KOMUNIKASI PEMASARAN VISUAL SURATKABAR MELALUI INSTAGRAM

  • Dony Rano Virdaus IAIN Ponorogo

Abstract

Instagram adalah media sosial baru yang kini mulai banyak digunakan oleh berbagai kalangan dalam kegiatan marketing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis semiotika visual sosial yang ditampilkan dalam pemasaran Suratkabar Suratkabar Jawapos Radar Madiun. Peneliti menganalisis secara semiotik 12 pesan visual yang telah didokumentasikan sejak Juni sampai Juli 2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi semiotika visual sosial dengan pendekatan kualitatif. Hasil yang diperoleh yaitu : representasi yang ditampilkan menampilkan tema keceriaan dengan menyajian suasana suratkabar yang aktual; Interaksi dilakukan melalui foto yang medium shot dan dukungan pesan tekstual (call to action, call to think dan call to answer);dan komposisi yang diterapkan adalah dengan menggunakan warna biru dan menjadikan foto dan logo media sebagai komponen minimal.


 

References

Ahern, Steve. 2000. Making Radio : A Practical Guide To Working In Radio. New South
Wales : Australian Film Televisian and Radio School. Harrison, Claire. 2003. Visual Social Semiotics : Understanding How Still Images MakeMeaning. Journal of Technical Communication, Volume 50, Number 1, February 2003.
Jenkins, Henry. 2006. Convergence Culture : Where Old and New Media Collide. New York and London : New York University Press.
Kahle, Lynn R. dan Kim, Chung-Hyun. 2006. Creating Images and the Psycholkogy of Marketing Communication. New Jersey : Lawrence Erlbaum Associates
Kimmel, Allan J. 2005. Marketing Communication : New Approaches, Technologies, and Styles. New York : Oxford University Express.
Kress, Gunther dan Leeuwen, Theo Van. 2006. Reading Images : The Grammar of Visual Design. USA and Canada : Routledge.
Leeuwen, Theo Van dan Jewitt, Carey. 2004. The Handbook of Visual Analisis-Visual Meaning : a Social Semiotic Approach. Sage Research Methods.
Leeuwen, Theo Van. 2005. Introducing Social Semiotics. London and New York : Routledge.
Oswald, Laura R. 2012. Marketing Semiotics : Signs, Strategies, and Brand Value. New York : Oxford University Press.
Marwantika, Asna Istya, and Nurwahyuni. “Independensi Beritatrends.Com Dalam Pemberitaan Politik Lokal Jawa Timur.” Journal of Communication Studies 1, no. 01 (January 30, 2021): 1–18. https://doi.org/10.37680/JCS.V1I01.691.
Rachmiatie, Atie. 2016. "Membangun Kecerdasan Informasi Dalam Peneguhan Karakter Bangsa" dalam Jurnal Komunikasi Vol. 01 (02), pp. 114-121.
Romli, Asep Samsul M. 2010. Broadcast Journalism : Panduan Menjadi Penyiar, Reporter dan Scriptwriter. Bandung : Nuansa Cendekia
Singh, Shiv. 2010. Social Media Marketing For Dummies. Ontario : John Wiley & Sons Canada, Ltd.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfaveta.
Timacheff, Serge & Rand, Douglas E. From Bricks To Clicks. 2001. New York : McGraw-Hill.
Turow, Joseph. 2014. Media Today : Mass Communication In A Converging World, 5 th Edition. New York : Routledge.
Published
2022-09-25
How to Cite
VIRDAUS, Dony Rano. KOMUNIKASI PEMASARAN VISUAL SURATKABAR MELALUI INSTAGRAM. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 355-363, sep. 2022. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/678>. Date accessed: 25 apr. 2024.