HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN AGRESIVITAS REMAJA USIA 13-18 TAHUN DI DUSUN III DESA SIWALAN KECAMATAN MLARAK KABUPATEN PONOROGO

  • Risma Erpiyani Lembaga Kajian Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Pramonorogo

Abstract

Kecenderungan meningkatnya agresivitas remaja di Dusun III Desa Siwalan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Agresivitas remaja yang semula hanya sindiran dan unggahan foto yang mengarah kepada tindakan-tindakan agresivitas, seperti berkata kasar, menghina secara langsung, mencubit, perkelahian dan lain sebagainya. Kasus agresivitas remaja tersebut merupakan bentuk dari agresi yang disebabkan karena kurangnya kontrol diri pada individu. Agresivitas merupakan stimulus individu yang memberikan respon yang tidak menyenangkan terhadap orang lain. Kontrol diri merupakan kemampuan individu untuk menentukan perilaku individu berdasarkan standar tertentu, seperti moral, nilai, dan aturan yang ada, agar mengarah kepada hal yang positif.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, yaitu: (1)Tingkat kontrol diri remaja usia 13-18 tahun di Dusun III Desa Siwalan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo, (2)Tingkat agresivitas remaja usia 13-18 tahun di Dusun III Desa Siwalan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo, (3) Hubungan kontrol diri dengan agresivitas remaja di Dusun III Desa Siwalan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menyebar angket dalam bentuk hard file dan melalui via telephone dan observasi, sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment.


Berdasarkan analisis data yang ditemukan terdapat:  (1) Tingkat kontrol diri remaja dalam kategori sedang dengan nilai persentase 82,5%, (2) Tingkat agresivitas remaja dalam kategori sedang nilai persentase 67,5%, (3) Tidak terdapat hubungan antara kontrol diri dengan agresivitas remaja usia 13-18 tahun di Dusun III Desa Siwalan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan menggunakan SPSS yaitu diketahui nilai7 dan nilai , sehingga Ha ditolak dan Ho diterima artinya tidak terdapat hubungan antara kontrol diri dengan agresivitas remaja usia 13-18 Tahun di Dusun III Desa Siwalan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo.

References

Arifin, Samsul, Bambang, 2015. Psikologi Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Avithaningrum, Dyansita, 2019. Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Agresivitas Pada Anggota Komunitas Motor di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta”. Skripsi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Boedijoewono, Noegroho, 2016. Pengantar Statistika Ekonomi Dan Bisnis, Jilid 1. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Duli, Nikolaus,2019. Metode Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penelitian Skripsi Data Dengan SPSS. Sleman: CV Budi Utama.

Ghazali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanurawan, Fattah, 2010. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Illahi, Uliya, dkk, 2018. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Agresivitas Remaja Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling”. Jurnal Riset Tindakan Universitas Negeri Padang, vol 3(2).

I. S., Aroma. & D. R., Suminar. “Hubungan Antara Tingkat Kontrol Diri Degan Kecaedasan Perilaku Kenakalan Remaja”. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, Vol 1(2).

Marsela, Dwi, Ramadona. Supriatna, Mamat, 2019. “Kontrol Diri: Definisi Dan Faktor”. Jurnal Of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS).
Mu’awamah, Elfie, 2012. Bimbingan Dan Konseling Islam: Memahami Fenomena Kenakalan Remaja Dan Upaya Pendekatan Dalam Konseling Islam. Yogyakarta: Teras.

Qomusuddin, Fatoni, Irvan, 2019. Statistika Pendidikan: Lengkap Dengan Aplikasi IBM SPSS Statistic 20.0. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Ramadhani, Herlambang, 2018. Dance Counseling. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Santoso, Singgih, 2010. Statistik Multivariate Konsep Dan Applikasi Dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Senta, Arif, Mohammad. Dan Kumala, Dewi, Intan, 2017. “Agresif Dan Kontrol Diri Pada Remaja”. Di Banda Aceh. Jurnal Sains Psikologi, 6(2).

Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sufren. Natanael, Yonatan, 2013. Mahir SPSS Secara Otodidak. Jakarta: Gramedia
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad, 2018. Bimbingan Dan Konseling Disekolah: Konsep, Teori Dan Applikasinya. Jakarta: Pranada Media Grub.
Thalib, Bachri, Syamsul, 2010. Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Psikologi. Jakarta: Kencana.

Ubaidillah, Atho’., M, 2017. “Hubungan Kontrol Diri Dengan Agresivitas Santri Baru Pondok Pesantren Ilmu Qur’an Singosari Malang”. Skripsi. Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Widyaningrum, Retno, 2009. Statistik. Ponorogo: STAIN Po Press.

W, S. Sarwono. & Menarno. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Published
2021-09-16
How to Cite
ERPIYANI, Risma. HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN AGRESIVITAS REMAJA USIA 13-18 TAHUN DI DUSUN III DESA SIWALAN KECAMATAN MLARAK KABUPATEN PONOROGO. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 497-507, sep. 2021. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/93>. Date accessed: 15 june 2024.