HISTORICAL CONTEXT DALAM ASBĀB AL-NUZŪL: Analisis Atas Pembacaan Inklusif Nurcholish Madjid

  • Deden Bagus Saputra Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstract

Asbāb al-nuzūl dipercaya oleh mayoritas ulama’ merupakan disiplin ilmu dari ‘ulūm al-Qur’ān yang dapat membantu penafsiran karena memuat historical context sehingga mampu menelusuri makna yang dikehendaki oleh al-Qur’ān, tetapi belakangan asbāb al-nuzūl dikategorikan sebagai ilmu yang problematis, bahkan oleh Syahrūr harus di-delete dari ‘ulūm al-Qur’ān. Terlepas dari kontroversinya, Nurcholish Madjid memandang penting ilmu ini. Jenis penelitian ini adalah kualitatif berdasar kepustakaan (library reseach) dengan pendekatan sejarah intelektual. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pandangan Nurcholish Madjid tentang urgensitas asbāb al-nuzūl sama seperti al-Suyūṭī, al-Wāhidī, Muḥammad ‘Imārah, M. Nur Kholish Setiawan, Naṣr Hamīd Abū Zayd, Fazlur Rahman, Marshall G.S. Hodgson, dan Ahmad Ven Deffer, dan berbeda dari pandangan Muḥammad Syahrūr. Aksuentuasi Nurcholish pada asbāb al-nuzūl terletak pada historical context, kesadaran akan konteks historis itu terekspresi pada kebijkan ‘Umar, sehingga Nurcholish menjadikan ‘Umar sebagai role model sahabat Nabi Muḥammad SAW yang memahami historical context ayat al-Qur’ān. Kesadaran historis ini diproyeksi dengan melakukan generalisasi dari makna immediate ke makna universal al-Qur’ān. Dengan tujuan untuk mendapatkan generalitas nilai dari sebuah kasus sehingga nilai tersebut tidak lagi bersifat kasuistik dan dapat diinternalisasikan untuk menjawab problematika manusia modern.

References

‘Imarah, Muḥammad. Al-Tafsīr al-Markisi Li al-Islām. Kairo: Dār al-Syuruq.
Al-Hasan ‘Alī ibn Ahmad ibn Muḥammad ibn ‘Alī al-Wāhidī al-Naisabūri, Ali. 1996. Asbāb Al-Nuzūl. Kairo: Dār al-Harām li al-Turath.
Al-Razzaq, Abd. 1987. Syarh Fushūsh al-Hikam li al-Syaykh Muhy al-Dīn ibn al-‘Arabī. Kairo: Muṣthafa al-Babi al-Halabi.
Al-Suyūṭī. 1998. Al-Tahbir Fī ‘Ilm Al-Tafsīr. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Al-Suyūṭī. 2000. Al-Itqān Fī ‘Ulūm Al-Qur’ān. Jilid 5. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Al-Suyūṭī. tt. Lubāb Al-Nuqul Fī Asbāb al-Nuzūl. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Al-Zarkasyi. 2001. Al-Burhān Fī ‘Ulūm Al-Qur’ān. Beirut: Dār al-Fikr.
Andini, NAF, Marwantika, AI.“PRINSIP PERNIKAHAN DALAM AL-QUR’AN DALAM KARYA SENI (Analisis Prinsip Pernikahan dalam Film Belok Kanan Barcelona) | JUSMA: Jurnal Studi Islam dan Masyarakat.” Diakses 30 September 2023. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jusma/article/view/651.
Azizah, Maftukhatul, dan Asna Istya Marwantika. “CITRA WANITA SHOLEHAH DALAM NOVEL AYAT-AYAT LANGIT: ANALISIS WACANA KRITIS SARA MILLS.” Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era 2, no. 1 (31 Oktober 2022): 532–46.
Elposito, John. 1994. Ancaman Islam, Mitos atau Realitas (terj). Jakarta: Mizan.
Fauzi Aseri, Akh, dkk. 2014. Kesinambungan Perubahan Dalam Pemikiran Kontemporer Tentang Asbāb al-nuzūl: Studi Pemikiran Muḥammad Syahrūr Dan Naṣr Hāmid Abū Zayd, Banjarmasin: IAIN Antasari Press.
