INTELIGENSIA GENERASI STROBERI: MEWUJUDKAN SDGs BERPRINSIP AL-MUSLIMU Al-QAWIYYU

  • Zaida Hayati UIN Antasari Banjarmasin
  • Syifa Mufida UIN Antasari Banjarmasin
  • Angger Sulistyarini UIN Antasari Banjarmasin

Abstract

Abstrak: Indonesia memasuki era bonus demografi, berarti persentase penduduknya didominasi oleh generasi usia produktif sehingga generasi mudanya memberikan pengaruh besar terhadap kemajuan bangsa. Namun, akhir-akhir ini sering dijumpai generasi muda rapuh yang termasuk ke dalam fenomena generasi stroberi, sedangkan di sisi lain dunia berlomba-lomba untuk mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs). Generasi muda mesti melakukan perubahan agar dapat mencapai tujuan SDGs yang peneliti rampung ke dalam istilah prinsip al-muslimu al-qawiyyu. Metode penelitian yang digunakan yaitu kajian literatur yang didukung dengan hasil penelitian lapangan (kualitatif) serta menggunakan pendekatan studi fenomenologis. Hasil penelitian menunjukan bahwa generasi stroberi dapat diminimalisir dengan menerapkan nilai-niai al-muslimu al-qawiyyu yang berorientasi pada Al-Qur’an dan hadis, merekrut eksistensi ulama dan tokoh muslim, serta aksentuasi literasi digital mengatasi isu kontroversial. Prinsip tersebut relevan diterapkan kepada generasi stroberi agar dapat berkontribusi dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).

