EFEKTIVITAS DAKWAH MELALUI YOUTUBE DAN SPOTIFY

  • Rengga Mahendra IAIN Ponorogo

Abstract

Salah satu yang menjadi kunci kesuksesan dalam penyiaran agama Islam di era digital pasca pandemi adalah efektivitas media dakwah Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dakwah Islam melalui Youtube dan Spotify terhadap minat belajar agama. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo semester 2 Tahun Akademik 2021/2022. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Uji hipotesis penelitian dianalisis menggunakan Uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah Islam melalui Youtube dapat meningkatkan minat belajar agama lebih signifikan daripada dakwah Islam melalui Spotify. Hal ini dikarenakan pada dakwah Islam melalui Youtube, mahasiswa tidak hanya dapat mendengarkan materi dakwahnya tetapi juga bisa melihat secara visual keadaan pendakwahnya. Selain itu pada dakwah Islam melalui Youtube, mahasiswa juga dapat melakukan interaksi dua arah dengan pendakwah melalui kolom komentar yang memungkinkan pemahaman materi menjadi lebih baik, sehingga minat belajar agama menjadi lebih meningkat.

References

A’raaf K, at el, “Pengaruh Aplikasi Youtube Sebagai Media Dakwah di Era Pandemi Covid-19,” APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, vol. 21, no. 2 (2021): 173 – 180, https://doi.org/10.14421/aplikasia.v21i2.2627.
Ariastusi B. A., “Hubungan Interaksi Edukatif dengan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV, V, VI Di SD Muhammadiyah Polanharjo Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020,” Jenius: Jurnal of Education Policy and Elementary Education Issues, vol. 1, no.1 (2020): 1 – 6, https://doi.org/10.22515/jenius.v1i1.3030.
Budiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan. (Surakarta: UNS Press, 2003).
Budiyono, Pengantar Penilaian Hasil Belajar. (Surakarta: UNS Press, 2015b).
Budiyono, Statistika untuk Penelitian Edisi Ke-2. (Surakarta: UNS Press, 2016).
CNBC Indonesia, “Data Terbaru! Berapa Pengguna Internet Indonesia?“, 2022, https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220609153306-37-345740/data-terbaru-berapa-pengguna-internet-indonesia-2022#:~:text=Pertumbuhan%20ini%20sangat%20fantastis%2C%20sebelum,juta%20pengguna%20internet%20di%20Indonesia.
Databoks, “Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022”, 2022, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022.
Hamzah, Syarief, and Mustikadara, “Pengaruh Tampilan Visual terhadap Motivasi Belajar Berdasarkan Kategori Website E-learning,” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, (2012)
Marwantika, Asna Istya. “Potret Dan Segmentasi Mad’u Dalam Perkembangan Media Di Indonesia.” Jurnal Al-Adabiya. Vol. 14, August 29, 2019. https://doi.org/10.37680/ADABIYA.V14I01.100.
———. “The Rise of New Santri on Instagram@ Santridesign: Community Branding and Mainstreaming of Moderate Da’wah.” Jurnal Kopis: Kajian Penelitian Dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam 5, no. 1 (2022): 14–26.
Marwantika, Asna Istya, and Evi Novitasari. “Da’i Akademisi Dalam Kontestasi Dakwah Digital : Analisis Media Siber Channel Youtube Transformasi Iswahyudi.” AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 8, no. 1 (June 30, 2021): 90. https://doi.org/10.21043/AT-TABSYIR.V8I1.9364.
Rahmi and Alfurqon, “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, vol. 9, no. 3 (2021): 580 – 589,
https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2671.
Rohmah and Aziz, “Hubungan Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MA Al Hidayah Ibun,” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, vol. 1, no. 1 (2021): 7 – 14,
https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i1.36.
Suara.com, “Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Capai 191,4 Juta per 2022”, 2022, https://www.suara.com/tekno/2022/02/23/191809/jumlah-pengguna-media-sosial-indonesia-capai-1914-juta-per-2022.
Suryawati I., Jurnalistik Suatu Pengantar. (Bogor: Ghalia Indonesia, 2011).
Syahrum and Salim, Metodologi Penelitian Kuantitatif. (Bandung: Citapustaka Media, 2012).
Ummah, Khatoni, and Khairurromadhan, “Podcast Sebagai Strategi Dakwah Di Era Digital,” Jurnal Komunike, vol. 12, no. 2 (2020): 221 – 234,
https://doi.org/10.20414/jurkom.v12i2.2739.
Winkel W.S., Psikologi Pengajaran, Cet 1. (Yogyakarta: Sketsa, 2014).
Published
2022-09-25
How to Cite
MAHENDRA, Rengga. EFEKTIVITAS DAKWAH MELALUI YOUTUBE DAN SPOTIFY. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 494-501, sep. 2022. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/672>. Date accessed: 25 apr. 2024.