Gaus, Ahmad. 2010. Api Islam Nurcholish Madjid: Jalan Hidup Seorang Visioner, Jakarta: Kompas.
Gottschalk, Louis, Understanding History: A Primer of Historical Method, trans. Nugroho Notosusanto, 4th ed. Jakarta: UI, 1985.
GS Hodgson, Marshall. 1974. The Venture of Islam. Chicago: The University of Chicago Press.
Hadi Ma’rifat, Muḥammad. 1416. Al-Tamhid Fī ‘Ālūm Al-Qur’ān. ttp: Muassasah al-Naṣr al-Islami.
Hamid Abū Zayd, Nasr. 1992. Naqd al-Khitāb al-Dīni. Kairo: Sina Li al-Naṣr.
Hamid Abū Zayd, Nasr. 2003. Teks, Otoritas, Kebenaran. terj. Sunarwoto Dema. Yogyakarta: LKiS.
Hāmid Abū Zayd, Naṣr. 2005. Mafhum al-Nāṣ: Dirāsah fi ‘Ulūm al-Qur’ān. Maroko: Dār al-Baydha’, al-Markaz al-Tsaqafi al-‘Arabi.
Hidayat, Komaruddin. 2004. Menafsirkan Kehendak Tuhan. Jakarta: Teraju.
Ibn ‘Utsman al-Sabt, Khalid. 1421. Qawa’id al-Tafsir: Jam’an wa Dirasatan. Mesir: Dar Ibn ‘Affan.
Idrus, Junaidi. 2004. Rekonstruksi Pemikiran Nurcholish Madjid. Yogyakarta: Longung Pustaka.
Jamaluddin Malik, Dedy, Idi Subandi Ibrahim. 1998. Zaman Baru Islam: Pemikiran dan Aksi Politik. Bandung: Zaman Wacana Mulia.
Kaelan, 2010. Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner, Yogyakarta: Paradigma.
Khalid Aris, Abdul. Penafsiran Nurcholish Madjid Atas Al-Qur’ān: Studi Analisis Surah Ali Imran Ayat 64. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Khalil al-Qattān, Manna’. 2005. Mabahits Fī ‘Ulūm Al-Qur’ān. terj. Aunur Rafiq El-Mazni. Jakarta: Pustaka al-Kaustar.
Kuntowijoyo, 1997. Pengantar Ilmu Sejarah, Yogyakarta: Bentang Budaya.
Kuntowijoyo, 2008. Penjelasan Sejarah (Historical Explanation), Yogyakarta: Tiara Wacana.
Madjid, Nurcholish. 1990. Gagasan dan Latar Belakang Perumusan NDP HMI dalam HMI Menjawab Tantangan Zaman. ed. Muchriji Fauzi dan Ade Komaruddin Mochaman. Jakarta: PT. Gunung Kulabu.
Madjid, Nurcholish. 2003. Islam Agama Kemanusiaan: Membangun Tradisi dan Visi Baru Islam Indonesia. Jakarta: Paramadina.
Madjid, Nurcholish. 2013. Islam, Kemodernan, dan Keindonesiaan. Bandung: Mizan.
Mu’in Salim, Abdul, 2010. Metodologi Ilmu Tafsir, Yogyakarta: Teras.
Munawwar Rahman, Budhy. 2008. Membaca Nurcholish Madjid. Jakarta: Lembaga Studi Agama dan Filsafat.
Nadrah, Siti. 1999. Wacana Keagamaan dan Politik Nurcholish Madjid. Jakarta: Rajawali Pers.
Nur Ichwan, Moch. 2003. Meretas Kesarjanaan al-Qur’ān: Teori Hermeneutika Naṣr Hamid Abū Zayd. Jakarta: Teraju.
Nur Kholis Setiawan, M. 2005. Al-Qur’ān Kitab Sastra Terbesar. Yogyakarta: ELSAQ.
Rahman, Fazlur. 1982. Islam and Modernity: Transformation og an Intellectual Tradition. Chicago: The University of Chicago Press.