References

A, Jonar T. H. Situmorang, M. Bj. Habibie Si Jenius. Ircisod, 2017.
Ahmad, Amar, Dan Nurhidaya Nurhidaya. “Media Sosial Dan Tantangan Masa Depan Generasi Milenial.” Avant Garde 8, No. 2 (2020): 134–48.
Al-Munyawi, Syaikh Ramzi. Muhammad Al-Fatih: Penakluk Konstantinopel. Pustaka Al-Kautsar, 2012.
Amin, Akbar Mubarak, Rizka Nuralifah Cantika Putri Asani, Christensenia Rj Wattimena, Dan Aisyah Fitri Yuniasih. “Determinan Ketimpangan Capaian Pendidikan Di Indonesia Tahun 2017,” 2019:593–601, 2019.
Aminah, St. “Membangun Generasi Yang Tangguh,” 2016.
Aminuddin, Ahsani Taqwim, Dan Wininda Qusnul Khotimah. “Narasi Perdamaian Dan Anti Kekerasan Di Perguruan Tinggi.” Ikomik: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Informasi 2, No. 2 (2022): 86–93.
Annisa, Warastri. “Kecerdasan Emosi: Strategi Untuk Mencapai Kesuksesan,” 2021.
Arina, Arina, Balqish Balqish, Davaluna Davaluna, Indie Indie, Rizki Rizki, Silvia Lia Handoyo, Dan Ahmad Ahmad. “Training Of Trainer Fasilitator Outbound Guna Menumbuhkan Basic Skills Generasi Muda.” Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian 2, No. 4 (2022): 1211–16.
Aulia, Syifa, Tati Meilani, Dan Zachrah Nabillah. “Strawberry Generation: Dilematis Keterampilan Mendidik Generasi Masa Kini.” Jurnal Pendidikan 31, No. 2 (2022): 237–44.
Budiyanti, Nurti, Asep Abdul Aziz, Andewi Suhartini, Nurwadjah Ahmad, Dan Ari Prayoga. “Konsep Manusia Ideal: Tinjauan Teologis Dan Pendidikan Islam.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 5, No. 2 (2020).
Choiroh, H, dan A I Marwantika. “TEACHER’S CORPORAL PUNISHMENT TO STUDENTS AS LEARNING COMMUNICATION AT MAMBAUL HISAN CHILDREN’S ISLAMIC BOARDING SCHOOL ….” QAULAN: Journal of Islamic …, 2021. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/qaulan/article/view/2840.
Evanirosa, Ma, Sh Christina Bagenda, Cpcle Mh, S Ag Hasnawati, Fauzana Annova, Khisna Azizah, S Sos, Mi Kom, S Ag Nursaeni, Dan M Pd Maisarah. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Media Sains Indonesia, 2022.
Fauzi, Fikriyah Iftinan, Dan Fatin Nadifa Tarigan. “Strawberry Generation: Keterampilan Orangtua Mendidik Generasi Z.” Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi 6, No. 1 (2023): 1–10.
Hadi, Abd. Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Cv. Pena Persada, 2021.
Hastini, Lasti Yossi, Rahmi Fahmi, Dan Hendra Lukito. “Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi Dapat Meningkatkan Literasi Manusia Pada Generasi Z Di Indonesia?” Jurnal Manajemen Informatika (Jamika) 10, No. 1 (2020): 12–28.
Humaida, Nida, Miftahul Aula Sa’adah, Huriyah Huriyah, Dan Najminnur Hasanatun Nida. “Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan (Sustainable Development Goals) Dalam Perspektif Islam.” Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 18, No. 1 (2020): 131–54.
Imam Malik. Kitab At Tamhid Lil Muwatho’. Vol. 24, T.T.
Irhamsyah, Fahmi. “Sustainable Development Goals (SDGs) Dan Dampaknya Bagi Ketahanan Nasional.” Jurnal Lemhannas Ri 7, No. 2 (2019): 45–54.
Marwantika, Asna Istya. “Potret dan Segmentasi Mad’u Dalam Perkembangan Media di Indonesia.” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan 14, no. 01 (2019): 1–14. https://doi.org/10.37680/adabiya.v14i01.100.
———. “TREN KAJIAN DAKWAH DIGITAL DI INDONESIA : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW.” Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era 1, no. 1 (2021): 249–65.
Marwantika, Asna, Galih Prabowo, and Ahmanda Fauzi. 2023. “Social Media Literacy Assistance to Ponorogo Instagram Admins As Citizen Journalism Activities”. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement 4 (2), 555 -69. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i2.2287.
Marwantika, Asna Istya. “Analisis Bibliometrik Tren Kajian Dakwah Pada Masa Pandemi COVID-19 di Indonesia.” Journal of Da’wah, 2022. http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/dakwah/article/view/1274.
Kasali, Rhenald. “Strawberry Generation, Anak-Anak Kita Berhak Keluar Dari Perangkap Yang Bisa Membuat Mereka Rapuh.” Bandung: Penerbit Mizan, 2017.
Khulaisie, Rusdiana Navlia. “Hakikat Kepribadian Muslim, Seri Pemahaman Jiwa Terhadap Konsep Insan Kamil.” Reflektika 11, No. 1 (2016): 39–57.
Kosasih, Desy Natalia, Dan Taufik Akbar Rizqi Yunanto. “Kajian Psychological Capital Pada Filosofi Hidup Suku Banjar ‘Waja Sampai Kaputing’ Pada Strawberry Generation.” Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial 6, No. 2 (2022): 403–14.
Maharani, Ariella Christ. “The Influence Of Excessive Use Of Social Media.” Indonesian Journal Of Social Sciences 13, No. 1 (2021): 11.
Mc Kinsey. “Addressing Gen Z Mental Health Challenges,” 2022. Https://Www.Mckinsey.Com/Industries/Healthcare/Our-Insights/Addressing-The-Unprecedented-Behavioral-Health-Challenges-Facing-Generation-Z.
Muallifah. The Miracle Of Asma’ul Husna: Menyingkap Rahasia Dan Kekuatan Menakjubkan Dari Nama-Nama Allah Yang Maha Sempurna. Jakarta: Griya Ilmu, 2016.
Muchlas, Farid Setiawan, Erik Tauvani Somae, Hendro Widodo, Ruslan Fariadi, Nurul Satria Abdi, Yazida Ichsan, Dkk. Dakwah Muhammadiyah Dalam Masyarakat Digital: Peluang Dan Tantangan Kado Muktamar Muhammadiyah #48 Dari Universitas Ahmad Dahlan. Uad Press, 2022.
Najmuddin, Eddy. “Respon Gerakan Islam Cinta Terhadap Ideologi Keagamaan Di Kalangan Generasi Milenial,” 2018.
Nurlaela, Luthfiyah. “General Education Untuk Pengembangan Karakter Mahasiswa Di Era Revolusi Industri 4.0,” 1:9–15, 2019.
Pamungkas, M. Imam. Akhlak Muslim Modern: Membangun Karakter Generasi Muda. Marja, 2023.
Rahayu, Dewi. “Strawberry Generation: Self Reward For Unimed Anthropology Students In Overcoming Stress Due To Coursework.” Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora 8, No. 1 (2023): 103–8.
Rahmawati, Destiana. Millennials And I-Generation Life. Laksana, 2018.
Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17, No. 33 (2019): 81–95.
Shihab, Muhammad Quraish. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an (Vol 4). Jakarta: Lentera Hati, 2002.
———. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an (Vol 6). Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Syukur, Yanuardi, Dan Tri Putranto. Muslim 4.0. Elex Media Komputindo, 2020.
Zuhdi, Moh. “Komunikasi Politik Di Era Virtual: Dinamika Komunikasi Dan Media Pasca Pemilu Serentak 2019,” 2020.
Published
2023-09-30
How to Cite
HAYATI, Zaida; MUFIDA, Syifa; SULISTYARINI, Angger. INTELIGENSIA GENERASI STROBERI: MEWUJUDKAN SDGs BERPRINSIP AL-MUSLIMU Al-QAWIYYU. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 419-436, sep. 2023. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/930>. Date accessed: 04 mar. 2024.