MEMBANGUN SIKAP REFLEKTIF DALAM LITERASI INFORMASI

  • Muh Tasrif IAIN Ponorogo

Abstract

Kenyataan bahwa hoaks sering viral di media sosial di Indonesia menunjukkan lemahnya sikap reflektif para pengguna informasi. Dalam konteks tersebut, peningkatan kemampuan reflektif para pengguna informasi di Indonesia yang mayoritas Muslim dengan pendekatan keagamaan menjadi urgen. Tulisan ini bertujuan untuk mengembangkan sikap-sikap yang lebih reflektif dalam berinteraksi dengan informasi berdasarkan perspektif al-Qur’an. Tulisan ini menggunakan pendekatan tafsir tematik-kontekstual. Kajian dimulai dengan analisis linguistik dan literer atas ayat-ayat al-Quran, dilanjutkan dengan analisis konteks sosio-historis untuk mendapatkan makna kontekstual maupun universalnya. Kajian ini menunjukkan bahwa sikap reflektif berkaitan dengan sikap dalam proses dan hasil penerimaan informasi. Dalam proses penerimaan informasi, dibutuhkan komitmen untuk mengerahkan segenap potensi lahir dan batin, serta komitmen untuk mendalami informasi secara utuh dan lengkap sesuai kemampuan yang dimiliki. Sementara itu, terhadap hasil informasi yang didapatkan, dibutuhkan komitmen untuk memanfaatkan informasi yang mengandung kebenaran atau sebaliknya mengabaikan informasi yang berisi kebohongan atau kemudaratan.

References

Ali, Abdullah Yusuf. Qur’an: Terjemahan Dan Tafsirnya. 3 vols. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1996.
Asfahânî, Al-Râghib al-. Mufradât Alfâzh Al-Qur’ân. Damaskus, Beirut: Dâr al-Qalam, al-Dâr al-Syâmîyah, 2009.
Dâmighânî, Al-Husayn bin Muhammad al-. Qâmûs Al-Qur’ân Aw Islâh al-Wujûh Wa al-Nazhâ’ir. Beirut: Dâr al-‘Ilm li al-Malâyîn, 1983.
“Definition of MISINFORMATION.” Accessed December 2, 2018. https://www.merriam-webster.com/dictionary/misinformation.
Departemen Agama RI. Al-Qur′an Dan Tafsirnya (Edisi Yang Disempurnakan). Vol. 5. 10 vols. Jakarta: Departemen Agama RI, 2008.
“Disinformation | Definition of Disinformation by Merriam-Webster.” Accessed December 2, 2018. https://www.merriam-webster.com/dictionary/disinformation.
Muchlis M. Hanafi. ASBÀBUN-NUZÙL: Kronologi Dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur’an. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Balitbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2015.
Nyrose, Eric. “Pursuing Wisdom: An Investigation of the Relationship Between Some Ancient Religious Concepts of Wisdom and Current Notions of Critical Thinking Within Information Literacy.” Journal of Religious & Theological Information 8, no. 3–4 (November 30, 2009): 128–44. https://doi.org/10.1080/10477840903523605.
Sa‘diy, ‘Abd al-Rahmân bin Nâsir al-. Taysîr Al-Karîm al-Rahmân Fî Tafsîr Kalâm al-Mannân. Riyad: Dâr al-Salâm, 2002.
Saeed, Abdullah. Reading the Qur’an in the Twenty-First Century: A Contextualist Approach. Routledge, 2014.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, Dan Keserasian al-Qur’an. Revisi. 15 vols. Tangerang: PT Lentera Hati, 2016.
Zuhayliy, Wahbah al-. Tafsir Al-Munir: Aqidah, Syariah, Manhaj. 15 vols. Jakarta: Gema Insani Press, 2014.
Published
2021-09-16
How to Cite
TASRIF, Muh. MEMBANGUN SIKAP REFLEKTIF DALAM LITERASI INFORMASI. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 40-65, sep. 2021. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/86>. Date accessed: 03 july 2024.