Rahman, Fazlur. 1998. Islam and Modernity. Chicago dan London: The University of Chicago Press.
Rasjidi, M. 1972. Korelasi terhadap Drs. Nurcholish Madjid Tentang Sekularisasi. Jakarta: Bulan Bintang.
Sa’id Haidar, Hazim, 1420. ‘Ulūm al-Qur’ān Bayna al-Burhan Wa al-Itqan: Dirāsah Muqaranah, Madinah: Dar al-Zaman.
Saed, Abdullah. 2015. Al-Qur’ān Abad 21: Tafsir Kontekstual. terj. Ervan Nurtawab. Bandung: Mizan.
Sitompul, Agussalim. 1976. Sejarah Perjuangan HMI. Surabaya: Bina Ilmu.
Sugiono, 2008. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Syahrūr, Muḥammad. 2000. Nahw Ushul Jadidah li al-Fiqh al-Islami. Damaskus: Al-Ahali.
tt. Sha’a/Yaman: Maktabat Shan’a al-Atsariyyah.
1427. Makkah: Dar Ibn al-Jauzi.
1991. Beirut: Dār al-Jīl.
1998. Makkah: Universitas Umm al-Qurra’.
1999. Damaskus: Dār al-Syihab.
1999. Makkah: Mu’assasat al-Rayyan dan Dar al-Dzakha’ir.
2002. Cairo: Dār al-Basha’ir.
2003. Cairo: Dār al-Salām.
2003. Manhaj ‘Umar bin al-Khattab Fī al-Tasyri’: Dirāsah Mustau’ibah li Fiqh ‘Umar wa Tanzhimatih. terj. Masturi Ilham dengan judul Metodologi Ijtihad Umar bin al-Khattab. Jakarta: Khalifa.
2009. Shan’a/Yaman: Dar al-Atsar.
Wansbrough, John. 2004. Qur’anic Studies: Sources and Methods of Scriptural Interpretation. New York: Prometheus.
‘Imarah, Muḥammad. 1993. “Tahqīq” dalam al-A’mal al-Kamīlah. Muḥammad ‘Abduh. Kairo: Dār al-Syurūq.
Adnan Amal, Taufik, Samsu Rizal Panggabean. 2005. “A Contextual Approach to the Qur’an” dalam Approach To The Qur’an In Contemporary Indonesia, Abdullah Saeed ed. London: Oxford University Press.
Madjid, Nurcholish. 2020. “Konsep Asbāb al-nuzūl: Relevansinya Bagi Pandangan Historis Segi-Segi Tertentu Ajaran Keagamaan.” dalam Karya Lengkap Nurcholish Madjid: Keislaman, Keindonesiaan, dan Kemodernan. Budhy Rachman Munawwar (ed), Jakarta: Nurcholish Madjid Society (NCMS).
Rahman, Yusuf. 2000. “Awal Penafsiran al-Qur’ān dan Literatur Tafsir Abad Pertama Hijriyah”. Refleksi 2 (1).
Rippin, Andrew. 1988. “The Function of Asbāb al-nuzūl in Qur’anic Exegesis”. Bulletin of The School of Oriental and African Studies University of London, 51 (1).
Thohar Al-Abza, M. 2012. “Kritik Muḥammad Syahrūr Terhadap Asbāb Al-Nuzūl Dalam Penafsiran Al-Qur’an.” Jurnal QUHAS, 1 (1).
Zahroh, Fatiha, rohmah, fitri lailatul, udin, khair, AND marwantika, asna. " Revitalisasi Pembelajaran Al-Qur'an untuk Mengantisipasi Learning Loss di Desa Bekare Bungkal Ponorogo Pasca Pandemi" PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar [Online], Volume 2 Number 1 (28 December 2022)
http://nurcholishmadjid.org/
http:en.wikipedia.org/wiki/History_of_ideas, diakses 27 Mei 2023.
Published
2023-09-30
How to Cite
SAPUTRA, Deden Bagus. HISTORICAL CONTEXT DALAM ASBĀB AL-NUZŪL: Analisis Atas Pembacaan Inklusif Nurcholish Madjid. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 85-103, sep. 2023. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/923>. Date accessed: 22 dec. 2024.