STRATEGI DAKWAH KYAI DALAM MENANAMKAN TANGGUNG JAWAB SANTRI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH PONOROGO
Abstract
K.H. Imam Suyono, pengasuh pondok pesantren Al-Barokah memiliki cara yang unik dalam menanamkan sikap tanggung jawab santri-santrinya. Beliau memiliki kemampuan dalam mendialogkan prinsip-prinsip ajaran Islam dengan realitas kehidupan sehari-hari dan selalu memberikan solusi alternatif dalam menyelesaikan suatu persoalan. Beliau tidak pernah menggunakan kekerasan dan selalu menggunakan tutur kata yang bijak dan penuh kewibawaan dalam menumbuhkan sikap tanggung jawab pada santri-santrinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode dakwah yang digunakan kyai dalam menanamkan sikap tanggung jawab santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo, materi dakwah yang digunakan kyai dalam menanamkan sikap tanggung jawab santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo, media dakwah yang digunakan kyai dalam menanamkan sikap tanggung jawab santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Pertama, Metode dakwah K.H. Imam Suyono dalam menanamkan sikap tanggung jawab santri adalah dengan menggunakan metode Bi-al-ḥikmah, Mau’īẓah al-Ḥasanah, dan Mujādalah billatī hiya Aḥsan. Dengan meluncurkan santri ke dalam berbagai kegiatan baik di dalam pondok maupun di luar pondok. Santri diberi tanggung jawab untuk menyukseskan acara mulai dari tahap persiapan hingga selesai. Kedua, Materi dakwah K.H. Imam Suyono dalam menanamkan sikap tanggung jawab santri terfokus pada budi pekerti (akhlak) yang diambil dari kitab-kitab yang beliau kaji seperti Ta’limul Muta’allim juga dengan menceritakan kisah-kisah ulama terdahulu dan teladan-teladan. Ketiga, Media dakwah K.H. Imam Suyono lebih cenderung menggunakan lisan dan pencontohan secara langsung. Media contoh berupa perbuatan-perbuatan nyata yang langsung beliau contohkan atau praktekkan sehari-hari. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan mengambil data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.
References
Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia. 1st ed. Jakarta: Prenada Media. 2004.
Nugrahani, Farida. Metode Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta. 2014.
Milles & Huberman. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press. 1992.
Tasmara, Toto. Komunikasi Dakwah. 1st ed. Jakarta: Gaya Media Pratama. 1998.
Muhyiddin, Asep dan Agus Ahmad Safei. Metode Pengembangan Dakwah. 1st ed. Bandung: Pustaka Setia. 2002.
Munir, M. Dkk. Metode Dakwah Edisi Revisi. 3rd ed. Jakarta: Kencana. 2009.
Aziz, Moh. Ali. Ilmu Dakwah. II. Jakarta: Kencana. 2009.
Amin, Samsul Munir. Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Islam. 1st ed. Jakarta: Amzah. 2008.
Rahmat, Jalaluddin. Psikolgi Komunikasi. VIII. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2005.
Aminuddin. “Media Dakwah.” Al-Munzir 9. No. 2 (2016).
Iswahyudi. “Menyibak Kekerasan Simbolik Orientalisme.” Ulumuna 11. No. 1 (2007).
Ilahi, Wahyu. Komunikasi Dakwah. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2010.
Aziz, Moh. Ali Aziz. Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenada Media. 2004.
Baidowi, Achmad and Moh. Salehudin. “Strategi Dakwah Di Era New Normal.” Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies 2 (Januari). No. 01 (2021).
Husna, Nihayatul. “Metode Dakwah Islam Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Selasar KPI 1. No. 1 (2021).
Musyahidah, Siti. “Kisah Dalam Al-Qur’an Sebagai Materi Dakwah.” Al-Mishbah 10. No. 2 (2014).
Triatmo, Agus Wahyu, dkk. Dakwah Islam Antara Normatif Dan Kontektual. .Semarang: Fakda IAIN Walisongo. 2001.
Aliasan. “Metode Dakwah Menurut Al-Qur’an.” Wardah. No. 23 (2011).
Rahmatullah. “Analisis Penerapan Metode Dakwah Berdasarkan Karakteristik Mad’u Dalam Aktivitas Dakwah.” Mimbar 2. No. 1 (2016).
Baidowi and Salehudin. “Strategi Dakwah Di Era New Normal.” Muttaqien. No. 01 (2021).
Yusuf, H.M. Yunan. Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana. 2006.
Marwantika, Asna Istya. “PEMETAAN ALIRAN PEMIKIRAN DAKWAH DITINJAU DARI PERIODISASI GERAKAN DAKWAH DAN KONSEP KEILMUAN.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 7, no. 01 (April 25, 2015): 17–37. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v7i01.364.
———. “Potret Dan Segmentasi Mad’u Dalam Perkembangan Media Di Indonesia.” Jurnal Al-Adabiya. Vol. 14, August 29, 2019. https://doi.org/10.37680/ADABIYA.V14I01.100.