DAKWAH DAN KOMUNIKASI KRISIS DI MASA PANDEMI COVID-19: NETNOGRAFI DA’I DI INSTAGRAM

  • Asna Istya Marwantika

Abstract

Abstrak : Aktivitas dakwah harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi madú nya pada masa pandemi COVID-19. Situasi pandemi adalah krisis multi dimensi, baik krisis kesehatan, ekonomi bahkan keagamaan pun ikut terdampak. Kontribusi daí sangat diharapkan madú di situasi pandemi baik pra pandemi-masa pandemi-pasca pandemi. Artikel ini ingin menjelaskan kontribusi dakwah Gus Mus ketika masa pandemi. Artikel ini juga melihat aktifitas dakwah dengan menggunakan pendekatan komunikasi krisis. Artikel ini menggunakan metode netnografi dengan mengambil data sejumlah 50 postingan Gus Mus di akun Instagram @s.kakung pada periode 16 Maret 2020 hingga 29 Maret 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan lima tahapan netnografi Kozinets. Analisis data menggunakan teori pesan dakwah dan strategi komunikasi krisis. Hasil penelitian ini adalah Gus Mus secara konsisten telah menyebarkan pesan-pesan tema pandemi COVID-19 pada rentang tahun 2020-2022. Gus Mus berhasil mensintesakan strategi komunikasi krisis dalam mengamplifikasi pesan dakwah berupa akidah, muamalah dan akhlak. Hasil analisis strategi komunikasi krisis pada 50 postingan Gus Mus periode 16 Maret 2020 – 29 Maret 2022 berupa Gus Mus menggunakan strategi komunikasi krisis melalui pesan  instructing  information dan adjusting information. Instructing information melalui tema-tema syariah sedangkan Adjusting information melalui tema-tema akidah dan akhlak.

