STRATEGI TIM REDAKSI DISKOMINFO KABUPATEN PONOROGO DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BERITA

  • Roudlotul Husna Husna IAIN Ponorogo
  • Ahmad Choirul Rofiq Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin canggih menjadikan media massa sebagai alternatif yang memudahkan aktivitas seseorang dalam memperoleh informasi. Media massa dapat berperan sebagai institusi yang dapat membentuk opini publik. Oleh karena itu, dalam membuat berita, seseorang harus mengacu pada beberapa aspek agar maknanya dapat berkualitas tinggi dan tersampaikan kepada pembaca. Berita yang dihasilkan oleh tim redaksi Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Ponorogo digunakan sebagai sumber referensi informasi bagi media lain, sehingga diperlukan strategi khusus untuk meningkatkan kualitas produk beritanya. Oleh karena itu, rumusan masalah tesis ini adalah sebagai berikut. Pertama, bagaimana strategi yang digunakan oleh tim redaksi Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Ponorogo untuk meningkatkan kualitas berita? Kedua, apa hasil penerapan strategi tim redaksi Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Ponorogo dalam meningkatkan kualitas berita? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deduktif untuk menganalisis strategi yang dilakukan oleh tim redaksi Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Ponorogo dalam meningkatkan kualitas berita. Peneliti mendapatkan data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sebaliknya, hasil penelitian ini adalah menggunakan strategi berupa rapat redaksi, yang dilaksanakan seminggu sekali

References

A. Sunarto. A. Halim. Rr. Suhartanti. M. Choirul Arif, Manajemen Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren. 2005.
Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia. 2009.
Arifianiti, Andi Army. Strategi Tim Redaksi Program Warta Sulsel di TVRI dalam Meningkatkan Kualitas Pemberitaan. Skripsi. UIN Alauddin Makassar. 2016.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2011.
Birowo, Antonius. Metode Penelitian Komunikasi: Teori Aplikasi. Yogyakarta: Gintanyali. 2004.
Cahya S, Inung. Menulis Berita di Media Massa. Yogyakarta: Citra Aji Parama. 2012.
Cangare, Hafied. Perencanaan dan Srategi komunikasi. Jakarta: Rajawali Pres. 2017.
David, Fred R. Manajemen Strategi Konsep. Jakarta: Selemba Empat. 2004.
Ermanto. Menjadi Wartawan Handal & Profesional. Yogyakarta: Citra Pena. 2005.
Fachruddin, Andi. Dasar-Dasar Produksi Televisi: Produksi Berita Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter, dan Teknik Editing. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup. 2017.
Fathoni, Abdurrahmat. Metodologi Penelitian, dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta. 2006.
Hadi, Sumasno. “Pemeriksaan Keabsahan Data: Penelitian Kualitatif pada Skripsi.” Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid. 22, No. 1 (2006).
Hasan, Ali. Marketing Bank Syariah. Jakarta: Ghalia Indonesia. 2010.
Kartinawati, Erwin. “Analisis Berita TV Lokal”. Jurnal Komunikasi Massa Vol. 2, No. 1 (2015).
Kurniawan, Isratul. Strategi Surat Kabar Harian Riau Pos, dalam Meningkatkan Kualitas Isi Berita. Skripsi. UIN Sultsyarif Kasima Riau. 2010.
Mamik. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher. 2015.
Marwantika, Asna Istya. “Potret dan Segmentasi Mad’u Dalam Perkembangan Media di Indonesia.” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan 14, no. 01 (2019): 1–14. https://doi.org/10.37680/adabiya.v14i01.100.
Marwantika, Asna Istya, dan Nurwahyuni Nurwahyuni. “Independensi Beritatrends. Com dalam Pemberitaan Politik Lokal Jawa Timur.” Journal of Communication Studies 1, no. 01 (2021): 1–18.
Marwantika, Asna, Galih Prabowo, and Ahmanda Fauzi. 2023. “Social Media Literacy Assistance to Ponorogo Instagram Admins As Citizen Journalism Activities”. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement 4 (2), 555 -69. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i2.2287.
Marwantika, Asna Istya. “Analisis Bibliometrik Tren Kajian Dakwah Pada Masa Pandemi COVID-19 di Indonesia.” Journal of Da’wah, 2022. http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/dakwah/article/view/1274.
———. “TREN KAJIAN DAKWAH DIGITAL DI INDONESIA : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW.” Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era 1, no. 1 (2021): 249–65.
Mekarisce, Arnild Augina. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat.” Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol. 12, No.3 (2020).
Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif. terj. Tjetjep Rohendi. Jakarta: UI Press. 1992.
Moleong, Lexy J. Metode Peneltian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2014.
Morissa. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelolah Radio & Televisi. Jakarta: Kencana. 2009.
Mu’takif, Abdul. Wartawan Handal Diburu Media Massa. Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera. 2011.
Mukrimah, M. Strategi Tim Redaksi Program Lensa Manakarra di PT. Manakarra TV Sulawesi Barat Dalam Meningkatkan Kualitas Pemberitaan. Skripsi. UIN Alauddin Makassar. 2020.
Nugroho, Bekti dan Samsuri Pers Berkualitas, Masyarakat Cerdas. Jakarta Pusat: Dewan Pers, 2013.
Raihan, Alwi. Strategi Media Dalam Meningkatkan Kualitas Berita: Studi Terhadap Kompas Tv Jambi. Skripsi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. 2021.
Rosaliza, Mita. “Wawancara: Sebuah Interaksi Komunikasi dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Ilmu Budaya. Vol 11, No.2 (2015).
Semi, M. Atar. Teknik Penulisan Berita, Feature, dan Artikel. Bandung: Titian Sakti Ilmu. 2021.
Setiati, Eni. Ragam Jurnalistik Baru dalam Pemberitaan. Yogyakarta: C.V. Andi Offset. 2005.
Sobur, Alex. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotika, dan Analisis Framing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2006.
Soehartono, Irawan. Metode Penelitian Sosial: Satu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial Dan Ilmu Sosial Lainya. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2004.
Sugiyono. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2009.
Suhandang, Kustadi. Pengantar Jurnalistik: Seputar Organisasi, Produk, dan Kode Etik. Bandung: Nuansa Cendekia. 2016.Suryawati, Indah. Jurnalistik Suatu Pengantar: Teori dan Praktik. Bogor: Ghalia Indonesia. 2011.
Suryawati, Indah. Jurnalistik Suatu Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia. 2011.
Tampubolon, Manahan P. Manajemen Operasional. Jakarta: Ghalia Indonesia. 2004.
Teguh, Trianton. Jurnalistik Komprehensif. Yogyakrta: Penerbit Ombak. 2016.
Walujo, Djoko Adi. Pengendalian Kualitas. Surabaya: Scopindo. 2020
Wulandari, Risda. Strategi Desiminasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Kepada Masyarakat Kec.Milili Kab. Luwu Timur. Skripsi. UIN Alauddin Makassar. 2019.
Published
2023-09-30
How to Cite
HUSNA, Roudlotul Husna; ROFIQ, Ahmad Choirul. STRATEGI TIM REDAKSI DISKOMINFO KABUPATEN PONOROGO DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BERITA. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 207-218, sep. 2023. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/868>. Date accessed: 06 may 2024.