HADITS NABI TENTANG KONSUMSI: ANALISIS KORELASI HADITS DENGAN PERILAKU KONSUMEN DI ERA DIGITAL

  • Irma Rumtianing Uswatul Hanifah Jurusan IAT IAIN Ponorogo

Abstract

Dalam Islam tujuan konsumsi bukan semata-mata memenuhi kepuasan terhadap barang (utilitas), namun yang lebih utama adalah sarana untuk mencapai kepuasan sejati yaitu kepuasan di akhirat. Kepuasan tidak saja dikaitkan dengan kebendaan tetapi juga dengan rohaniah, bahkan kepuasan terhadap konsumsi suatu benda jika kepuasan tersebut bertentangan dengan roh-roh Islam, maka kepuasan ini harus ditinggalkan. Oleh karena itu, konsumen rasional dalam ekonomi Islam ialah konsumen yang dapat memandu perilakunya supaya dapat mencapai kepuasan maksimum sesuai dengan norma-norma Islam. Kepuasan atau kesejahteraan di akhirat merupakan alternatif utama yang harus menjadi perhatian setiap individu. Konsumen akan menggunakan pendapatannya bukan hanya untuk kesenangan sesaat, melainkan untuk kesenangan yang tidak tampak yang akan dinikmati di akhirat kelak. Oleh karena itu, pendapatan yang ada tidak semua dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan duniawi, namun juga disisihkan untuk keperluan akhirat melalui pemberian infak maupun sedekah kepada orang lain yang membutuhkan. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskrisikan korelasi hadits Nabi SAW tentang konsumsi dengan perilaku konsumen di era digital, dimana banyak kemudahan yang ditawarkan dari kegiatan ini, sehingga memungkinkan konsumen melupakan apa yang pernah diajarkan oleh Nabi SAW dalam berkonsumsi .

References

Ahmad bin Abdullah Asy- Syaibani, Musnad Ahmad bin Hanbal, juz V (Kairo: Muasshasah, T, th)
Amir Syaifuddin, Ushul Fiqh Jilid 2, Cet. V, (Jakarta: Kencana Prenada Gorup, 2011)
Asy Syatibi Al MUwafaqat, Jilid III (Saudi Arabia: Dar Ibn Affan,1997)
Baca selengkapnya di artikel "Hidup Ikhlas dan Sederhana Menurut Islam: Pengertian serta Maknanya", https://tirto.id/gbAt.
Case, K.E. & R.C. Fair. Prinsip-prinsip Ekonomi (Wibi Hardani & Devri Barnadi, Ed.) (Jilid 1 Edisi 8). (Jakarta: Erlangga, 2007)
Erlita Ridanasti, Perilaku Konsumen 4.0; Konsep dan Transformasi (Yogyakarta; Stel Kendo Kreatif, 2020)
Harahap, Isnaini dkk, Hadits-Hadits Ekonomi, Edisi Pertama (Jakarta: Kencana, 2015)
M.M., Metwally, Teori dan Model Ekonomi Islam, (Jakarta: Bangkit Daya Insana, 1995)
Machasin. Islam Teologi Aplikatif, Cet. Ke-1. (Yogyakarta: Pustaka Alief. 2003)
Maktabah Syamilah, dalam kitab Musnad Imam Ahmad bin Hanbal, kitab sisa musnad sahabat Anshar, bab hadits Ummu Salamah r.a, hadits nomor 25381
Maktabah Syamilah, dalam kitab Musnad Imam Ahmad bin Hanbal, kitab sisa musnad sahabat Anshar, bab hadits Ummu Salamah r.a, hadits nomor 25381
Maktabah Syamilah, kitab Sunan Ibnu Majah dalam kitab makanan, bab sederhana dalam hal makan dan tidak berlebihan, hadits nomor 3340
Maktabah Syamilah,dalam kitab Shahih Muslim, Kitab Zakat, bab Tangan diatas lebih baik dari tangan dibawah, hadits nomor 1715.
Malhotra, N.K. Marketing Research: An Applied Orientation (Sixth Edition). (New Jersey: Pearson Prentice Hall, 2010)
Miller, R. LeRoy. & A.D. Stafford. Economic Education for Consumers (4e). (USA: South-Western Cengage Learning, 2010)
Miranda Sofia, “Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau,” Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan mu Politik Universitas Riau, No. 1, (2017).
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam, Ekonomi Islam, Cet. IV (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012)
Septiana, Aldila. Pengaruh Economics Literacy terhadap Perilaku Konsumsi yang Dimediasi oleh Nilai-Nilai Budaya Lokal dan Promosi pada Siswa SMA Negeri Se Kota Pamekasan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs-UM. 2013)
Soeharno, Teori Ekonomi Mikro. (Yogyakarta: Penerbit Andi, 2009)
Suprapti, Ni W.S. Perilaku Konsumen: Pemahaman Dasar dan Aplikasinya dalam Strategi Pemasaran. (Denpasar-Bali: Udayana University Press, 2010.)
Wibowo Bambang Setio, “Pengaruh Instagram Online Store, Konformitas dan Iklan Televisi Terhadap Perilaku Konsumtif serta dampaknya terhadap gaya hidup hedonis mahasiswa,” Bisnis Teori Dan Implementasi, 1 (Februari 2020).
Yusuf Qordhowi, Norma dan etika Ekonomi Islam, (Jakarta: Gema Insani Press, 1997)
Published
2022-09-24
How to Cite
USWATUL HANIFAH, Irma Rumtianing. HADITS NABI TENTANG KONSUMSI: ANALISIS KORELASI HADITS DENGAN PERILAKU KONSUMEN DI ERA DIGITAL. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 54-73, sep. 2022. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/674>. Date accessed: 24 apr. 2024.