DAKWAH ISLAM MELALUI MEDIA DIGITAL DAN KONVENSIONAL
Abstract
Salah satu yang menjadi pertanyaan penting bagi kaum muslim di zaman sekarang dengan semakin canggihnya teknologi informasi adalah terkait efektivitas metode dakwah Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dakwah Islam melalui media digital dan konvensional terhadap minat belajar agama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik stratified cluster random sampling. Uji hipotesis penelitian dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dakwah Islam melalui media konvensional dapat meningkatkan minat belajar agama lebih signifikan daripada dakwah Islam melalui media digital. Hal ini dikarenakan pada dakwah Islam melalui media konvensional terjadi interaksi dua arah secara langsung antara penceramah dan mahasiswa yang memungkinkan pemahaman materi menjadi lebih baik, sehingga minat belajar agama menjadi lebih meningkat.
Kata kunci: Dakwah, Media Digital, Media Konvensional, Minat Belajar Agama
References
Budiyono. Statistika untuk Penelitian Edisi Ke-2. Surakarta: UNS Press, 2016.
Hasan, Mohammad. Metodologi dan Pengembangan Ilmu Dakwah. Surabaya: Pena Salsabila, 2013.
Marwantika, A. (2021). Persuasive and Humanist Da’wa Message on the Gus Mus @s.kakung Instagram Account during the COVID-19 Pandemic. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 15(1), 71-82. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/komunika.v15i1.4522
Suhaebah, Nur. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar PKN pada Peserta Didik Di SMA Poliwali. Jurnal Pepatuddzu, Vol. 8 No.1 (2014), 62-80.
Suryawati, Indah. Jurnalistik Suatu Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.
Tambunan, Nurhamidah. Hubungan Interaksi Guru dan Siswa dengan Minat Belajar pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Al-Hasanah Medan. Medan: Skripsi UIN Medan, 2017.
Winkel, W.S. Psikologi Pengajaran, Cet 1. Yogyakarta: Sketsa, 2014.