PENINGKATAN SOCIAL AWARENESS MAHASISWA BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM IAIN PONOROGO MELALUI KOMUNITAS NGAJI PRAMONOROGO

  • Primalengga Lady Sahara Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Muhammad Rozi Indrafuddin

Abstract

Kepekaan sosial (kesadaran sosial) dapat diartikan sebagai tindakan seseorang untuk merespon dengan cepat dan tepat terhadap objek atau situasi sosial yang ada di lingkungan sekitarnya. Di era modern ini, sensitivitas sosial individu rendah. Para peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam tentang kesadaran sosial di antara mahasiswa Bimbingan Konseling Islam di IAIN Ponorogo. Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) bagaimana kondisi kesadaran sosial mahasiswa Bimbingan Konseling Islam di IAIN Ponorogo dan (2) bagaimana peran Komunitas Ngaji Pramonorogo terhadap kesadaran sosial mahasiswa Bimbingan Konseling Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan desciptive qualitative. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data teknis menggunakan pengurangan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, penentuan lima informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi kesadaran sosial mahasiswa Bimbingan Konseling Islam di IAIN Ponorogo relatif rendah, seperti mahasiswa yang malas mengikuti kegiatan penting di kampus karena sibuk dengan minat pribadi, sehingga mengabaikan kewajibannya sebagai mahasiswa dan tidak peduli dengan lingkungannya. Peran Komunitas Ngaji Pramonorogo dalam kesadaran sosial mahasiswa Bimbingan Konseling Islam adalah untuk menambah wawasan, khususnya mengenai kesadaran sosial bagi mahasiswa, solidaritas yang tinggi, interaksi sosial yang lebih baik, empati, menjadi pribadi yang lebih baik dan ikatan persaudaraan.

References

Basyar, Ahmad Azhar. Asas-Asas Hukum Muamalat,. Yogyakarta: UII Press, 2000.
Baron, R.A. dan Byrne, D. Psikologi sosial. Edisi Kesepuluh: Jilid 2. Jakarta: Erlangga, 2005.
Habib, Cahyono. Peran Mahasiswa di Masyarakat. Kuliah Pengabdian Masyarakat. November, 2019.
Desyana. Solidaritas Sosial Antar Pedagang Buah Di Pasar Segiri Samarinda. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Irukawa, Elisa. 4 Perspektif Pengertian Mahasiswa yang Wajib Kamu Tahu. 2020. https://penerbitbukudeepublish.com/pengertian-mahasiswa/, diakses November 2021.
Rohima, Emma. Upaya Meningkatkan Kepekaan Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Di Man Pematang Bandar. Medan: UIN Sumatera Utara, 2017.
Erniwati. Konsep Kesadaran Sosial Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser. Vol. 3, No. 2. Universitas Muhammadiyah Luwuk, 2019.
H. S. Kartoredjo, Kamus Baru Kontemporer. Bandung: Rosdakarya, 2014.
Poedjajani, M. Noor. Resensi Terhadap Homopobhia. Skripsi. Yogyakarta: UGM, 2005.
Tondok, Marselius Sampe. Melatih Kepekaan Sosial. Anak Harian Surabaya Post, Tanggal 2 September 2012.
Putri, Merry Ayu. Peran Komunitas Jalan-Jalan Edukasi Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Panti Asuhan Di Kecamatan Way Halim Bandar Lampung. Lampung: UIN RIL, 2018.
Ngainun. Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa.. Ar-Rush Medi: Yogyakarta, 2012.
Prasetyo, Jadilah Intelektual Progresif, 2007.
Setiawan, F. Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan KerjaTerhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Berkat Anugrah. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Universitas Udayana, 2014.
Soerjono, Soekanto. Sosiologi Suatu pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.
Soerjono, Soekanto. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1990.
Soenarno. Sosiologi. Jakarta: Bina Insan Cita, 2002.
Sukirman, Silvia. Tuntunan Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Pelangi Cendekia, 2004.
Taufik. EMPATI Pendekatan Psikologi Sosial (Edisi 1). Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Welianto. Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Cirinya, 2020. https://www.kompas.com/skola/read/2020/07/07/123000469/manusia-sebagai-makhluk-sosial-dan-cirinya diakses November 2021
Widiyanti. Psikologi dalam Perusahsaan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.
Published
2022-09-25
How to Cite
SAHARA, Primalengga Lady; INDRAFUDDIN, Muhammad Rozi. PENINGKATAN SOCIAL AWARENESS MAHASISWA BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM IAIN PONOROGO MELALUI KOMUNITAS NGAJI PRAMONOROGO. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 417-428, sep. 2022. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/676>. Date accessed: 25 apr. 2024.