PENGARUH KEMAMPUAN IDENTIFIKASI PERILAKU BAIK BURUK DENGAN BENAR DALAM BERINTERAKSI UNTUK KEMAJUAN BUDAYA BERNEGARA MASA KINI

  • Erly Syarifurrizal IAIN Ponorogo

Abstract

Kehidupan bernegara suatu Negara dipengaruhi oleh budaya yang hidup. Interaksi komunikatif antara rakyat dengan pemerintahnya atau sebaliknya dapat mempengaruhi roda kepemerintahan. Pengaruh interaksi tersebut dapat diketahui melalui perilaku yang ditimbulkan baik dari rakyat atau pemerintah. Keberadaan teknologi digital saat ini mempermudah interaksi penggunanya. Nyatanya, kehadiran teknologi tersebut masih ada yang mempergunakannya dengan perilaku yang tidak dibenarkan secara sadar atau tidak. Sehingga wajar kegaduhan dalam proses interaksi sering terjadi dan dapat berpengaruh besar pada strabilitas bernegara. Oleh karena itu, perlu upaya pencegahan diantaranya dengan meningkatkan dan mengasah kemampuan melakukan identifikasi perilaku baik buruk dengan benar dalam berinteraksi.


 


Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana kemampuan identifikasi perilaku baik buruk dilakukan dengan benar dalam berinteraksi dan pengaruhnya terhadap kemajuan budaya bernegara masa kini. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan, dengan teknik pengumpulan data berupa telaah terhadap buku-buku, literasi berbasis internet dan sumber lainnya yang relevan dengan objek pembahasan dimaksud. Analisis data diolah secara deskriptif dengan pola pikir induktif.


 


Hasil penelitiannya adalah: a) kemampuan tersebut dapat menghantarkan pada situasi dan kondisi yang dapat menentukan kualitas dan memajukan budaya bernegara. Implikasinya berdampak pada usaha menjaga stabilitas bernegara dan membangun peradaban unggul dalam pergaulan dunia. b) Pengaruhnya adalah mampu menghindarkan konsekuensi negative yang ditimbulkan dari teknologi digital. Sedangkan sumbangsihnya merupakan langkah antisipasi dalam menanggulangi perilaku yang tidak dibenarkan yang menghambat proses terwujudnya kemajuan budaya bernegara yang baik dan sehat. Maka dari itu, penting bagi seseorang memiliki kemampuan ini dengan pemahaman yang baik dan benar dalam berinteraksi. Hal ini bertujuan semata-mata untuk mewujudkan kehidupan budaya bernegara yang berkualitas dan maju.


 


Kata kunci : identifikasi, perilaku baik buruk, interaksi, budaya bernegara.

References

Asmaran. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1994.
Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Budyatna, Muhammad., Ganiem, Leila Mona. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencara, 2011.
Bungin, Burhan. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana, 2009.
Chaplin, J.P. Kamus Lengkap Psikologi. terj. Kartini Kartono. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
Depdiknas. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Fahyuni, Eni Fariyatul., Istikomah. Psikologi Belajar dan Mengajar. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016.
Hardjana, Agus M. Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius, 2003.
Jahja, Yudrik. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenamadia Group, 2013.
Notoatmodjo. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Reneka Cipta, 2003.
Nusyriwan, E. Jusuf. Interaksi Sosial dalam Ensiklopedia Nasional Indonesia. Jakarta: PT. CIpta Adi Pustaka, 1989.
Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Remaja Karya, 1990.
Putri, Kinkin Yuliaty Subarsa. Teori Komunikasi. Jakarta: Graha Pena Jakarta, 2007.
Ranjabar, Jacobus. Sistem Sosial Budaya Indonesia: Suatu Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia, 2006.
Soehardi, Sigit. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: BPFE UST, 2003.
Soekanto, Soerjono. Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1990.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Svalastoga, Kaare. Diferensiasi Sosial. terj. Alimandan SU. Jakarta: Bina Aksara, 1989.
Wawan, A., Dewi, M. Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia (Yogyakarta: Nuha Medika, 2010.
Wibowo, Mungin Eddy. Profesi Konselling Abad 21. Semarang: Unnes Press, 2018.
Sumarto, Budaya, Pemahaman Dan Penerapanya “Aspek System Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Kesenian Dan Teknologi, Jurnal Literasiologi, vol. 1 no. 2 Juli-Desember 2019. (Online). https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index. php/literasiologi/article/download/49/63, diakses 2 juni 2021.
Wikipedia. Identifikasi. (Online). https://id.wikipedia.org/wiki/Identifikasi diakses 3 Juni 2021.
Wikipedia. Media Sosial. (Online). https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial diakses 28 Mei 2021.
Rohayuningsih, Heri. Dan Handoyo, Eko. Berpikir Kreatif Dalam Pengambilan Keputusan. Jurnal Forum Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang vol. 42 1 juni 2015. (Online). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/FIS/article/view/ 9248. diakses 2 Juni 2021.
Mutiawati, Cut. 22 september 2016. Materi Pengenalan Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Oleh Rector Universitas Malahayati Bandar Lampung. (Online). http://malahayati.ac.id/?p=34912 diakses 2 juni 2021.
https://kesbangpollinmas.klungkungkab.go.id/2017/06/22/kesadaran-berbangsa-dan-bernegara/ diakses 2 Juni 2021.
Published
2021-09-16
How to Cite
SYARIFURRIZAL, Erly. PENGARUH KEMAMPUAN IDENTIFIKASI PERILAKU BAIK BURUK DENGAN BENAR DALAM BERINTERAKSI UNTUK KEMAJUAN BUDAYA BERNEGARA MASA KINI. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 426-448, sep. 2021. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/76>. Date accessed: 15 june 2024.