LAYANAN BIMBINGAN ROHANI ISLAM BAGI PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM MUSLIMAT PONOROGO

  • Siti Frebdiana Kinira Lembaga Kajian Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Pramonorogo

Abstract

Secara alamiah, manusia pasti pernah merasakan sakit. Tidak ada manusia yang menginginkan sakit terjadi kepad dirinya apalagi harus di rawat di rumah sakit. Kondisi seseorang yang dirawat di rumah sakit pasti akan mengalami kegoncangan mental, seperti takut, cemas, sensitif, bahkan stress. Maka perlu adanya suatu bantuan agar orang tersebut mampu mengelola dirinya. Oleh karena itu rumah sakit perlu untuk memperhatikan, bukan hanya dari segi kesehatan fisik pasien saja, namun juga kesehatan mental dan spiritual pasien yang dirawat. Sehingga munculah suatu layanan untuk membantu pasien dari segi mental dan spiritual, yakni berupa layanan bimbingan rohani bagi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yakni untuk mengetahui bentuk layanan bimbingan rohani Islam, untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan rohani Islam, serta untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan bimbingan rohani Islam di RSU Muslimat Ponorogo. Untuk melakukan penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk layanan bimbingan rohani di RSU Muslimat memiliki beberapa bentuk yakni pemberian motivasi, pemanjatan do’a, bimbingan bagi pasien sakaratul maut, serta pemulasaran jenazah bagi pasien dengan status positif covid-19. Sedangkan pelaksanaan bimbingannya juga harus memenuhi tiga langkah besar yakni tahap pra bimbingan, tahap proses bimbingan, dan tahap post bimbingan. Dalam melakukan bimbingan, tim bimroh mengalami beberapa kendala diantaranya terbatasnya SDM yang profesional, aktivitas lain yang dilakukan pasien saat akan dilakukan bimbingan, fasilitas yang terbatas, letak struktur dan karir, serta belum adanya kerjasama dengan lembaga yang fokus pada bimbingan rohani.


Kata Kunci: Bimbingan Rohani Islam, Pasien, Rumah Sakit

References

Alawiyah, Tuti. “Metode Pelayanan Bimbingan Rohani Islam Rumah Sakit Bagi PPL Mahasiswa Jurusan BKI (Bimbingan Konseling Islam).” Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 2016.
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak Publisher, 2018.
Arifin, Isep Zainal. “Bimbingan Dan Konseling Islam Untuk Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit.” Jurnal Ilmu Dakwah 6, no. 1 (2012).
———. Bimbingan Dan Perawatan Rohani Islam Di Rumah Sakit. Bandung: Fokusmedia, 2017.
Aryanto, Ihsan. “Pelaksanaan Bimbingan Perawatan Islam (Warois) Untuk Memenuhi Kebutuhan Spiritual Pasien.” Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam 5, no. 3 (2017).
Batubara, Fadlan Kamali. Metodologi Studi Islam. Sleman: Deepublish Publiser, 2019.
Company Profile Rumah Sakit Umum Muslimat Ponorogo
Imam An-Nawawi. Al-Adzkar. Damaskus: Darul Mallah, 1971.
Marisah. “Urgensi Bimbingan Rohani Islam Bagi Pasien Rawat Inap.” JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling) 2, no. 2 (2018).
Masdudi. Bimbingan Dan Konseling Perspektif Sekolah. Cirebon: Nurjati Press, 2015.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya, 2007.
Naan & Ahmad Izan. Bimbingan Rohani Islam Sentuhan Kedamaian Dalam Sakit. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2019.
Poerwandari, Kristi. Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia. Depok: LPSP3, 2013.
Sahide, Muhammad Ali K. Buku Ajar Metodologi Penelitian Sosial: Keahlian Minimum Untuk Teknik Penulisan Ilmiah. Makassar: Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin, 2019.
Sandu Siyoto dan M. Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
Susanto, Ahmad. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah (Konsep, Teori, Dan Aplikasinya). Prenada Media Group, 2018.
Susilo dan Gudnanto. Pemahaman Individu. Jakarta: Kencana, 2013.
Rukaya. Aku Bimbingan Dan Konseling. Bogor: GuePedia, 2019.
Published
2021-09-16
How to Cite
KINIRA, Siti Frebdiana. LAYANAN BIMBINGAN ROHANI ISLAM BAGI PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM MUSLIMAT PONOROGO. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 449-456, sep. 2021. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/70>. Date accessed: 19 apr. 2024.