10.36781/kaca.v11i1.3244.
Islamy, Athoillah. “Moderasi Beragama Dalam Ideologi Pancasila.” POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan 3, no.1 (2022): 18–30. https://doi.org/10.53491/porosonim.v3i1.333.
Khotimah, Husnul. “Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Pesantren.” Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no.1 (2020). https://doi.org/https://doi.org/10.19105/rjpai.v1i1.3008.
Khotimah, Husnul. “Penerapan Pancasila Perspektif Islam.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 3, no.2 (2020): 81–101. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i2.1037.
Marwantika, Asna Istya. “Religious Moderation Campaigns on Social Media: Trend, Content Strategies and Public Sentiment.” Proceeding: International Conference on Islamic Studies (ICIS) IAIN Ponorogo, 30 November 2022, 52–66. https://doi.org/10.21154/icis.v0i0.783.
———. “TREN KAJIAN DAKWAH DIGITAL DI INDONESIA : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW.” Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era 1, no. 1 (2021): 249–65.
Marwantika, Asna. 2015. “PEMETAAN ALIRAN PEMIKIRAN DAKWAH DITINJAU DARI PERIODISASI GERAKAN DAKWAH DAN KONSEP KEILMUAN”. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 7 (01), 17-37. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v7i01.364.
Nurgiansah, T Heru. “Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 9, no.1 (2021): 33–41. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31424.
Nurgiansah, T Heru. “Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius.” Jurnal Basicedu 6, no.4 (2022): 7310–16. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481 Copyright.
Selvia, Sasmi, Munawar Rahmat, and Saepul Anwar. “Tingkat Pemahaman Moderasi Beragama Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Umum Dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.” Intizar 28, no.1 (2022): 1–9. https://doi.org/10.19109/intizar.v28i1.11667.
Shaleh, Ali Ismail, and Fifiana Wisnaeni. “Hubungan Agama Dan Negara Menurut Pancasila Dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.” Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia 1, no.2 (2019): 237–49. https://doi.org/10.14710/jphi.v1i2.237-249.
Sunardi. “Internalisasi Kaidah Moderasi Beragama Melalui Pendidikan PKn Di SMA Negeri 1 Babat Lamongan.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no.1(2023):361–68. http://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/267.
Supriani, Yuli, Eko Budi Prasetyo, Uus Ruswandi, and Mohamad Erihadiana. “Strategi Pengembangan Pendidikan Multikultural Pada Institusi Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no.3 (2022): 589–98. http://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/167.
Susilawati N, and Bambang Niko Pasla. “Application of Pancasila as the Ethical System of the Indonesian Nation.” Jurnal Prajaiswara 1, no.1 (2020): 20–28. https://doi.org/10.55351/prajaiswara.v1i1.2.
Sutrisno, Edy. “Actualization of Religion Moderation in Education Institutions.” Jurnal Bimas Islam 12, no.1 (2019): 323–48.
Umi Kulsum. “Konstelasi Islam Wasathiyah Dan Pancasila Serta Urgensinya Dalam Bernegara Perspektif Maqasid Al-Syari’ah.” Journal of Islamic Civilization 2, no.1 (2020): 51–59. https://doi.org/10.33086/jic.v2i1.1493.
Wardani, Wahyu, Sabila Pramesti S, and Shakeela Rohmatunnisa. “Menghilangkan Break the Rules Habbit Dengan Meningkatkan Pemahaman Nilai Etika Pancasila.” Pancasila: Jurnal Keindonesiaan 02, no. 02 (2022): 83–91. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.77.
Yumnah, Siti. “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengintegrasikan Nilai-Nilai Multikultural Untuk Membentuk Karakter Toleransi.” Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan 2, no.1 (2020): 11–19. https://doi.org/https://doi.org/10.55352/mudir.v2i1.103.
Zamani, Dzaki Aflah. “Islam Dan Pancasila Dalam Perdebatan Ormas- Ormas” 7, no.1 (2021): 28–43. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v7i1.166.