PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE MAHASISWA DI MASA PANDEMI

  • Andhita Risko Faristiana IAIN Ponorogo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif dan faktor-faktor yang mempengaruhi belanja online mahasiswa pada saat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian merupakan mahasiswa Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo angkatan 2018. Pemilihan informan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa alasan perilaku konsumtif adalah sebagai berikut: mahasiswa berbelanja untuk menjaga penampilan agar tidak ketinggalan zaman atau ingin mengikuti fashion kekinian (fashionable), mahasiswa berbelanja karena tergiur dengan diskon yang sudah ditawarkan oleh market place. Faktor-faktor yang mempengaruhi belanja online berasal dari internal dan eksternal. Faktor internalnya yaitu; untuk memenuhi kebutuhan hidup, pandangan mahasiswa mengenai belanja online lebih murah dan juga efisien daripada offline, mahasiswa memiliki waktu luang yang lebih disaat pandemi.

References

Adlin, Alfathri. Resistensi Gaya Hidup: Teori dan Realitas. Yogyakarta: Jalasutra, 2015.
Amalia, Rizqi Jauharatul. “Analisis Perilaku Konsumtif Dan Daya Beli Konsumen Terhadap Belanja Online Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam 4, no. 1 (30 Juni 2022): 1–16. https://doi.org/10.24239/jiebi.v4i1.87.1-16.
Ayun, Primada Qurrota, ed. Cyberspace and Culture: Melihat Dinamika Budaya Konsumerisme, Gaya Hidup, dan Identitas dalam Dunia Cyber. Cetakan pertama. Yogyakarta: Buku Litera, 2014.
Baudrillard, Jean, Wahyunto, dan George Ritzer. Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2011.
Chaney, David. Lifestyles: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra, 2017.
Chow, Jason. “Belanja Online, eCommerce, dan Statistik Internet (2022).” WHSR, 5 Oktober 2020. https://www.webhostingsecretrevealed.net/id/blog/ecommerce/online-shopping-ecommerce-and-internet-statistics-2020-you-should-know/.
Cristanti, Indah Lely, Dwi Iga Luhsasi, dan Destri Sambara Sitorus. “Pandemi Covid-19: Pengaruh Perilaku Konsumtif Dan Mental Accounting Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa FKIP UKSW.” Jurnal Akuntansi Dan Pajak 22, no. 1 (12 Juli 2021): 121–28. https://doi.org/10.29040/jap.v22i1.2690.
Databoks. “Penggunaan E-Commerce Indonesia Tertinggi Di Dunia,” 6 April 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia.
Islamia, Intan, dan Muhammad Pedy Purnama. “Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Psikologi Malahayati 4, no. 1 (13 Maret 2022). https://doi.org/10.33024/jpm.v4i1.6026.
Juniar, Andi Maghfirah, dan Jusrianti Jusrianti. “Belanja Online Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Ibu-Ibu Rumah Tangga Di Kota Makassar.” Emik 4, no. 1 (30 Juni 2021): 37–51. https://doi.org/10.46918/emik.v4i1.850.
Kim, Dan J., Donald L. Ferrin, dan H. Raghav Rao. “A Trust-Based Consumer Decision-Making Model in Electronic Commerce: The Role of Trust, Perceived Risk, and Their Antecedents.” Decision Support Systems 44, no. 2 (Januari 2008): 544–64. https://doi.org/10.1016/j.dss.2007.07.001.
Marwantika, A I. “Persuasive and Humanist Da’wa Message on the Gus Mus’@ s. Kakung Instagram Account during the COVID-19 Pandemic.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan …, 2021. http://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/komunika/article/download/4522/2402.
Marwantika, Asna Istya. “Analisis Bibliometrik Tren Kajian Dakwah Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Indonesia.” Journal of Da’wah, 2022.
Marwantika, Asna. 2019. “Potret Dan Segmentasi Mad’u Dalam Perkembangan Media Di Indonesia”. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan 14 (01), 1-14. https://doi.org/10.37680/adabiya.v14i01.100.
Media, Kompas Cyber. “UPDATE 26 Mei: Tambah 5.034, Total Kasus Covid-19 di Indonesia 1.791.221.” KOMPAS.com, 26 Mei 2021. https://nasional.kompas.com/read/2021/05/26/17002921/update-26-mei-tambah-5034-total-kasus-covid-19-di-indonesia-1791221.
Putri, Eskasari, Arista Eka Pramudita, dan Ashar Mukhammad Akbar. “Financial Behaviour dan E- Money Pada Perilaku Hedonisme di Era Pandemi Covid-19.” Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi 11, no. 1 (21 April 2022): 66–72. https://doi.org/10.35906/equili.v11i1.989.
Rahmawati, Velia Eka, dan Jun Surjanti. “Analisis Faktor Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Produk Fashion Saat Pandemi Pada Mahasiswa.” JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 4, no. 2 (12 Juli 2021): 11–18. https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i2.21122.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Published
2022-10-28
How to Cite
FARISTIANA, Andhita Risko. PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE MAHASISWA DI MASA PANDEMI. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 519-531, oct. 2022. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/690>. Date accessed: 20 apr. 2024.