References

Agusta, Aras Satria. “Fresh Informasi Keagamaan Melalui Media Instagram Dalam Menanggapi Covid-19 Di Indonesia.” Jurnal Perpustakaan 11, no. 2 (2020): 88–99. https://journal.uii.ac.id/unilib/article/view/14947/10771.
Alam, Sukma. “Peran Influencer Sebagai Komunikasi Persuasif Untuk Pencegahan COVID-19” 8, no. 2 (2020): 136–48.
Anggraeni, Yulia, and Ypsi Soeria Soemantri. “The Expressive Speech Act on Ridwan Kamil’s Comments in Instagram Posting about First COVID-19 Case in Indonesia.” Journal of English Education and Teaching (JEET) 4, no. 3 (2020): 368–85.
Aula, Siti Khodijah Nurul. “Peran Tokoh Agama Dalam Memutus Rantai Pandemi Covid-19 Di Media Online Indonesia.” Living Islam: Journal of Islamic Discourses 3, no. 1 (2020): 125–48.
Ayu, Dewa, and Diah Angendari. “Menelaah Pesan Pemerintah Terkait Krisis Covid-19 Di Media Sosial.” Jurnal Riset Komunikasi 4, no. 2 (August 23, 2021): 247–60. https://doi.org/10.38194/JURKOM.V4I2.327.
Aziz, Moh Ali. Ilmu Dakwah. 2nd ed. Jakarta: Kencana Prenadamedia, 2009.
CNNIndonesia.com. “MUI Catat Sekitar 900 Ulama Meninggal Selama Pandemi Covid-19,” 2021. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210803210105-20-676008/mui-catat-sekitar-900-ulama-meninggal-selama-pandemi-covid-19.
Cucinotta, Domenico, and Maurizio Vanelli. “WHO Declares COVID-19 a Pandemic.” Acta Bio-Medica : Atenei Parmensis 91, no. 1 (2020): 157–60. https://doi.org/10.23750/ABM.V91I1.9397.
Damayanti, Annisa. “Instagram Sebagai Medium Komunikasi Risiko Di Masa Pandemi COVID-19: Studi Netnografi Terhadap Komunitas Online KawalCOVID19.Id.” Jurnal Komunikasi Pembangunan 18, no. 02 (December 5, 2020): 176–93. https://doi.org/10.46937/18202032355.
Eid, Nawal A. Al, and Boshra A. Arnout. “Crisis and Disaster Management in the Light of the Islamic Approach: COVID-19 Pandemic Crisis as a Model (a Qualitative Study Using the Grounded Theory).” Journal of Public Affairs, no. June (2020): 1–14. https://doi.org/10.1002/pa.2217.
Fakhruroji, Moch. Dakwah Di Era Media Baru :Teori Dan Aktivisme Dakwah Di Internet. 1st ed. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2017.
Hani, Christin, and Roswita Oktavianti. “Proses Organisasi Informasi COVID-19 Pada Media Sosial Instagram Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia.” Koneksi 5, no. 1 (March 4, 2021): 113. https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10189.
Hilmy, Masdar, and Khoirun Niam. “Winning The Battle of Authorities : The Muslim Disputes Over The COVID-19 Pandemic Plague in Contemporary Indonesia.” Qudus International Journal of Islamic Studies (QIJIS) 8, no. 2 (2020): 293–326. https://doi.org/10.21043/qijis.v8i2.7670.
Huda, Sokhi. “Reformulasi Paradigma Dakwah Dan Komunikasi Di Era Pos-Pandemi Covid-19.” In The Web-Based 3 Rd International Conference on Da’wa and Communication 2021, 1–26, 2021. https://doi.org/10.5281/zenodo.5640484.
Husna, Z Z, and M A Aziz. “DAKWAH MEDIA SOSIAL: POLA DAKWAH PADA MASA PANDEMI COVID 19.” Jurnal Mediakita: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 5, no. 1 (2021). https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/mediakita/article/view/3587.
Ilaihi, Wahyu. Komunikasi Dakwah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Instagram. “Instagram About Official Site,” 2021. https://about.instagram.com/.
Kompas.com. “Riset Ungkap Lebih Dari Separuh Penduduk Indonesia ‘Melek’ Media Sosial,” 2021. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/08050027/riset-ungkap-lebih-dari-separuh-penduduk-indonesia-melek-media-sosial.
Kozinets, Robert V. Netnography: Doing Ethnographic Research Online. London: Sage Publications Ltd, 2010.
Kushardiyanti, Dessy. “TREN KONTEN DAKWAH DIGITAL OLEH CONTENT CREATOR MILENIAL MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DI ERA PANDEMI COVID-19.” ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2021. https://doi.org/10.24235/orasi.v12i1.7936.
Lukman Hakim, Moh, and Moh Ali Aziz. “Dakwah Da’i Nahdlatul Ulama Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19.” Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah) 20, no. 2 (December 30, 2020): 200–220. https://doi.org/10.15575/anida.v20i2.10820.
Marwantika, A I. “Persuasive and Humanist Da’wa Message on the Gus Mus’@ s. Kakung Instagram Account during the COVID-19 Pandemic.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan …, 2021. http://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/komunika/article/download/4522/2402.
Marwantika, Asna Istya. “Analisis Bibliometrik Tren Kajian Dakwah Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Indonesia.” Journal of Da’wah, 2022. http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/dakwah/article/view/1274.
Munir, M, N Mujiati, and I Sunata. “Persuasi Dakwah Youtube Pada Mahasiswa Islam Di Kota Surabaya Selama Pandemi.” Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah 3, no. 1 (2021): 46–57. https://www.jurnalfuad.org/index.php/ishlah/article/view/61.
Nasrullah, Rulli. ETNOGRAFI VIRTUAL ;Riset Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi Di Internet. 1st ed. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2017.
Nasution, Fahmi Idris. “PENGARUH PERINGATAN KESEHATAN PADA AKUN INSTAGRAM @KEMENKES_RI TERHADAP SIKAP HIDUP SEHAT MASYARAKAT (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Cicendo Kota Bandung Dimoderasi Oleh Tingkat Pengetahuan Covid-19),” September 15, 2020. http://repository.upi.edu.
Organization, World Health. “WHO Coronavirus (COVID-19) Dashboard With Vaccination Data,” 2022. https://covid19.who.int/.
Prasanti, D, and K El Karimah. “Pencarian Informasi Dakwah Islam Melalui Media Online Pada Masa Pandemi COVID-19 Bagi Komunitas Muslim.” Jurnal Ilmu Komunikasi. jurnal.upnyk.ac.id, 2020. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/download/4000/3160.
Putra, S D, T F Eldiana, and D Aryani. “MODEL PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE E-DAKWAH DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN METODE PROTOTYPING.” Journal of Information …, 2020. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/article/view/216.
Rageh, Ahmed, T.C. Melewar, and Arch Woodside. “Using Netnography Research Method to Reveal the Underlying Dimensions of the Customer/Tourist Experience.” Qualitative Market Research: An International Journal 16, no. 2 (January 2013): 126–49. https://doi.org/10.1108/13522751311317558.
Saputra, R. “Penerapan Situational Communication Crisis Theory Bagi Organisasi Dakwah Dalam Menghadapi Situasi Krisis.” JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in …, 2020. http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika/article/view/4172.
Sari, R F P. “DESAIN MANAJEMEN KRISIS PADA LEMBAGA DAKWAH MASJID DI MASA PANDEMI COVID-19.” Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id, n.d. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2494846&val=23790&title=DESAIN MANAJEMEN KRISIS PADA LEMBAGA DAKWAH MASJID DI MASA PANDEMI COVID-19.
Sellnow, Timothy L; Seeger, Matthew W. Theorizing Crisis Communication. West Sussex: Wiley-Blackwell, 2013.
Song-Qi Lim, Rachael, Elizabeth Yingzhi Tan, Eric Wei Lim, Norshima Bte Abdul Aziz, and Augustine Pang. “When a Pandemic Strikes: Toward the Social Media Pandemic Communication Model.” Social Media and Crisis Communication, 2017, 253–66. https://doi.org/10.4324/9781315749068.
Suherdiana, Dadan, Aang Ridwan, Uwes Fatoni, and Rojudin. “Pesan Dakwah Ormas Islam Indonesia Dalam Menghadapi Krisis Keagamaan Masa Pandemi Covid-19,” 2020.
Widiyanto, Asfa. “Religion and Covid-19 in the Era of Post-Truth: The Case of Indonesia.” International Journal of Islamic Thought 12, no. 1 (2020): 1–12. https://doi.org/10.24035/ijit.18.2020.176.
Zaremba, Alan Jay. Crisis Communication :Theory and Practices. London: Routledge, 2015.
Published
2022-09-24
How to Cite
MARWANTIKA, Asna Istya. DAKWAH DAN KOMUNIKASI KRISIS DI MASA PANDEMI COVID-19: NETNOGRAFI DA’I DI INSTAGRAM. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 174-189, sep. 2022. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/656>. Date accessed: 03 july 2024.